• Our Partners:

Fitur Baru Windows 10

Booting Perangkat Akan Lebih Cepat, Dengan Fitur Baru di Windows 10

NESABAMEDIA.COMWindows 10 dalam pembaruan ke depan, akan menghadirkan fitur baru pada bagaimana menambahkan program yang akan berjalan begitu komputer dinyalakan. Pengguna akan diinformasikan mengenai aplikasi apa saja yang ditambahkan ke daftar aplikasi startup saat proses instalasi. Sehingga dengan demikian, aplikasi yang bisa berjalan begitu perangkat Windows 10 dijalankan, bisa diatur sesuai kehendak pengguna.

Jika pengguna memperhatikan, selama ini ketika pengguna melakukan instalasi aplikasi, setelah sukses, bisa dirasakan jika perangkat mulai terasa lambat saat dinyalakan dan memuat Windows 10. Kemudian ketika melihat di halaman startup (Settings -> Apps), akan terlihat sejumlah aplikasi yang terbuka dan berjalan otomatis begitu komputer dinyalakan. 

Hal ini bukanlah sebuah kondisi yang ideal, khususnya bagi pengguna dengan spesifikasi perangkat yang terbatas dan awam, yang tidak mengetahui apa yang menyebabkan perangkat mereka menjadi lambat. Semakin banyak aplikasi yang dimasukkan dalam daftar startup, maka proses booting atau pemuatan Windows 10 akan semakin lambat, apalagi jika aplikasi tersebut membutuhkan banyak software dan sistem agar bisa berjalan.

Kabar baiknya adalah, pada pembaruan Windows 10 yang dijadwalkan akan hadir sekitar pertengahan tahun 2021 mendatang, Microsoft melakukan perubahan dalam sejumlah sisi, sehingga aplikasi atau program akan menginformasikan pengguna bahwa mereka telah dimasukkan dalam daftar aplikasi startup.

Sejumlah pengguna yang masuk dalam daftar anggota Windows Insider, melihat adanya notifikasi baru muncul yang memberitahukan bahwa ada aplikasi baru yang ditambahkan pada startup dan akan berjalan otomatis ketika perangkat melakukan booting. 

Bagi sebagian pengguna, mereka memang membutuhkan aplikasi yang akan termuat dan berjalan otomatis begitu mereka menyalakan perangkat, tentu mereka juga paham jika perangkat mereka akan menjadi lebih lambat. Maka opsi untuk tetap mengaktifkan aplikasi berjalan saat startup atau booting, bisa dibiarkan menyala atau aktif.

Namun, bagi pengguna dengan spesifikasi perangkat yang terbatas, atau agar proses booting menjadi lebih cepat, maka opsi menonaktifkan fitur itu bisa dipilih. 

Fitur baru ini meskipun hanya pembaruan skala kecil, namun sangat berguna baik untuk transparansi yang disediakan oleh Windows 10 maupun dalam sisi peningkatan performa secara keseluruhan. Sehingga perangkat tidak akan mendapat beban berlebihan ketika perangkat Windows 10 mulai dinyalakan.

Leave a Reply

Send this to a friend