• Our Partners:

Begini Cara Cek Skor AnTuTu Benchmark di HP Android, Akurat!

Pernah menggunakan aplikasi AnTuTu? Bagaimana cara cek skornya? AnTuTu merupakan aplikasi yang digunakan untuk menilai kualitas dari smartphone maupun komputer. Karena kita sekarang membahas tentang AnTuTu pada android maka berarti aplikasi ini fungsinya untuk mengetahui kualitas dari smartphone android.

Banyak orang yang mendownload aplikasi ini untuk mengetahui seperti apa kualitas dari performa yang dimiliki hpnya. AnTuTu akan bekerja untuk mengetahui apakah RAM, prosesor, chipset, CPU, GPU, dan komponen lainnya pada suatu perangkat android memiliki performa yang handal.

Aplikasi yang satu ini memang kerap digunakan oleh para gamer ketika mereka ingin menguji kualitas dan ketahanan hp mereka. Ketika anda mengetes menggunakan AnTuTu, anda nanti akan mengetahui hasilnya melalui skor yang akan ditampilkan.

Cara Cek Skor AnTuTu di HP Android

1. Pertama-tama anda perlu menginstall aplikasi yang bernama AnTuTu Benchmark melalui Playstore.

Cara Cek Skor AnTuTu Android 1

2. Jika sudah selesai didownload, selanjutnya pilih Open.

Cara Cek Skor AnTuTu di HP Android

3. Jika anda mendapatkan notifikasi seperti ini, pilih Allow.

Cara Cek Skor AnTuTu Android 3

4. Klik Install&Test.

Cara Cek Skor AnTuTu Android 4

5. Untuk mendapatkan hasil benchmarking yang maksimal, diperlukan satu aplikasi lagi yang bernama AnTuTu 3DBench. Ukuran file aplikasi ini cukup besar yakni kurang lebih 600MB. Untuk itu pastikan anda mendownloadnya melalui jaringan WiFi. Klik Get from Market untuk mendownloadnya.

Cara Cek Skor AnTuTu Benchmarking di Android

6. Klik Install.

Cara Cek Skor AnTuTu Android 6

7. Setelah AnTuTu 3DBench berhasil diinstall, buka kembali aplikasi AnTuTu Benchmark dan klik Install&Test.

Cara Cek Skor AnTuTu Android 7

8. Jika mendapatkan notifikasi seperti ini, pilih Allow.

Cara Cek Skor AnTuTu Android 8

9. Proses bencmarking dimulai dan tunggu sampai selesai.

Cara Cek Skor AnTuTu Android 9

Cara Cek Skor AnTuTu Android 10

10. Nanti akan muncul skorĀ AnTuTu Benchmark anda seperti gambar dibawah ini.

Cara Cek Skor AnTuTu Android 11

Skor diatas yang biasanya dijadikan patokan untuk menjustifikasi apakah smartphone yang anda miliki sekarang termasuk smartphone dengan spesifikasi yang bagus, biasa saja, atau malah di bawah standar. Anda bisa mendaptakn AnTuTu di Play Store. Berdasarkan informasi yang kami dapatkan, versi terbaru dari AnTuTu mengalami beberapa perubahan, diantaranya:

1. Memiliki 3D tes yang baru

Untuk pengujain 3D dibagi menjadi dua bagian. Yang pertama digunakan untuk menguji kinerja game dan yang kedua digunakan untuk off-screen. Tes 3D ini dibuat dengan berdasarkan Unity3D game Engine versi 5.0 yang biasanya dipakai oleh sebagian game yang dimainkan di android maupun iOS.

Pihak AnTuTu berpendapat bahwa 3D tes terbaru ini nanti bisa memberikan skor yang sebenarnya dari smartphone ketika diuji menggunakan aplikasi ini. Jadi, penilaian yang diberikan benar-benar sesuai atau setidaknya mendekati sempurna.

2. Peningkatan dan penambahan item pengujian UX

Perubahan yang kedua adalah terdapat penambahan dan juga pengujian pada item untuk UX. Perlu anda tahu bahwa UX yang ada pada AnTuTu versi 6.0 berupa game strategi, pengolahan data, pengolahan gambar, kinerja i/O dan lain sebagainya. Dengan adanya penyesuaian ini, maka aplikasi tersebut bisa terhindar dari skor tinggi namun performa rendah.

3. Pengunjian CPU yang baru dan ada nilai skor baru

Hal lain yang juga baru diperkenalkan di AnTuTu 6.0 yakni proporsi CPU + RAM: UX: dengan desain 3D menjadi 1:1:1. Proporsi UX dan juga 3D akan meningkat sementara untuk proporsi RAM dan CPU akan menurun. Jadi, skor yang akan dihasilkan pun kemungkinan besar tidak akan sama.

4. Cross-platform

Kehadiran versi terbaru AnTuTu membuatnua bisa digunakan oleh hampir semua sistem operasi android yang pernah ada. Beberapa sistem android tersebut diantaranya: Android, iOS, Windows Mobile 10, Mac OS plaform yang XP, Windows, dan beberapa sistem operasi yang lainnya. Dengan begitu, maka AnTuTu bisa dijalankan di berbagai sistem operasi dan skor yang dihasilkan pun juga bersifat akurat.

Itulah tutorial cara cek skor AnTuTu Benchmark di HP Android dengan mudah dan akurat. Meskipun begitu, skor AnTuTu Benchmark hanya bisa dijadikan referensi dalam menilai tinggi rendahnya spesifikasi HP Android anda namun bukan menjadi faktor utama.

Leave a Reply

Send this to a friend