cara flush DNS di Windows

Begini Cara Flush DNS di Windows yang Bisa Dipraktekkan Sekarang Juga!

Sebelum kita membahas Flush DNS lebih jauh, alangkah baiknya kita mengetahui apa itu DNS. DNS (Domain Name System) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host ataupun domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer.

Misalnya: internet. DNS berfungsi menerjemahkan nama suatu website menjadi IP Address. Windows sendiri memiliki Cache DNS, dimana cache ini menyimpan data browsing pengguna sehingga dapat mempercepat terbukanya suatu website yang sebelumnya pernah dikunjungi.

Cara Flush DNS di Windows Lewat CMD

Flush DNS adalah perintah untuk melakukan perubahan pada komputer yang sedang digunakan agar dapat menyesuaikan informasi perubahan yang terjadi pada suatu Domain, NameServer, DNS, dan Website yang data terbaru belum terlihat setelah perubahan data meskipun telah berulang kali melakukan refresh browser. Berikut ini langkah-langkah cara flush DNS di Windows dengan mudah.

1. Buka Command Prompt (cmd) pada komputer Anda.

Cara Flush DNS di Windows

2. Ketikkan perintah di bawah ini, kemudian tekan enter.

ipconfig /flushdns

Jika berhasil, maka ada pemberitahuan Windows  IP Configuration Success. Perhatikan gambar di bawah ini.

Cara Flush DNS di Windows

Alasan Melakukan Flush DNS

Cache DNS berperan untuk menyimpan IP Address dari setiap situs yang pernah dikunjungi. Dengan menyimpan cache DNS ini, ketika anda mengakses kembali situs tersebut, maka situs tersebut akan terbuka lebih cepat dan misal terdapat sesi login yang pernah anda lakukan pada situs tersebut, tetap akan direcord sehingga anda tidak perlu login kembali di situs tersebut.

Namun ada beberapa alasan yang membuat anda harus melakukan flush DNS di Windows anda. Apa saja alasan tersebut?

Masalah Keamanan

Siapapun yang memiliki akses pada komputer atau laptop anda, dapat dengan mudah mengakses cache DNS dan mengintip situs apa saja yang pernah anda kunjungi sehingga privasi anda dalam browsing dipertaruhkan.

Jika laptop yang anda gunakan merupakan laptop kantor atau laptop yang memang digunakan banyak orang. Alangkah baiknya ketika anda selesai melakukan browsing di komputer tersebut, anda segera melakukan flush DNS.

Masalah Jaringan

Ada beberapa kasus dimana komputer anda tidak dapat terhubung pada sebuah jaringan, padahal komputer lain bisa terhubung dengan normal. Atau ada juga yang ketika mengakses situs tertentu, ada pesan error yang muncul. Padahal di komputer lain tidak ada masalah. Jika anda mengalami masalah yang seperti itu, disarankan bagi anda untuk melakukan flush DNS sehingga aktivitas browsing anda tidak mengalami error.

Sangat mudah, bukan? Begitulah cara flush DNS di Windows. Sekarang Anda bisa membersihkan seluruh cache yang ada di Windows. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Send this to a friend