• Our Partners:

10 Aplikasi Catatan Harian untuk PC / Laptop

10 Aplikasi Catatan Harian untuk PC / Laptop Terbaik, Yuk Dicoba!

NESABAMEDIA.COM – Apakah Anda termasuk tipe orang yang suka lupa terhadap kejadian atau peristiwa menarik yang pernah Anda alami?

Menulis catatan harian atau diary merupakan salah satu kegiatan yang bisa membuat Anda akan selalu ingat terhadap suatu peristiwa yang mungkin saja merupakan peristiwa yang sangat menarik dalam hidup Anda serpeti suatu pencapaian, kegagalan, kesedihan dan lain sebagainya.

Catatan harian dapat membantu Anda untuk mengingat hal – hal yang sudah pernah Anda pelajari, jalani, dapat merekam cerita kehidupan, dan bisa saja untuk melihat proses apa yang sudah pernah Anda lalui sebelumnya. Dahulu, untuk menulis catatan harian harus menggunakan buku dan pulpen pastinya. Tapi kini, Anda bisa menulisnya secara digital.

10 Aplikasi Catatan Harian untuk PC / Laptop

Dengan hadirnya berbagai teknologi canggih saat ini, menulis catatan harian kini bisa dilakukan secara digital. Anda dapat menulis catatan harian di PC hingga smartphone.

Bukan hanya bisa digunakan untuk menulis saja, Anda juga bisa merekam suara dan menambahkan gambar didalamnya, sehingga Anda akan menjadi lebih ingat terhadap peristiwa yang sudah terjadi.

Nah, artikel kali ini akan menjelaskan mengenai 10 aplikasi catatan harian untuk PC/laptop yang bisa Anda gunakan di laptop Anda. Langsung saja, silahkan simak penjelasannya berikut ini.

1. Evernote

Evernote

Membahas tentang aplikasi catatan harian, agenda, pasti Anda mengenal aplikasi Evernote. Aplikasi ini merupakan aplikasi catatan yang cukup populer dengan ikon gajahnya yang berlatar hijau. Fitur yang ia miliki pun juga sangat lengkap. Aplikasi Evernote tersedia di sistem operasi apapun baik di iOS, Android, Windows, macOS, dan web, sehingga Anda dapat mengaksesnya dimana saja.

Evernote mendukung berbagai format teks, foto, PDF dan dokumen lainnya, klip audio, video, hingga scan catatan tulisan tangan yang dapat disimpane buku catatan Evernote Anda.  Anda dapat berlangganan paket Plus sebesar ($ 3,99 / bulan) atau Premium ($ 7,99 / bulan). Anda juga bisa mencari teks di dalam dokumen ataupun gambar.

Selain Anda dapat menikmati fitur premium, Anda juga bisa menggunakan fitur gratisnya namun paket gratis yang disediakan sangat terbatas. Anda tidak bisa menyimpan catatan secara offline ke perangkat seluler Anda, tidak dapat menyingkronkan ke dua perangkat atau lebih, atau Anda juga tidak bisa mengunggah catatan lebih dari 60MB dalam sebulan.

2. Microsoft OneNote

Aplikasi Catatan Harian untuk PC / Laptop

OneNote yang merupakan produk dari Microsoft adalah pesaing terberat dan terbesar aplikasi Evernote. Aplikasi OneNote juga tersedia di berbagai platform, dan juga dapat menangani hampir di semua konten.

Aplikasi OneNote berbeda dengan Evernote, aplikasi ini dimulai dengan tampilan kanvas kosong. Lalu, Anda bisa menulis dan mengklik di mana saja layaknya sebuah kertas, Anda bisa membuatnya secara tidak terstruktur, peta pikiran, dan lain sebagainya.

Fitur terbaik yang dimiliki aplikasi OneNote adalah AudioSync yang banyak digunakan oleh siswa dan orang – orang yang sering melakukan rapat. Fitur gratis yang dimiliki aplikasi OneNote lebih murah dibandingkan Evernote. Anda tetap bisa menyingkronkan ke berbagai perangat yang Anda miliki, Anda juga bisa menyimpan catatan secara offline pada perangkat seluler, dan Anda tetap bisa mengunggah banyak catatan dalam tiap bulannya.

Dengan membayar $ 6,99 / bulan Anda bisa mendaftar untuk Microsoft Office 365, dan Anda dapat membawa beberapa fitur tambahan ke OneNote, serta Anda akan mendapatkan seluruh paket Office. juga memberi Anda seluruh paket Office.

3. iDailyDiary

iDailyDiary

iDaily Diary memberikan keuntungan yang lebih dibandingkan hanya menulis catatan harian dengan menggunakan buku harian biasa. Anda dapat selalu menemukan catatan harian yang sudah Anda tulis dengan menggunakan fitur pencarian, walaupun catatan harian Anda sudah sangat banyak.

iDaily Diary memberikan pelayanan kepada penggunanya yaitu memberikan perlindungan terhadap catatan harian yang dibuat dengan menggunakan password dan enkripsi. Jadi, catatan harian Anda akan jauh lebih aman daripada hanya menggunakan kunci pada buku diary kecil.

Anda juga bisa mengunggah tulisan Anda dengan mengekspor tulisan menjadi format HTML. Anda juga bisa menyimpannya di dalam flashdisk sehingga Anda dapat memperbaharuinya setiap saat asal ada laptop atau komputer.

Fitur tambahan lainnya yang dimiliki iDaily Diary adalah Anda dapat mengekspor seluruh tulisan catatan harian Anda, tapi jika Anda berlangganan dan sudah membayarnya. Tapi, jika Anda hanya menggunakan versi gratisnya Anda juga bisa menggunakan berbagai bahasa seperti Prancis, Jerman, Mandarin, Jepang, Italia, Belanda, dan Turki.

4. Bear Notes

Aplikasi Catatan Harian untuk PC

Bear Notes adalah aplikasi yang paling banyak memenangkan hati para penggemarnya. Namun, Bear Notes saat ini hanya tersedia di sistem operasi iOS dan macOS saja, jadi untuk pengguna Windows dan Android harus menggunakan aplikasi lainnya.

Dengan menggunakan Bear Notes Anda bisa menambahkan to-dos, tag serta tautan catatan, menambahkan gambar sebaris, dan lain sebagainya. Aplikasi ini memiliki versi gratis dan juga versi berbayar. Jika Anda merasa perlu untuk menyingkronkan catatan harian Anda ke seluruh perangkat, maka Anda harus mendaftar untuk berlangganan dan membayarnya sekitar $2 per bulannya.

5. Bloom Diary

Bloom Diary

Aplikasi Bloom Diary memiliki desain antarmuka yang mernarik dan elegan. Anda dapat menulis semua peristiwa yang terjadi dalam hidup Anda baik itu pengalaman, kegiatan, pikiran, ataupun ide. Anda akan mendapatkan pengalaman yang sangat menyenangkan saat menggunakan aplikasi ini.

Fitur editor yang dimiliki aplikasi ini memberikan Anda berbagai fitur performatan teks. Aplikasi Bloom Diary membuat catatan harian Anda menjadi sebuah bab di dalam buku, jadi Anda bisa dengan cepat berpindah – pindah antar bab. Anda juga dapat menambahkan detail lokasi ke foto dan entri.

Bloom Diary juga memiliki fitur pencarian, jadi Anda hanya perlu mengetikkan kata kunci yang ada di judul catatan harian Anda. Untuk menjaga kerahasiaan catatan harian, Anda bisa menambahkan password atau kata sandi. Anda juga dapat mengekspor catatan ke dokumen Microsoft Word atau dalam bentuk HTML.

6. PaperStreet Journal

Aplikasi Catatan Harian untuk Laptop

PaperStreet Journal merupakan aplikasi catatan harian untuk PC atau laptop yang tersedia secara gratis, tapi juga bisa digunakan oleh smartphone yang berbasis windows 10. Anda dapat menggunakan dua jenis entri yaitu tulisan dan gambar, namun Anda tidak bisa menggabungkan keduanya. Anda juga bisa mengarsipkan catatan harian secara lokal dalam bentuk format PNG dan RTF.

Aplikasi PaperStreet Journal juga sama seperti aplikasi lainnya yang menyediakan password atau kata sandi untuk melindungi catatan harian Anda. PaperStreet Journal juga dapat mengubah entri suara menjadi teks dan juga memiliki fitur pemeriksa ejaan.

7. Story of My Life

Story of My Life

Story of My Life memungkinkan Anda untuk menyimpan seluruh catatan tentang peristiwa – peristiwa penting yang terjadi di dalam hidup. Anda dapat menulisnya setiap hari, bulanan hingga tahunan. Anda dapat menambahkan foto ataupun video pada catatan harian Anda.

Aplikasi Story of My Life juga memiliki fitur pencarian yang memudahkan Anda untuk mencari tulisan atau catatan yang Anda inginkan. Aplikasi ini juga mempunyai fitur bucket lists, tapi bukan merupakan fitur gratis alias Anda harus membelinya. Anda juga bisa mencadangkan catatan harian ke OneDrive, penyimpanan lokas, dan perangkat portabel dan lain sebagainya, jadi Anda dapat dengan mudah mengembalikannya jika terjadi kesalahan.

8. Journey

Journey

Aplikasi Journey memiliki desain yang sangat sederhana dengan nuansa modern dan terlihat sangat bersih sehingga catatan hariamu akan terlihat seperti akun instagram pribadi. Namun, Journey bukan termasuk aplikasi gratis, tapi aplikasi ini merupakan aplikasi cross-platform yang cukup besar. Aplikasi ini dapat digunakan di berbagai sistem operasi baik itu Windows, Mac, Android, iOS, Linux ataupun Web.

9. Wunderlist

Aplikasi Catatan Harian Terbaik

Wunderlist adalah aplikasi agenda atau catatan yang berbasis to-do list yang lebih mengutamakan fitur kolaborasi. Jadi, Anda dapat membuat serta mengolah jadwal, daftar, ataupun tulisan lainnya dengan tim dan anggota Anda lainnya.

Aplikasi Wunderlist memungkinkan Anda untuk membuat proyek secara kolaborasi, yang mana setiap anggota tim bisa mempunyai to-do list mereka masing – masing dan juga bisa dipantau dan dikomentari oleh setiap anggota tim . Seluruh data akan tersimpan otomatis secara online, jadi Anda tidak perlu repot – repot untuk menyimpannya kembali karena sudah selalu tersinkronisasi.

10. Digital Diary

Digital Diary

Sama seperti aplikasi yang sebelumnya, aplikasi Digital Diary merupakan aplikasi catatan harian untuk PC atau laptop yang bisa mengubah cerita hidup Anda menjadi sebuah tulisan digital. Anda dapat menambahkan gambar dan acara, Anda juga bisa mengubah warna untuk memudahkan Anda dalam mengidentifikasi catatan harian.

Tampilan antarmukanya terlihat artistik dan bersih sehingga dapat membantu Anda untuk mendapatkan inspirasi dalam menulis. Anda juga bisa menggunakan mode narasi dan merekam audio, jika sedang tidak mood untuk menulis. Anda juga bisa menggunakan password untuk menjaga catatan harian Anda. Tapi, aplikasi ini masih memiliki banyak iklan, sehingga akan cukup mengganggu.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang 10 Aplikasi Catatan Harian untuk PC/Laptop. Setiap aplikasi pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing. Silahkan Anda gunakan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda. Terimakasih 🙂

Leave a Reply