5 Cara Cek Tipe HP Samsung dengan Mudah dan Akurat, Anda Pilih yang Mana?

Samsung merupakan salah satu perusahaan elektronik terbesar di dunia yang berasal dari negara Korea Selatan. Perusahaan yang didirikan oleh Lee Byung-chull pada tanggal 1 Maret 1938 ini sudah tersebar di 58 negara termasuk Indonesia. Saat ini, Samsung memiliki 6 bagian bidang produk dalam sektor bisnis yaitu telekomunikasi, peralatan rumah tangga digital, media digital, LCD, semikonduktor, dan kendaraan bermotor. Semua bidang dari produk ini sangat berkembang pesat sehingga menjadikan Samsung memiliki pengaruh yang paling penting terhadap dunia ekonomi, politik, sosial, budaya dan media.

Dengan kesuksesannya yang sudah tidak diragukan lagi, Samsung telah diakui secara global sebagai pimpinan dalam teknologi yang termasuk dalam 10 merek teratas global. Salah satu produk yang sangat diunggulkan oleh perusahaan ini yaitu smartphone Samsung yang telah menjadi salah satu pesaing bursa pasar gawai. Persaingan pasar ini tidak dapat dipandang sebelah mata dan dianggap remeh. Pasalnya belakangan ini, Samsung dengan pesaing ketatnya yaitu iPhone, terus berlomba-lomba merajai pasar.

Handphone yang terkenal dengan kualitas yang bagus ini sangat menjadi idola bagi pengguna Indonesia maupun luar Indonesia. Hal ini disebabkan karena desain dan spesifikasi handphone ini menjadi idaman bagi beberapa orang walaupun harga handphone dari merk Samsung ini terbilang cukup mahal. Beberapa fitur-fitur eksklusif yang hanya ada di handphone Samsung, membuat orang tak segan-segan untuk membeli produk Samsung terutama bagi para pecinta Samsung.

Brand Samsung yang terkenal dengan desain yang kokoh ini juga mampu menarik dan memikat konsumennya hingga seluruh penjuru dunia. Kini, semakin berkembangnya zaman, handphone Samsung sudah memiliki banyak tipe. Beragam tipe tersebut juga memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Semakin tinggi tipe dari perangkat tersebut, maka semakin baik pula performanya.

Pada kesempatan ini akan membahas mengenai bagaimana cara cek tipe HP Samsung anda. Perhatikan penjelasan di bawah ini.

5 Cara Cek Tipe HP Samsung Terbukti Akurat

Pada artikel ini, saya menggunakan 2 HP Samsung dengan tipe yang berbeda yaitu pada cara 1 dan 2 dengan tipe Samsung GT-S6310 kemudian cara 3, 4 dan 5 dengan tipe SM-J100H. Hal ini dikarenakan agar saya dapat mengaplikasikan cara cek tipe Samsung menggunakan kotak yang masih ada. Jadi, Anda tidak perlu bingung kenapa model atau tipe yang terdapat pada gambar berbeda-beda.

Cara 1: Melalui Kotak Handphone

Cara pertama ini merupakan cara yang paling mudah yaitu mengecek tipe HP hanya dengan melihat pada kotak handphone saja. Anda dapat mencari pada bagian model/type. Namun, cara ini tidak dapat dilakukan jika kotak HP Anda sudah hilang.

cara cek tipe hp samsung

Cara 2: Melalui Belakang Handphone

Nah, untuk cara kedua ini, Anda hanya cukup menonaktifkan handphone Anda terlebih dahulu kemudian buka baterai handphone Anda. Tipe handphone atau model berada pada area belakang bagian dalam handphone Anda. Namun, jika handphone Anda merupakan baterai tanam, model HP akan sejajar dengan letak baterai di belakang handphone.

belakang hp

Cara 3: Melalui Settings/Pengaturan

1. Buka pengaturan atau settings pada handphone Samsung.

2. Selanjutnya pilih about device atau tentang ponsel. Biasanya terletak paling bawah pada pengaturan.

cara cek tipe hp samsung

3. Maka tentang ponsel atau perangkat Anda akan tampil. Tidak hanya tipe handphone saja, terkait versi Android, versi kernel, CPU dan lain sebagainya juga tertera pada bagian about device ini.

3 - selesai

Cara 4: Melalui Website IMEI (Online)

Untuk mengecek tipe HP Samsung dapat juga dilakukan melalui kode IMEI. Untuk cara mengetahui kode IMEI HP Samsung anda dapat anda simak dalam artikel ini. Jika sudah tahu kode IMEI, silakan simak langkah-langkah dibawah ini untuk mengetahui tipe HP Samsung anda.

1. Cari tahu kode IMEI handphone Samsung Anda terlebih dahulu.

2. Setelah itu buka browser seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera maupun lainnya (boleh dari HP maupun PC/laptop) -> lalu buka link www.imei.info.

3. Selanjutnya masukkan kode IMEI handphone Anda pada kotak yang tersedia -> klik check.

masukkan imei lalu cek

4. Maka akan tampil seluruh informasi mengenai perangkat Samsung Anda.

cara cek tipe hp samsung secara akurat

hasil 2

Cara 5: Melalui Aplikasi Tambahan CPU-Z

Cara kelima ini yaitu menggunakan bantuan aplikasi tambahan CPU-Z. Aplikasi ini harus terinstall dan berjalan pada HP Samsung yang bersangkutan. Sehingga spesifikasi mengenai tipe HP Samsung yang diinginkan akan tampil. Aplikasi CPU-Z ini sendiri termasuk aplikasi yang sangat ringan dan tidak membutuhkan memory yang banyak.

1. Download dan install terlebih dahulu aplikasi CPU-Z di handphone Samsung Anda.

2. Setelah itu, buka Aplikasi CPU-Z.

2 - buka cpu z

3. Maka akan tampil informasi mengenai HP Anda, silakan pilih pada tab Device untuk mengetahui tipe atau model HP Samsung Anda.

3 - selesai

Sekian artikel mengenai beberapa cara cek tipe HP Samsung secara akurat. Cara-cara di atas dapat Anda pilih sesuai kebutuhan dan dapat Anda terapkan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Tetap kunjungi Nesabamedia untuk mendapatkan informasi mengenai teknologi secara uptodate. Terima kasih dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Send this to a friend