Benchmark Baru iPhone 13 Bisa Kalahkan Semua Smartphone Android

Benchmark Baru iPhone 13, Bisa Kalahkan Semua Smartphone Android

NESABAMEDIA.COMIPhone 13 mungkin akan menjadi ponsel gaming terbaik yang pernah ada jika angka benchmark ini benar adanya. Tipster FrontTron lewat akun Twitternya, benchmark baru untuk chipset A15 Bionic telah muncul secara online, dan itu memberikan gambaran yang cerah untuk prosesor seluler Apple yang akan datang.

Selama pengujian benchmark yang berlangsung pada bulan Juli melalui Manhattan 3.1 GFXBench, GPU Apple A15 mencapai puncak 198 fps. Setelah throttling, GPU menurun dan frame rate turun menjadi antara 140-150. Sebagai perbandingan, A14 Bionic tahun lalu, yang disematkan di iPhone 12 Pro, tidak dapat melebihi framerate 120 fps.

Ini menunjukkan betapa bagusnya Apple dalam meningkatkan produk silikonnya dari tahun ke tahun. Bahkan benchmark terbatas A15 melampaui puncak tahun lalu.

Awal tahun ini, dilaporkan juga bahwa chip Samsung Exynos 2200 yang akan datang, yang dikembangkan dengan AMD, mampu mencapai 170 fps. Ini mengungguli Qualcomm Snapdragon 888, yang ada di Samsung Galaxy S21 yang dijual untuk pasar Amerika Serikat, dan diduga bahkan mengungguli generasi berikutnya Snapdragon 895. 

Memang, setelah terjadi pelambatan termal, Exynos 2200 berada di sekitar 120 fps. Sayangnya tidak dijelaskan tes GFXBench mana yang digunakan untuk mendapatkan hasil ini, tetapi kemungkinan tes Manhattan atau Aztec.

Perlu dicatat bahwa yang dibahas dalam hal ini adalah kinerja GPU dengan angka-angka ini. Performa CPU bisa berbeda, tergantung pengujian. Ada kemungkinan bahwa Samsung bisa lebih unggul dalam metrik lain dengan berbagai metodologi pengujian.

Tapi apapun itu, ketika membahasnya dalam lingkup gaming, jika angka-angka di atas dapat dipercaya, maka Apple memiliki keunggulan besar dibandingkan Samsung dalam kinerja GPU. Dan mengingat Samsung membuat sebagian besar prosesor seluler untuk Android, termasuk chip Tensor khusus yang akan ditemukan di Google Pixel 6, itu bisa berarti bahwa Apple akan memiliki ponsel gaming paling kuat pada tahun 2021.

Apakah iPhone 13 atau iPhone 13 Pro berada di puncak daftar ponsel gaming nantinya akan bergantung pada faktor lain seperti kecepatan refresh layar dan waktu respons sentuh.

Leave a Reply

Send this to a friend