Berikut Ini 10 Cara Charge HP yang Benar Agar Baterai HP Awet

Baterai handphone yang memiliki kapasitas baterai yang besar memang menjadi pilihan para pengguna pada saat sekarang ini. Karena baterai yang tahan lama akan awet dipakai dalam seharian, apalagi jika ingin berpergian.

Maka dari itu menjaga baterai handphone agar tetap awet haruslah dilakukan charge handphone dengan cara yang benar, mengingat baterai handphone menjadi hal yang sangat penting didalam sebuah handphone. Karena tanpa baterai, handphone tidak bisa menyala dan digunakan.

10 Cara Charge HP yang Benar Agar Baterai HP Awet

Selama ini kita sering melakukan pengisian daya handphone yang salah sehingga membuat baterai handphone cepat rusak dan bocor. Nah, pada artikel ini saya akan memberikan kamu beberapa cara charge HP yang benar agar baterai HP tetap awet, dan ini wajib untuk kamu coba agar handphonemu bisa bertahan lama :

1. Jangan Charge Handphone Menggunakan Port USB Dari PC Ataupun Laptop

Charge hp menggunakan laptop

Image : Digital Ponsel

Mengisi daya baterai hanfphone di laptop memang tidak dianjurkan. Karena arus listrik yang dikeluarkan dari port USB laptop tidak sebanding dengan charger yang langsung dihubungkan ke dalam stop kontak.

Dan karena arus listrik yang tidak sekuat ketika di charge di stop kontak, maka membuat baterai handphone menjadi lama terisi. Jika hal itu terjadi maka lama kelamaan baterai handphone bisa rusak.

2. Charge menggunakan charger asli

Charger asli

Image : Spaceku

Menggunakan charger yang bukan bawaan handphone bisa mengakibatkan baterai menjadi cepat rusak. Karena pada dasarnya setiap handphone telah memiliki batas maksimum kekuatan ampere pada pengisian dayanya.

Dan jika kamu menggunakan charger yang bukan bawaan handphone, bisa saja pada charger tersebut memiliki kekuatan pengisian yang sangat tinggi. Sehingga membuat handphone kamu menjadi cepat panas ketika di charge. Hal itu termasuk menjadi penyebab baterai handphone kamu cepat rusak.

Tidak hanya membuat baterai cepat rusak, tetapi ada beberapa masalah juga yang ditimbulkan ketika kamu mengisi daya menggunakan charger yang tidak asli. Yaitu kemungkinan besar port USB pada handphone kamu juga bisa rusak.

Itu dikarenakan panjang dan lebar dari USB charger lain tidak sesuai dengan port USB dihandphone kamu. Jadi disarankan untuk kamu menggunakan charger asli bawaan dari handphonemu.

3. Charge handphone sebelum benar-benar kosong

Charging baterai handphone

Image : Digikala

Hal yang sangat disarankan untuk mengisi daya baterai handphone yang baik yaitu ketika daya baterai belum benar-benar kosong atau habis. Karena jika kamu sering melakukan pengisian daya baterai disaat baterai handphone sudah 0%, itu bisa membuat umur baterai handphone kamu berkurang.

Nah, maka dari itu kamu harus mengisi daya baterai minimal ketika dayabaterai tersebut sudah mencapai 30%. Itulah saat yang tepat dan baik ketika kamu ingin mengisi daya baterai agar baterai handphone kamu tetap awet.

Jadi jangan pernah lagi mengisi baterai ketika baterai handphone sudah dibawah 30% ya.

4. Jangan mengisi baterai sampai penuh atau 100%

baterai full

Image : Oketekno

Jika sebelumnya kita tidak boleh mengisi daya baterai  handphone ketika dibawah 30%, maka untuk maksimal pengisian baterai handphone juga tidak boleh sampai penuh atau 100%. Hal tersebut juga dapat mengakibatkan berkurangnya usia pada baterai handphone.

Banyak orang yang salah kaprah menanggapi pengisian penuh pada baterai handphone. Dan ada juga yang percaya bahwa mencabut handphone ketika belum mencapai 100% dapat membuat baterai handphone rusak.

Tetapi hal itu tidak lah benar, malah mencabut handphone ketika baterai dibawah 100% itu hal yang sangat dianjurkan.

Jadi kamu buat kamu yang sering mencabut charger handphone ketika baterai belum terisi penuh tidak perlu khawatir lagi.
Disarankan untuk kamu mencabut baterai handphone ketika sudah mencapai 80%. Dengan begitu baterai kamu akan tetap awet.

