• Our Partners:

Windows 10 Driver Error Update

Bikin Driver Perangkat Bermasalah, Pengguna Disarankan Tunda Instal Pembaruan Windows 10 Terbaru

NESABAMEDIA.COMSejumlah pengguna melaporkan bahwa pembaruan Windows 10 yang baru saja dirilis kemarin, membuat beberapa driver berubah menjadi versi lama dan justru membuat malfungsi serta pada akhirnya berdampak pada hardware atau perangkat keras pengguna.

Salah satu contohnya adalah ada sejumlah pengguna yang mengaku mereka mendapatkan pembaruan untuk driver, yang diketahui bernama ‘INTEL – System’. Namun pembaruan itu justru membuat tanggal driver mereka mundur menjadi versi tahun 1968, meski pembaruan itu dikirimkan melalui pembaruan Windows versi 2004. 

Masalah yang menyangkut pembaruan driver tersebut juga terjadi pada panel Optional Updates (pembaruan opsional), yang juga dipaksa mendapatkan pembaruan ke perangkat yang tidak terdaftar dalam program Windows Insider.

Ada juga pengguna yang diharuskan memperbarui driver perangkat mereka, meskipun sebelumnya sudah berhasil melakukan pembaruan, semacam looping. 

Seperti yang sudah diketahui, driver disini memiliki peran agar perangkat device bisa ‘berkomunikasi’ dengan baik dengan sistem operasi yang digunakan pengguna, dalam kasus ini adalah Windows 10

Sementara, menginstal driver perangkat yang sudah kadaluarsa tentunya akan berpengaruh pada kemampuan perangkat tersebut untuk bisa bekerja dengan semestinya. Atau kemungkinan terburuk bisa merembet ke perangkat keras lain dan membuat komputer tidak bisa digunakan sama sekali.

Biasanya munculnya pembaruan driver pada halaman Optional Updates itu dikarenakan pemilik komputer mengalami sebuah masalah, sehingga sistem secara otomatis akan menyarankan pengguna untuk memperbarui driver dengan versi yang direkomendasikan. 

Oleh karenanya, apabila driver pada perangkat itu sudah terpasang versi yang paling stabil, maka biasanya rekomendasi untuk instalasi driver tidak akan muncul atau sistem tidak akan memaksa instalasi driver melalui pembaruan Windows.

Jika driver sudah terinstal otomatis melalui pembaruan Windows, dan kemudian ternyata ada versi lain yang jauh lebih baik, pengguna disarankan untuk mengeceknya ke situs resmi pembuat perangkat keras itu. Kemudian melakukan cross-check apakah versi terbaru yang ada di situs resmi itu sudah sesuai dengan yang ada di perangkat komputer pengguna. 

Solusi lain jika pengguna memiliki masalah dengan driver yang baru saja diperbarui, pengguna bisa memanfaatkan fitur roll back, yang akan mengembalikan versi driver ke versi terdahulu sebelum dilakukan pembaruan. Caranya yakni dengan mengunjungi halaman Device Manager, kemudian ke Properties dan memilih opsi Roll Back Driver.

Leave a Reply

Send this to a friend