Cara Cek Apakah Windows 10 Anda Support Modern Standby

Cara Cek Apakah Windows 10 Anda Support Modern Standby / Tidak

Saat ini di beberapa unit Windows 10 (seperti seri U3100/TP461) masih dapat menjalankan program dalam mode Standby (model daya sangat rendah). Maka dari itu, perangkat Anda masih terhubung ke Internet, dan hampir semua program dijeda (kecuali untuk pemutaran musik, pengingat dan notifikasi dan program penting lainnya). Anda cukup perlu menekan tombol apa saja dan perangkat dapat masuk dan kembali ke status kerja.

Cara Cek Apakah Windows 10 Anda Support Modern Standby / Tidak

Tidak semua windows 10 mendapatkan support modern standby. Anda bisa mengecek sendiri apakah windows 10 Anda mendukung modern standby atau tidak. Bagaimana caranya? Langsung saja, silakan ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

1. Langkah pertama, silakan Anda buka CMD atau Command Prompt di PC atau laptop Anda. Caranya, silakan Anda ketikkan CMD di menu pencarian. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

cmd

2. Lalu, silakan Anda ketikkan powercfg /a atau powercfg -a. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini. Kemudian, tekan Enter.

ketikkan powercfg /a

3. Lalu, perhatikan hasilnya. Jika Anda melihat   “Standby(S0 Low Power Idle) Network Connected”, itu berarti PC atau laptop Anda sudah mendukung Standby mode. Namun, jika yang muncul Stanby (S3) seperti gambar di bawah ini, berarti PC atau laptop Anda belum mendukung modern standby mode.

hasil

Cara Masuk Ke Modern Standby Mode

1. Silakan Anda klik ikon windows. Seperti pada gambar di bawah ini.

klik ikon windows

2. Kemudian, silakan Anda klik Power. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

klik power

3. Lalu, silakan Anda klik Sleep. Seperti pada gambar di bawah ini.

klik sleep

Atau Anda bisa mencobanya dengan tidak menggunakan PC atau laptop Anda selama beberapa menit dan itu akan masuk ke Standby mode.

Perbedaan Modern Standby vs S3 (Sleep)

Di Windows 10, terdapat dua model daya untuk PC atau laptop yaitu S3 dan Modern Standby. Model daya S3 adalah model dengan standar yang lebih tua dan tidak dapat secara instan seperti yang diharapkan konsumen dari perangkat modern. Sedangkan Modern Standby merupakan model daya yang mampu  memanfaatkan semua kemampuan chipset modern dan dapat diintegrasikan di seluruh tablet,PC, ataupun laptop saat ini.

Iterasi pertama Modern Standby adalah Connected Standby, yang pertama kali dikirimkan di Windows 8 dan Windows 8.1. Modern Standby memperluas konsep Windows 8.x Connected Standby, memungkinkan fleksibilitas dalam pemilihan komponen dan kemampuan Sistem Operasi untuk mengelola konektivitas jaringan dalam keadaan standby.

Pada model sistem Modern Standby , sistem akan tetap dalam keadaan S0 (Bekerja) saat dalam keadaan siaga, memungkinkan skenario berikut untuk bekerja:

  • Aktivitas latar belakang
  • Resume lebih cepat dari kondisi daya rendah

Pada sistem yang dapat tetap terhubung saat dalam keadaan siaga, pengaktifan berdasarkan pola jaringan tertentu juga dapat diatur oleh sistem operasi untuk memungkinkan aplikasi menerima konten terbaru seperti email masuk, panggilan VoIP, atau artikel berita.

Perbedaan Teknis

Ketika dalam kondisi daya terendah, sistem mungkin terlihat sangat mirip dengan sistem dalam kondisi S3—prosesor dimatikan, memori dalam self-refresh. Namun yang membedakannya adalah pada jalur bagaimana ia masuk dan keluar dari kondisi daya rendah.

Untuk sistem S3, sistem tersebut aktif atau dalam S3. Namun, untuk Modern Standby transisi dari status aktif ke daya rendah adalah serangkaian langkah untuk menurunkan konsumsi daya. Komponen akan dimatikan ketika tidak digunakan. Jadi, transisi masuk dan keluar dari status daya yang lebih rendah jauh lebih cepat pada sistem Modern Standby daripada pada sistem S3. Desain ini juga membantu dengan kecepatan masuk dan keluar dari Standby karena tidak memerlukan interaksi firmware.

Demikianlah artikel kali ini yang membahas tentang bagaimana cara mengecek windown 10 Anda sudah support Modern Standby atau belum. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Terima kasih 🙂

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend