Cara Menyimpan Halaman Web Menjadi PDF di Android, Sangat Mudah!

Tahukah kamu bahwa kamu bisa menyimpan halaman web kamu menjadi file dokumen PDF? Ada cara paling mudah untuk kamu menyimpan halaman web menjadi PDF tanpa perlu install software tambahan. Cara ini sangat berguna, karna kamu bisa membaca secara offline, setelah mengubah halaman web tadi menjadi sebuah file dokumen.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara simpan halaman Web menjadi PDF di Android kamu.

Jadi misalnya kamu menemukan artikel menarik dari suatu situs dan ingin menyimpannya menjadi file PDF agar bisa dibaca secara offline di Android kamu, maka silahkan ikuti langkah langkahnya berikut ini.

Cara Menyimpan Halaman Web Menjadi PDF

Google Chrome sudah dilengkapi dengan fitur untuk mencetak halaman web menjadi PDF, yang belum tahu langkah-langkah bagaimana cara mengubah web menjadi PDF, yuk ikuti langkah-langkah ini:

  1. Buka browser Google Chrome di Hp Android kamu.
  2. Kemudian cari halaman yang ingin kamu simpan menjadi PDF di web browser Google Chrome kamu.
  3. Nah, setelah membuka halaman web yang ingin disimpan menjadi file PDF. Klik Menu atau simbol titik 3 yang berada di bagian atas kanan. Seperti contoh pada gambar.
    klik simbol menu
  4. Kemudian pilih Bagikan/Share. Seperti contoh pada gambar.
    pilih share/bagikan
  5. Setelah mengklik Share/Bagikan di halaman web tadi, pilih Cetak/Print. Seperti contoh pada gambar
    pilih cetak/print
  6. Kemudian akan muncul halaman untuk menyimpan halaman web tadi menjadi PDF. Maka pada halaman itu klik Unduh atau tombol berwarna kuning berada dibagian atas kanan, untuk menyimpan file PDF. Seperti contoh pada gambar.
    klik unduh umtuk meyimpan file PDF
  7. Lalu simpan file PDF kamu di folder yang ada di Hp Android kamu, seperti contoh pada gambar.
    simpan file di folder
  8. Selesai, sekarang halaman web sudah menjadi file PDF. Kamu bisa membacanya secara offline atau membagikannya kepada teman2 kamu dalam bentuk file PDF.

Menyimpan Halaman Web Menjadi PDF Menggunakan Mozilla Firefox

Bagi kamu yang lebih suka menggunakan browser Mozilla Firefox, kamu juga bisa menyimpan halaman web menjadi PDF di browse ini menggunakan Hp Android kamu. Mau tahu caranya? ikuti langkah-langkah ini:

  1. Langkah pertama, buka browser Mozilla Firefox di Hp Android kamu.
  2. Kemudian cari halaman yang ingin kamu simpan menjadi PDF di web browser Mozilla Firefox kamu.
  3. Setelah menemukan, buka halaman web yang ingin disimpan menjadi file PDF. Klik Menu atau simbol titik 3 yang berada di bagian atas kanan. Seperti contoh pada gambar.
    klik ikon menu
  4. Nah di pilihan Menu, pilih Laman/Page. Seperti contoh pada gambar.
    klik menu laman/page
  5. Terakhir, klik Simpan Sebagai PDF/ Save as PDF untuk menyimpan halaman web tadi menjadi file PDF. Seperti contoh pada gambar.
    klik save as PDF
  6. Nah selesai, sekarang halaman web tadi sudah berubah menjadi file PDF. Kamu bisa membacanya secara offline atau membagikan file PDF tersebut kepada teman-teman kamu.

Itulah 2 cara untuk menyimpan halaman web menjadi file PDF di Android. Cara-cara diatas sangat mudah bukan? Kamu tidak perlu menginstall aplikasi pihak ketiga.

Jadi mulai sekarang jika kamu menemukan halaman web yang menarik dan ingin menyimpannya untuk dibaca secara offline tanpa butuh koneksi internet, kamu bisa melakulan 2 langkah-langkah diatas menggunakan Google Chrome ataupun Mozilla Firefox.

Nah, sekian artikeL tentang cara menyimpan halaman web menjadi PDF. jika ada yang masih kurang jelas silahkan tanyakan dan jika kamu mempunyai tips lain silahkan berbagi disini. Semoga artikel ini bermamfaat bagi teman-teman. Selamat mencoba dan Terima Kasih.

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend