Microsoft Windows 95

Ini Fitur Windows Jadul Yang Masih Ada Sejak 25 Tahun Silam

NESABAMEDIA.COMMeski Microsoft secara rutin melakukan pembaruan dan peningkatan fitur yang ada di sistem operasi Windows mereka, ternyata ada satu fitur yang masih tetap ada dari sejak 25 tahun yang lalu hingga sekarang. Fitur yang sedang dibicarakan ini adalah yang memiliki fungsi menutup jendela Windows yang terbuka. 

Sejak Windows 95, yang dirilis 25 tahun silam, mulai diperkenalkan sebuah tombol di bagian sudut jendela aplikasi software atau aplikasi untuk menutup, mengecilkan atau memperbesar. Sejak saat itu, tombol dengan tanda X tersebut menjadi icon dalam dunia komputer. 

Bagaimana sebenarnya asal muasal penggunaan tombol tersebut?

Fitur menutup atau mengatur ukuran jendela aplikasi maupun software itu, sebenarnya merupakan peningkatan dari fitur yang lebih dulu ada sejak Windows 1.0. Pada Windows 1.0, masih belum ada tanda panah untuk mengecilkan atau memperbesar ukuran jendela aplikasi. Hanya tanda dengan simbol X saja untuk menutup jendela aplikasi yang terbuka. 

Tampilan Fitur Aplikasi Windows Jadul

Tampilan Fitur Aplikasi Windows Jadul

Fitur memperbesar atau mengecilkan itu baru diperkenalkan pada Windows 2.0, dan terletak di pojok kiri atas. Saat itu, fungsinya masih terbatas untuk dua hal saja, yakni dengan satu klik, akan memunculkan menu dropdown yang berisi Move, Icon, Expand, Close dan About. Sementara fungsi kedua yakni jika diklik dua kali, maka akan menutup jendela aplikasi. 

Hingga saat ini, dua fungsi itu masih bisa ditemukan di sistem operasi terbaru Microsoft, Windows 10. Adapun banyak pengguna yang tidak mengetahui, karena memang sudah ada fitur pengganti yang lebih modern dan mudah dilihat.

Pengguna masih bisa menemukan fitur jadul tersebut ketika membuka Windows Explorer. Fitur itu masih berada di pojok kiri atas jendela aplikasi, dan jika diklik maka juga masih memunculkan opsi pilihan Move, Restore, Size, Maximise, Minimize dan Close. Fitur tersebut tentunya kebanyakan muncul karena pengguna salah klik, daripada memang benar-benar mencarinya.

Sayangnya pada jenis Windows yang lebih modern, fitur itu sudah benar-benar tidak ada lagi. Misalnya pada Universal Windows Platform (UWP). Bagi sebagian orang, menutup jendela Windows dengan klik dua kali di pojok kiri atas itu dirasa lebih cepat dan efisien, terlebih jika kursor mouse sedang dekat dengan area tersebut. 

Leave a Reply

Send this to a friend