BlueStacks 5 Android Emulator

BlueStacks 5 Bawa Sejumlah Peningkatan, Namun Masih Pakai Android Nougat

NESABAMEDIA.COMMobile Gaming telah berubah menjadi sebuah industri yang besar dan sangat menguntungkan. Namun meski saat ini hampir semua orang telah memiliki smartphone, namun tidak semua selalu membawa atau memegang perangkat mobile mereka.

Beberapa, lebih nyaman untuk tetap menggunakan keyboard dan mouse dengan layar yang lebih besar. Hal ini pun pada akhirnya melahirkan sebuah program emulator Android, dan salah satunya adalah BlueStacks. Emulator BlueStacks pun juga semakin populer dan kini baru saja merilis versi BlueStacks 5.

Versi stabil sebelumnya dari BlueStacks terakhir dirilis pada tahun 2018 silam, dan sudah banyak hal yang terjadi pada dunia mobile gaming dan komputasi selama absenya pembaruan baru dari software emulator itu. 

Saat smartphone menjadi semakin bagus dan berteknologi tinggi, game dan aplikasi juga semakin lebih kompleks dan demanding atau membutuhkan spesifikasi perangkat yang lebih baik lagi. Di saat yang sama, BlueStacks juga perlu bisa berjalan bersama aplikasi Windows atau Mac lainnya sehingga tidak memboroskan sumber daya yang ada.

BlueStacks 5 mencoba merealisasikan janji mereka untuk bisa memberikan peningkatan kecepatan dengan mengurangi bloating pada sistem dan juga mengurangi penggunaan sumber daya komputer sebesar mungkin. Mereka mengklaim bahwa BlueStacks 5 kini bisa menghemat penggunaan RAM hingga 40 persen. 

BlueStacks melakukannya dengan menyederhanakan tampilan antarmuka pengguna dan merampingkan fitur-fitur yang ada. Sebuah mode baru bernama Eco, juga diperkenalkan untuk meningkatkan frame rate dengan mengatur ulang kinerja BlueStacks saat berjalan di latar belakang dengan tujuan untuk menghindari lag atau hang pada komputer.

Namun diantara segala peningkatan itu, rupanya BlueStacks 5 masih memiliki satu hal yang bisa dianggap sebagai kekurangan. Disebutkan bahwa BlueStacks 5 masih menggunakan Android 7.1.2 Nougat, yang telah berumur lebih dari empat tahun. Oleh karena itu tidak mengherankan jika selama ini pengembangan yang dilakukan BlueStacks memang terkesan cukup lamban.

BlueStacks 5 saat ini masih dalam versi Beta, namun anda sudah bisa mengunduhnya untuk dipasang di perangkat Windows dan macOS. Emulator Android itu masih terbatas hanya bisa digunakan untuk perangkat komputer berbasis x86/x64 saja. Lalu untuk dukungan ARM seperti yang dijanjikan, khususnya untuk Apple M1, masih belum jelas kapan bisa direalisasikan.

Leave a Reply

Send this to a friend