3 Cara Cek Spesifikasi HP Android Tanpa Aplikasi, Yuk Dicoba!

Seperti yang kita tahu, HP Android saat ini sudah menjadi sebuah kebutuhan pokok yang harus dimiliki oleh setiap orang. Karna melalui ponsel pintar kita tidak hanya bisa menggunakannya sebagai alat untuk berkomunikasi saja, namun jauh lebih dari itu.

Nah, dengan mengetahui spesifikasi sebuah HP Android berarti mengetahui kekuatan perangkat Hp Android tersebut. Dengan mengetahui spesifikasi Hp Android, kamu akan tahu bagaimana seharusnya menggunakan perangkat tersebut dan bagaimana kinerjanya.

Sebenarnya cara untuk mencek spesifikasi dari sebuah HP Android tidak begitu sulit loh, kamu cukup mengetikan spesifikasi dari HP Android yang kamu gunakan di Google.

Atau jika Hp Android kamu masih baru , Spesifikasi ini bisa kamu lihat langsung pada Brosur atau Kotak Handphone yang tersedia. Namun jika Brosur atau Kotak HP-nya tidak tersedia (HP Bekas/ second), kamu bisa Cek langsung pada HP tersebut. Kamu juga bisa mengecek sendiri spesifikasi HP android kamu di HP Android kamu sendiri.

Cek Spesifikasi HP Android Tanpa Aplikasi

Cara cek spesifikasi HP Android tanpa aplikasi sebenarnya bisa dilakukan hampir semua merek Hp Android namun informasi yang akan sobat dapatkan tidak se detail menggunakan aplikasi. jika sobat ingin mencobanya berikut adalah langkah-langkah untuk mengecek spek Android tanpa menggunakan aplikasi.

Cara Pertama

Cara pertama cek spesifikasi HP Android menggunakan menu Pengaturan/Setting di HP Android, berikut langkah-langkahnya:

1. Buka Menu Pengaturan/Setting Hp Android kamu, seperti contoh pada gambar

cara cek spesifikasi hp android tanpa aplikasi

2. Setelah membuka Menu Pengaturan/Setting Hp kamu, cari menu Tentang Perangkat/About Phone. Seperti contoh pada gambar.

pilih menu tentang perangkat

3. Setelah pilih menu Tentang Perangkat/About Phone, kemudian sentuh/pilih Info Perangkat Lunak/Device Information. Seperti contoh pada gambar.

cara cek spesifikasi hp android dengan mudah

4. Maka kamu akan melihat informasi tentang HP Android kamu, seperti contoh pada gambar.

informasi perangkat lunak

 

Cara Kedua

Cara kedua untuk mencek spesifikasi Hp Android menggunak kode IMEI HP Android kamu, berikut langkah-langkahnya:

1. Ketik *#06# di menu Telepon/Dial Up di Hp Android kamu.

2. Setelah ketik *#06#, maka akan muncul kode IMEI kamu, seperti contoh pada gambar.

begini cara cek spesifikasi hp android tanpa aplikasi

3. Kemudian buka website imei.info, maka masukkan kode imei android kamu dan klik Check. jangan lupa ceklis di kotak captcha. Seperti contoh pada gambar.

masukkan kode imei

4. Maka kamu bisa melihat spesifikasi HP Android kamu di Basic Information. Seperti contoh pada gambar.

spesifikasi hp android

 

Cek Spesifikasi Android Menggunakan Aplikasi

Untuk mengecek spesifikasi HP Android yang kamu miliki, kamu memerlukan sebuah aplikasi bernama CPU-ZYap, aplikasi besutan CPUIDini merupakan sebuah aplikasi freeware yang berfungsi untuk menampilkan informasi mengenai perangkat utama dari sistem android.

Berikut cara cek spesifikasi HP Android menggunakan aplikasi CPU-Z:

1. Pertama, kamu harus mendownload dan menginstall aplikasi CPU-Z di Google Play Store HP Android kamu.

2. Setelah aplikasi CPU-Z terinstall di HP Android kamu, buka apliksi tersebut. Seperti contoh pada gambar.

buka app CPU-Z

3. Setelah membuka aplikasi tersebut, maka kamu akan bisa melihat spesifikasi HP Android kamu secara detail di menu SOC, System, Device, Battery melalui aplikasi CPU-Z. Seperti contoh pada gambar.

Spesifikasi hp dengan CPU-Z

Demikian Informasi singkat mengenai cara cek spesifikasi di HP Android. Gimana? Cukup mudah bukan untuk mengetahui spesifikasi dan versi android yang kamu punya. Kamu bisa mencoba cara-cara diatas untuk mencek spesifikasi Hp Android kamu dengan menggunakan aplikasi ataupun tanpa aplikasi.

Dengan mempelajari hal tersebut, setidaknya kamu akan mengerti dunia android secara lebih dalam. Semoga informasi ini berguna. Terima kasih dan selamat mencoba.

Leave a Reply