• Our Partners:

Biografi Penemu Angka Nol

Biografi Penemu Angka Nol, Ternyata Bukan Orang Barat!

Pada usia berapa kamu tahu jika PC adalah  (Personal Computer) atau komputer pribadi?.  Tapi ada yang lebih menarik dari itu, PC diciptakan oleh manusia yang ahli teknologi,  sedangkan teknologi berawal dari ilmu hitung atau matematika dan matematika diawali dari angka nol!  Lalu siapa penemu angka nol? Berikut ulasannnya.

Penggemar matematika sendiri terkadang  belum banyak mengetahui jika penemu angka nol adalah Muhammad Ibn Musa Al-Khawarizmi atau lebih dikenal dengan nama Al-Khawarizmi, seorang ahli matematika yang berasal dari Persia dan ia lahir di Khawarizm atau sekarang dikenal sebagai Khiva, suatu wilayah di Uzbekistan, Asia Tengah sekitar tahun 780 Masehi.

Hidup dan berkiprah dalam dunia ilmu pengetahuan  pada  masa kepemimpinan Khalifah Al-Ma’mun dari dinasti Abbasiyah mulai dari tahun 813 Masehi hingga 833 Masehi. Pada masa pemerintahan Al Ma’mun dibangun pusat penelitian Bayt Al-Hikmah. Di tempat penelitian itulah, Al-Khawarizmi mulai merintis karirnya sebagai seorang ilmuwan dalam bidang matematika.

Dari jasa Al Khawarizmi dapat kita lihat saat ini begitu banyak penemuan, munculnya internet, menjamurnya brand gadget, mobil listrik, sampai situs-situs  kenamaan semacam thecityfoundry.com juga berawal dari angka nol. Kemudian berkembang menjadi ilmu hitung, munculnya rumus dan berbagai macam kemudahan yang dirasakan manusia berkat teknologi yang bermuara dari penemuan Al-Khawarizmi.

Buku Masterpiece Al-Khwārizmī ialah ‘Al-Kitab al-Mukhtashar fi Hisab al-Jabr wa al-Muqabalah’ (Buku Rangkuman untuk Kalkulasi dengan Melengkapkan dan Menyeimbangkan). Buku ini diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa dam menghiasi perpustakaan sejumlah Universitas terkemuka di Eropa dan Amerika sampai detik ini.

Bapak Matematika itu wafat medio tahun 850 Masehi di Baghdad, Irak dengan berbagai peninggalan yang  bermanfaat sepanjang zaman. Hal yang paling mendasar tentunya  berkat konsep angka nol yang telah dikembangkan Al-Khawarizmi memudahkan kita dalam mempelajari dan menghitung hal-hal yang ada dikehidupan kita terutama yang ada di dalam ilmu matematika. Selain itu, kita juga lebih mengetahui tentang betapa pentingnya angka nol dalam studi ilmu pengetahuan mulai sekolah dasar sampai perguruan tinggi.

Editor: Muchammad Zakaria

Download berbagai jenis aplikasi terbaru, mulai dari aplikasi windows, android, driver dan sistem operasi secara gratis hanya di Nesabamedia.com:

Download Software Windows

Download Aplikasi Android

Download Driver Printer

Download Sistem Operasi

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend