2 Cara Memblokir Nomor HP Orang Lain yang Mengganggu dan Tidak Dikenal

Di era teknologi ini, kegiatan berkomunikasi menjadi semakin mudah saja. Bagaimana tidak, dengan adanya beragam pilihan media komunikasi, jarak seolah hanya tinggal kata yang semakin kecil maknanya. Namun meski terdapat beragam cara untuk berkomunikasi, melakukan panggilan via telepon genggam masih tetap akan selalu menjadi pilihan. Belum lagi berbagai kegiatan yang masih bergantung pada kesediaan nomor pada HP atau telepon masing-masing, membuat provider nomor HP tidak akan hilang dengan begitu cepat.

Dengan semakin vitalnya peran nomor HP, semakin terbuka pula berbagai potensi ancaman yang dilakukan oleh oknum-oknum tak bertanggung jawab dengan memanfaatkan nomor HP. Mulai dari telemarketing yang terkadang tidak tahu waktu, hingga potensi penipuan yang pastinya akan sangat membahayakan. Karena itulah kami ingin membagikan bagaimana cara memblokir nomor HP orang lain baik secara manual maupun dengan aplikasi pihak ketiga.

2 Cara Memblokir Nomor HP Orang Lain

Untuk cara memblokir nomor HP orang lain melalui cara manual bisa dipraktekkan oleh siapapun karena langkahnya-langkah sangat mudah. Sedangkan untuk cara kedua, yakni menggunakan aplikasi, cara-caranya juga mudah namun dengan fitur-fitur yang jauh lebih lengkap. Langsung saja, simak selengkapnya di bawah ini:

1. Memblokir Nomor HP Dengan Cara Manual

Pada langkah ini, anda dapat melakukan proses pemblokiran secara langsung dengan melakukan konfigurasi pada smartphone anda.

1. Pertama-tama buka smartphone anda, kemudian buka Contacts.

cara blokir nomor2. Pada halaman list atau daftar kontak, klik icon bergambar titik tiga berbentuk horizontal yang menandakan menu seperti pada gambar di bawah ini.

cara memblokir no hp orang lain

3. Pada jendela menu, silakan pilih dan klik Spam block.

klik Spam block

4. Kemudian anda akan diarahkan ke jendela Call/Messaging blocking. Silakan klik Call/Messages blocking service untuk mengaktifkan fitur pemblokiran terhadap satu atau lebih nomor HP agar tidak dapat menghubungi anda baik via telepon maupun perpesanan. Lanjutkan dengan klik List Management.

klik Call/Messages blocking

5. Selanjutnya anda akan dihadapkan pada jendela bernama List Management. Pada jendela ini, anda akan melihat dua tab bernama tab Blacklist dan tab Whitelist. Pada tab Blacklist, anda akan melihat daftar nomor-nomor HP yang tidak akan bisa menghubungi anda baik itu via telepon maupun pesan. Untuk menambahkan nomor yang ingin anda blokir, silakan klik icon tambah di bagian kanan bawah.

 klik icon tambah di bagian kanan bawah

6. Selanjutnya akan keluar kotak pop up. Pada kotak pop up tersebut terdapat dua pilihan yang dapat anda gunakan untuk memblokir. Pada pilihan Import from Contacts, anda akan dapat memblokir nomor HP yang sebelumnya telah anda simpan dan ada dalam daftar kontak anda. Sedangkan pilihan Add manually, anda dapat memblokir nomor HP yang sebelumnya belum pernah anda simpan dan belum ada di daftar kontak.

cara blokir nomor hp7. Berikut adalah contoh tampilan jika anda memilih Add manually. Isikan nomor HP dan nama yang bersangkutan, kemudian klik tanda centang untuk memblokir nomor HP tersebut.

memilih Add manually

8. Jika anda ingin memblokir nomor HP yang ada dalam daftar kontak, silakan klik Import form Contacts.

klik Import form Contacts

9. Kemudian anda akan diarahkan pada jendela yang berisikan daftar kontak HP anda. Silakan pilih salah satu nomor HP yang ingin diblokir.

pilih salah satu nomor HP yang ingin diblokir

10. Kemudian system akan secara otomatis membacanya dan memproses permintaan anda. Anda akan diarahkan ke jendela List management dengan satu notifikasi Completed: 1 Failed: 0 yang berarti proses pemblokiran nomor HP berhasil.

notifikasi Completed: 1 Failed: 0

2. Memblokir Nomor HP Dengan Aplikasi Call Blocker

Pada langkah ini, anda dapat melakukan proses pemblokiran dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bernama Call Blocker. Download dulu aplikasinya disini.

1. Pertama-tama silakan buka smartphone anda, kemudian buka bagian menu aplikasi. Pilih aplikasi Call Blocker.

aplikasi Call Blocker

2. Setelah aplikasi terbuka, anda akan dihadapkan pada tampilan seperti di bawah ini.

aplikasi terbuka

3. Kemudian, pindah ke tab Blocking dan klik pada Blocking untuk mengaktifkan pemblokiran seperti gambar di bawah ini.

pindah ke tab Blocking dan klik pada Blocking

4. Pindah ke tab Blacklist, Silakan klik icon tambah untuk melakukan pemblokiran.

Pindah ke tab Blacklist

5. Selanjutnya akan muncul kotak pop up. Kotak pop up ini berisi berbagai pilihan beragam cara atau metode pemblokiran. From call log dapat anda pilih jika anda ingin memblokir nomor yang ada dalam history telepon anda. Form contacts dapat anda pilih jika anda ingin memblokir nomor HP yang ada pada daftar kontak di HP anda, Input number jika anda ingin memblokir nomor HP yang anda ketahui dan hapal nomornya, kemudian Begins With dapat anda pilih jika anda ingin memblokir nomor HP yang memiliki nomor awal yang identik.

cara blokir nomor HP orang lain

6. Di sini kita akan memblokir salah satu nomor HP yang telah ada dalam kontak, maka kita pilih From contacts. Kemudian akan muncul jendela baru berisikan daftar kontak dalam HP anda. Pilih salah satu dengan mencentang pada kotak lalu klik icon centang di bagian kanan bawah layar.

pilih Form Contacts

7. Selanjutnya anda akan diarahkan pada jendela blacklist. Kontak yang anda pilih sebelumnya telah tercantum pada daftar blacklist.

blacklist

Demikianlah beberapa cara memblokir nomor HP baik dengan menggunakan cara manual maupun dengan bantuan aplikasi pihak ketiga. Kalau saya pribadi, cukup menggunakan cara pertama sudah lebih dari cukup namun jika anda ingin pengaturan yang lebih kompleks, cara kedua menjadi jawabannya. Semoga tips ini dapat menjadi manfaat bagi anda.

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend