• Our Partners:

Bocor, Ini Spek Prosesor AMD EPYC Generasi Ketiga “Milan”

NESABAMEDIA.COM – Akhir tahun ini menjadi waktu yang ditunggu-tunggu untuk peluncuran prosesor seri EPYC terbaru dari AMD. Hadir sebagai prosesor generasi ketiga, produk tersebut disebut dengan kode nama “Milan”.

Lebih canggih dari pendahulunya “Rome”, prosesor EPYC “Milan” akan dibangun dengan arsitektur mikro CPU Zen 3. Arsitektur ini telah menerapkan teknologi fabrikasi 7nm+ atau ultraviolet ekstrim (EUV). Karena terdapat peningkatan kepadatan transistor yang signifikan, penyempurnaan pada Zen 3 diklaim mampu memperbaiki performa sedikitnya 8 persen daripada Zen 2.

Menariknya, prosesor EPYC “Milan” dikabarkan memiliki laju clock dasar sebesar 1,5 GHz dengan tambahan mencapai 2,2 GHz. Keterangan ini dilansir dari akun Twitter ExecutableFix yang berhak memiliki informasi detail sampel produk AMD yang belum dirilis tepatnya AMD Eng Sample: 100-000000114-07_22/15_N.

Rencananya, prosesor EPYC “Milan” akan menerapkan Socket SP3 yang kompatibel dengan pemasangan pin mereka. Selain menunjang CPU 64-Core, Prosesor EPYC “Milan” memiliki TDP (Thermal Design Power) 120 W hingga 225 W.

Prosesor EPYC “Milan” merealisasikan desain cache yang memuat minimal 32MB atau tingkat L3 pada setiap CCD (Core Complex Die). Prosesor ini juga mendukung penggunaan SDRAM DDR4 dan channel PCle 4.0 supercepat sebagai antarmuka motherboard untuk pembacaan kartu grafis maupun hardware lain.

 

Prosesor EPYC dari AMD (Sumber: TUTO moviles)

Selain untuk seri EPYC, beberapa hari lalu Zen 3 disebut menjadi arsitektur untuk prosesor AMD lain yakni Ryzen 4000 “Vermeer” yang memasuki tahap akhir pengembangan sebelum dirilis pada kuartal ketiga tahun ini. Bedanya, Ryzen 4000 “Vermeer” memiliki 16-core yang menghadirkan laju clock dasar 3,7 GHz  yang dengan percepatan hingga 4,6 GHz.

Tidak puas dengan Zen 3, saat ini AMD tengah mengembangkan Zen 4 yang dibangun dengan teknologi fabrikasi termutakhir 6nm. Meskipun belum mengumumkan desain “Milan”, pihak AMD sudah mengumumkan suksesornya yaitu “Genoa” yang akan menerapkan Zen 4. Bedanya, “Genoa” akan memasang Socket SP5 terbaru yang berarti bahwa “Milan” menjadi produk terakhir yang menyertakan Socket SP3.

Sebelum menanti pembuktian Zen 4 di tahun 2021, Anda dapat melihat kinerja Zen 3 terlebih dahulu pada prosesor EPYC “Milan”. Jangan sampai tertinggal berita mengenai prosesor teranyar ini, ya!

Leave a Reply

Send this to a friend