Panduan Cara Belanja di Shopee Lengkap untuk Pemula, Sampai Barang Datang!

Berbelanja online saat ini sudah banyak digandrungi oleh banyak orang, tak terkecuali saya dan anda. Orang-orang saat ini lebih suka berbelanja online dikarenakan lebih memangkas waktu dan caranya pun sangat mudah, bahkan langsung melalui HP pun bisa!

Melalui artikel kali ini saya mencoba menjelaskan mengenai bagaimana cara belanja di Shopee, salah satu situs e-commerce terbesar di Indonesia. Kebetulan waktu itu saya sedang mencari buku, tepatnya buku mengenai belajar pemrograman Visual Basic.

Saya biasanya kalau belanja online itu, kalau tidak di Bukalapak ya di Tokopedia, saya seringnya belanja di kedua e-commerce tersebut. Namun saya ingin belanja di tempat yang berbeda, yakni di Shopee, kebetulan waktu itu juga ada promo free ongkir, jadi saya coba aja deh belanja disana.

Cara Belanja di Shopee Sampai Kiriman Datang

Cara belanja di Shopee tidaklah sulit, anda dapat mengakses situsnya kapanpun, baik melalui PC (laptop) maupun langsung dari gadget anda. Namun dalam tutorial kali ini, saya menggunakan aplikasi Shopee untuk berbelanja disana.

Alasan saya menggunakan aplikasi Shopee karena tampilan atau user interfacenya mudah dipahami, begitupun dengan menu navigasinya.

1. Pilih Barang yang Ingin Dibeli

Sebelum anda mengikuti tutorial ini lebih jauh, pastikan anda terlebih dahulu mendownload aplikasi Shopee di google playstore, atau bisa dengan klik link berikut ini untuk mendownloadnya. Langsung saja, berikut panduan cara belanja di Shopee untuk pemula:

1. Saya anggap anda sudah mendownload aplikasi Shopee di playstore. Setelah terinstall, buka aplikasi Shopee. Tampilan awal aplikasi Shopee kurang lebih seperti gambar dibawah, selanjutnya pilih Saya untuk login ke akun Shopee anda.

cara belanja di shopee

2. Selanjutnya pilih tombol Login seperti yang ditunjuk tanda panah.

Belanja di Shopee 2

3. Berhubung anda baru pertama kali menggunakan Shopee, maka anda perlu membuat akun baru. Tapi disini saya menggunakan facebook untuk login, namun jika anda ingin mendaftar dengan menggunakan email, silakan pilih halaman Register. Sekali lagi, saya login menggunakan facebook, jadi tinggal pilih tombol Lanjutkan dengan Facebook.

panduan cara belanja di shopee

4. Masukkan email atau no. HP beserta password facebook anda (seperti login FB pada umumnya). Kemudian pilih Masuk.

Belanja di Shopee 4

5. Jika mendapatkan notifikasi seperti ini, pilih Lanjutkan.

cara belanja di shopee agar gratis ongkir

6. Silakan anda cari dan ‘berburu’ produk yang ingin anda beli. Jika sudah ketemu, klik produk tersebut.

Belanja di Shopee 6

7. Sebelum membeli, baca dulu detail produk beserta ulasannya. Sebagai contoh, disini saya ingin membeli buku belajar Visual Basic. Jika anda sudah mantap dengan produk tersebut, silakan pilih Beli Sekarang.

cara belanja di shopee lewat indomaret

8. Waktu itu, Shopee lagi promo free ongkir (gratis ongkos pengiriman melalui J&T Express senilai Rp. 20.000). Saya tidak menjamin promo free ongkir akan berlaku selamanya, bisa jadi kedepannya promo ini sudah tidak berlaku lagi. Ketentuan gratis ongkir bisa anda baca melalui halaman ini (halaman resmi Shopee). Selanjutnya pilih Checkout untuk melakukan pembayaran.

Belanja di Shopee 9

9. Sebelum menuju ke halaman pembayaran, terlebih dahulu anda harus mengatur alamat pengiriman (alamat rumah anda). Klik OK! untuk melanjutkan.

Belanja di Shopee 10

10. Alamat pengiriman yang telah diisi kurang lebih seperti gambar dibawah. Alamat rumah saya sengaja saya sensor untuk kepentingan privasi. Selanjutnya, pilih Kirim.

Belanja di Shopee 12

11. Kemudian klik Pilih Motode Pembayaran yang anda inginkan.

Belanja di Shopee 14

12. Disini saya memilih Indomaret sebagai metode pembayaran. Sebenarnya saya punya sih rekening bank, tapi lebih suka melakukan pembayaran di Indomaret, hehehe. Jadi meskipun anda tidak mempunyai rekening bank, jangan kuatir, karena anda bisa melakukan pembayaran di Indomaret. Selanjutnya pilih Konfirmasi.

Belanja di Shopee 16

13. Dibawah ini merupakan total pembayaran yang harus anda lunasi. Mungkin anda sedikit bingung kenapa ongkos kirimnya cuman Rp. 2.000. Jadi begini, kan tadi sudah saya bilang bahwa saya mendapatkan promo free ongkir senilai Rp.20.000. Sebenarnya ongkos kirim ke alamat rumah saya itu senilai Rp. 22.000 kemudian dipotong Rp.20.000 (dari promo tadi), nah jadi saya tinggal bayar RP.2.000 saja, hehehe. Ngerti kan? Okey, selanjutnya pilih tombol Buat Pesanan.

Belanja di Shopee 17

14. Anda diharapkan untuk melakukan verifikasi nomor telepon terlebih dahulu, pilih saja OK.

Belanja di Shopee 18

15. Masukkan nomor telepon anda yang aktif, kemudian pilih Lanjutkan.

Belanja di Shopee 19

16. Masukkan kode verifikasi yang telah dikirim ke no. telepon anda (berupa SMS), kemudian pilih tombol Verifikasi.

Belanja di Shopee 20

17. Pastikan kembali alamat pengiriman dan total pembayaran sudah betul, jika sudah, pilih Buat Pesanan.

cara belanja di shopee untuk pemula

18. Dibawah ini merupakan kode pembayaran yang harus anda tunjukkan nanti ke penjaga kasir Indomaret. Bilang saja mau melunasi pembayaran di Shopee, mereka pasti ngerti kok. Jangan lupa bawa uangnya juga ya, hehehe.

Belanja di Shopee 22

2. Melacak Kiriman Anda

Jika sudah melakukan pembayaran, pembayaran akan secara otomatis terverifikasi, jadi anda tidak perlu melakukan konfirmasi pembayaran.

Sebenarnya yang perlu anda lakukan sekarang hanyalah menunggu paket kiriman anda datang, anda tidak perlu takut ketipu karena uang yang anda bayarkan tidak akan diberikan ke penjual SEBELUM paket kiriman sudah anda terima.

Belanja Shopee 22a

Anda akan mendapatkan notifikasi mengenai status paket anda (gambar 1 bertulisankan Notifikasi). Namun jika anda ingin melacak paket kiriman anda atau ngobrol-ngobrol dengan penjual, tinggal klik Saya (gambar 2) kemudian pilih Belanjaanku (gambar 3).

3. Paket Sudah Datang

2-3 hari kemudian paket saya sudah datang. Sebenarnya lama tidaknya paket anda itu bergantung pada alamat tujuan (seberapa jauh dari lokasi penjual) dan ekspedisi yang digunakan.

Jadi belum tentu juga 2-3 hari paket anda sudah sampai. Nanti kan ada estimasinya kapan paket kiriman anda sampai, jadi tidak perlu khawatir akan hal ini. Oh ya, berikut penampakan paket saya yang sudah datang.

Belanja-Shopee-22b

Belanja Shopee 22c

Gambar (b) paket saya

Setelah paket kiriman sudah anda terima, cek terlebih dahulu kondisi barangnya, pastikan tidak ada lecet dan sesuai deskripsi.

Jika sudah, jangan lupa untuk melakukan konfirmasi bahwa barang sudah diterima (pada menu Belanjaanku) dan jangan lupa juga berikan ulasan mengenai barang yang anda beli tersebut, hal ini penting sekali bagi penjual, jadi saya harap luangkan sedikit waktu anda untuk memberikan review atau ulasan seperti ini:

Belanja Shopee 22d

Shopee, hampir sama dengan e-commerce besar yang lain (Tokopedia, Blibli, Bukalapak, dll), tampilan dan navigasinya mudah dimengerti, pilihan metode pembayarannya juga banyak, apalagi waktu itu ada promo free ongkir, wuih membuat pembeli betah belanja disana, hehehe.

Baiklah, semoga panduan cara belanja di Shopee yang sudah saya jelaskan dengan ‘cukup’ detail diatas mudah anda pahami. Namun jika anda masih bingung mengenai bagaimana cara belanja di Shopee (padahal sudah saya jelaskan panjang x lebar, hehehe), anda bisa bertanya melalui kotak komentar yang telah disediakan dibawah, saya akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut secepat mungkin. πŸ™‚

Tinggalkan Komentar (124)

  1. Fitri
  2. Sari
  3. Ahmed
  4. Winda
  5. adit
  6. Reka aprilia
  7. Ayunie
  8. Itang
  9. Soraya
  10. Ayu Ratna
  11. nisa
  12. Anisa D.K.
  13. Sonia
  14. Khoirun nisaul
  15. Nabila putri
  16. Nuzuliyah
  17. Ayu
  18. Devi
  19. Rosyid
  20. Yanti
  21. Bila
  22. thantri
  23. ririsameliaaa
  24. Ihsan
  25. Pipit
  26. Ichazalfa
  27. Jenny
  28. bayu
  29. putri
  30. Qomar
  31. Eddie
  32. Riss
  33. Axelia
  34. riiena
  35. eka elsandi
  36. Cendra
  37. Cendra
  38. Rahmah
  39. Tria
  40. mhemey
  41. Rainbow
  42. olindra putra
  43. Mohamad Mis'al
  44. Akbar
  45. Maura najwa
  46. Nasa
  47. Garry hadlen
  48. ita
  49. sri yani
  50. Sari
  51. JOPI
  52. Nabil
  53. fitriana
  54. Dewik
  55. Raisya
  56. Rosita
  57. Anni
  58. Dila
  59. Wahyu
  60. Anindya
  61. Eryanti
  62. Diani
  63. G
  64. Is
  65. iema
  66. iema
  67. Nurma
  68. Anis
  69. Ulfa
  70. inda
  71. Sheila
  72. Azmi
  73. Joa
  74. megyules

Leave a Reply