5. Matikan handphone ketika sedang di charge

mengisi daya baterai

Image : Riaume

Handphone merupakan sebuah mesin buatan manusia. Tetapi walau pun buatan manusia, bukan berarti handphone juga tidak membutuhkan istirahat. Untuk menjaga agar baterai handphone tetap awet, kamu harus memberikan setidaknya beberapa jam untuk ia beristirahat.

Kamu bisa mematikan handphone ketika di charge, hal ini juga dapat memperpanjang usia baterai jika kamu rajin melakukannya.

Kamu juga dapat mematikan handphone pada saat malam hari ketika kamu ingin tidur. Karena seperti yang kita tahu, gelombang handphone tidak baik untuk kesehatan kita.

Jadi jauhkan handphone atau matikan handphone ketika kamu ingin tidur.

6. Lepaskan casing handphone saat di charge

casing hp

Image : Selularonline

Hawa panas akan keluar dari handphone ketika sedang diisi baterai. Tetapi jika handphonemu memakai casing, sebaiknya lepaskan casing tersebut saat handphone kamu sedang di charge. Mengapa? Karena casing handphone dapat menghambat pembuangan hawa panas pada saat pengisian.

Ya walaupun pada handphone keluaran baru sekarang hal ini tidak perlu ditakutkan lagi, karena handphone terbaru saat ini telah memiliki sistem pendingin yang sangat canggih.

Tapi tidak ada salahnya untuk melepas casing ketika di charge. Agar handphone tersebut dapat mengeluarkan hawa hangat ketika terhubung listrik.

7. Jangan menggunakan powerbank terlalu sering

menggunakan powerbank

Image : IDN Times

Penggunaan powerbank yang terlalu sering dapat menyebabkan daya tahan maupun usia pada baterai kamu berkurang. Walaupun powerbank merupakan penyelamat yang ampuh ketika kamu sedang berpergian, sebaiknya kurangi pemakaian powerbank tersebut.

Karena tidak seperti listrik, powerbank tidak mengalirkan daya listrik yang sepenuhnya stabil  dan sesuai dengan handphone kamu.

Maka dari itu kamu harus kurang-kurangin penggunaan powerbank tersebut agar baterai kamu tetap awet.

8. Jangan memainkan handphone ketika di charge

Main hp saat di charge

Image : Hipwee

Menggunakan handphone ketika sedang diisi daya akan membuat handphone kamu cepat panas. Sehingga baterai handphone kamu akan cepat bocor.

Maka dari itu, sebaiknya kamu mematikan handphone saat sedang dicharge agar handphone dapat beristirahat dan handphone juga tidak akan cepat panas.

9. Charge handphone di pagi hari

charge handphone dipagi hari

Image : Konsultasi Syariah

Banyak orang yang mengisi daya baterai handphonenya ketika malam hari, dan ditinggal tidur hingga pagi hari. Hal ini sangat kurang baik digunakan karena handphone yang di charge dan ditinggal tidur cukup berbahaya karena handphone jika sudah terisi penuh harus dicabut untuk menjaga kesehatan baterai.

Tetapi untuk handphone dizaman sekarang ini kamu tidak perlu khawatir, karena banyak handphone keluaran baru yang sudah memiliki pemutus arus otomatis ketika baterai handphone kamu sudah terisi penuh.

Tetapi walaupun diperbolehkan untuk mengisi daya dalam waktu semalaman, sebaiknya kamu mengisi daya baterai dipagi hari karena pagi hari adalah waktu yang baik untuk mengecharge baterai handphone. Kamu dapat mengisinya sebelum berangkat kerja atau pergi ke kampus.

10. Menurunkan kontras pada layar handphone

kontras hp

Image : Jalan Tikus

Jika kamu tetap ingin mengisi daya baterai handphone dalam keadaan menyala, sebaiknya konstras pada layar handphone kamu diturunkan. Karena kontras layar tersebut menjadi faktor utama yang akan membuat baterai handphonemu lebih cepat habis ketika digunakan.

Maka dari itu, supaya proses pengisian daya berjalan dengan baik dan lancar, kamu harus menurunkan kontras pada layar handphonemu ya.

Itulah 10 cara charge handphone yang benar agar baterai tetap awet dan bertahan lama. Jika ada saran yang lainnya, kamu dapat membagikannya dikolom komentar dibawah ya.

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend