Aplikasi Windows 10 Bug Gagal Login

Bug Sebabkan Aplikasi Windows 10 Kehilangan Sandi Pengguna, Minta Login Ulang Terus Menerus

NESABAMEDIA.COMMicrosoft mengatakan bahwa ada sejumlah aplikasi Windows 10, termasuk Outlook diantaranya mengalami masalah cukup serius, dan membuat jengkel pengguna akibat sebuah bug. Beberapa aplikasi yang terdampak tersebut diketahui kehilangan password yang telah disimpan pengguna. Masalah ini muncul setelah melakukan pembaruan dari versi Windows 10 2004. 

“Setelah memasang Windows 10 versi 2004 build 19041.173 dan pembaruan terkait, pengguna menemukan bahwa Outlook dan sejumlah aplikasi lain tidak bisa mengingat atau menyimpan password pengguna,” kata Microsoft menjelaskan.

Microsoft juga menambahkan, kemungkinan besar bahwa penyebab bug gagal login di aplikasi Windows 10 ini ada pada utility bawaan perangkat HP yakni, Customer Participation Task. Masalah ini pertama kali ditemukan dan dilaporkan oleh peneliti celah keamanan Google bernama Tavis Ormandy pada dua bulan yang lalu. Dia menemukan fitur tugas terjadwal yang dibuat menggunakan Task Scheduler S4U adalah sumber masalah utamanya.

Lebih lanjut, ketika membuat tugas terjadwal itu menjadikan RPC UBPM (Unified Background Process Manager) mengalami error, sehingga data penting termasuk password yang tersimpan di Local Security Authority Subsystem Service (LSASS) terhapus. Aplikasi pun kemudian tidak bisa melakukan login secara otomatis, atau mengeluarkan akun pengguna.

Isu ini pun kemudian membanjiri halaman forum bantuan Microsoft, di mana sekitar ratusan pengguna mengeluh aplikasi mereka secara acak meminta login berulang-ulang kali, karena aplikasi kehilangan id dan password pengguna.

Dari pihak Microsoft sejauh ini masih belum merilis perbaikan, atau menjelaskan mengenai solusi yang bisa diambil guna mengatasi masalah tersebut. Namun Tavis menyarankan agar pengguna mematikan dahulu Task Scheduler di Windows 10. Dia juga memberikan langkah-langkahnya seperti berikut.

  • Buka menu Quick Link dengan menekan klik kanan mouse di tombol Start
  • Kemudian pilih Windows PowerShell, tentunya dengan akun administrator Windows 10
  • Lalu salin dan tempel kode berikut ini ke aplikasi PowerShell dan tekan tombol Enter untuk menjalankan kodenya.

Get-ScheduledTask | foreach { If (([xml](Export-ScheduledTask -TaskName $_.TaskName -TaskPath $_.TaskPath)).GetElementsByTagName(“LogonType”).’#text’ -eq “S4U”) { $_.TaskName } }

Selanjutnya adalah mematikan task yang sudah dijadwalkan sebelumnya melalui aplikasi Windows Task Scheduler. Lakukan restart perangkat, agar perubahan tersebut bisa diterapkan.

Leave a Reply

Send this to a friend