2 Cara Memasukkan Quran di Microsoft Word dengan Mudah

Pasti Anda semua sudah sangat mengenal aplikasi untuk membuat sebuah dokumen berupa pengolah kata yaitu aplikasi Microsoft Word. Aplikas ini umumnya atau sering digunakan dengan menggunakan laptop maupun komputer yang dapat mengolah dokumen maupun kata yang kita perlukan.

Di dalam dokumen tersebut juga, umumnya memiliki isi berupa angka, kata maupun simbol yang bermacam-macam, tetapi pernah kah Anda memikirkan apakah ayat dari Al-Quran maupun tulisan berbahasa Arabnya dapat dituliskan kedalam aplikasi Microsoft Word tersebut ?

Apabila Anda mengira ayat Al Quran tersebut tidak bisa di tuliskan ke dalam Microsoft Word, maka anggapan kalian salah. Karena ayat Al-Quran juga dapat kita tuliskan ke dalam Microsoft Word.

Adapun beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk mengetikkan ayat Al-Quran tersebut ke dalam lembar kerja aplikasi Microsoft Word. Pada artikel ini akan dijelaskan dengan menggunakan Add-in dan juga website tafsirq.com.

Cara Memasukkan Ayat Al-Quran ke Word

Sekarang ini, masih banyak orang-orang yang belum mengetahui bagaimana cara untuk memasukkan ayat Al-Quran ke dalam Microsoft Word. Padahal cara tersebut sangat berguna dan juga sangat bermanfaat untuk orang yang memiliki profesi sebagai seorang guru Agama.

Nah, maka dari itu, pada artikel ini saya akan memberikan cara ataupun tutorial untuk memasukkan ayat Al-Quran ke dalam aplikasi Microsoft Word dengan cara yang sangat mudah. Cara dibawah ini juga dapat Anda gunakan apabila Anda inginmembuat buku yaasin maupun keperluan yang lainnya untuk Anda memasukkan ayat yang ada di Al-Quran ke dalam Microsoft Word dan kemudian Anda dapat mencetaknya.

Pada artikel ini saya akan memberikan Anda tata cara memasukkan ayat Al-Quran ke Microsoft Word menggunakan 2 cara, yaitu dengan menggunakan Add-in dan juga dengan mengakses website tafsirq.com.

1. Cara Memasukkan Ayat Al-Quran ke Word menggunakan Add-ins

Sebelum Anda menggunakan cara dibawah ini, Anda harus mendownload terlebih dahulu Add-in untuk ayat Al-quran di bawah ini.  Add-in ini dibuat oleh seseorang yang bernama Mohammad Taufiq, dan Add-ins ini juga dapat Anda gunakan di dalam Microsoft Word.

Link untuk mendownload Add-ins di bawah ini :

Add-Ins untuk 31 Bit
Add-Ins untuk 64 Bit

Apabila Anda sudah mendownload Add-Ins tersebut, maka Anda dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini :

1. Setelah Anda selesai mendownload Add-Ins diatas, Anda dapat masuk ke dalam folder dimana installer Add-ins tersebut berada. Dan klik kiri sebanyak dua kali pada installernya.

quran

2. Selanjutnya maka akan muncul kotak Setup Wizard, dan pada kotak tersebut Anda dapat klik tombol Next.

Cara Memasukkan Quran di Word

3. Setelah itu, Anda dapat klik tombol Install untuk siap menginstall Add-Ins tersebut.

quran

4. Apabila selesai di  Install, maka langkah selanjutnya Anda dapat klik Finish.

Cara Memasukkan Quran di Word untuk Pemula

5. Pada langkah ini, Anda dapat membuka lembar kerja Microsoft Word, dan kemudian Anda dapat mencari tools Add-Ins yang terletak di samping tool View.

quran

6. Setelah klik tools Add-Ins, maka Akan muncul Add-Ins Al-Quran. Anda dapat klik pada tombol Al-Quran dan memilih Get Arabic or Translation Al-Quran.

quran7. Kemudian, akan muncul kotak Select Surah and Ayat. Pada kotak tersbeut, yang wajib Anda isi yaitu Anda dapat mencentang pilihan Translation. Dan pada menu Surah, Anda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan Anda. Di menu Ayat juga begitu, Anda dapat memilih dari ayat ke berapa dan sampai ke berapa yang Anda butuhkan. Dan pada terjemahannya, Anda dapat mencentang Indonesian-BahasaIndonesia-68.TXT. Terakhir, anda dapat klik Ok.

quran

8. Inilah hasil ayat Al-Quran yang berhasil dimasukkan ke lembar kerja Microsoft Word menggunakan Add-Ins.

Cara Memasukkan Tulisan Quran di Word

 

2. Cara Memasukkan Ayat Al-Quran ke Word menggunakan tafsirq.com

Tafsirq.com merupakan salah satu dari Website agama Islam yang dapat kita akses secara gratis di Internet. Pada website tersebut, Anda dapat mencari ayat Al-Quran yang ingin Anda masukkan ke dalam Microsoft Word. Dibawah ini adalah beberapa langkah untuk memasukkan Ayat Al-Quran ke Word menggunakan tafsirq.com.

1. Langkah pertama yaitu Anda harus mencari website Tafsirq.com di mesin pencari Google. Dan klik Website tersebut.

Cara Memasukkan Ayat Al-Quran ke Word menggunakan Add-ins

2. Setelah itu pada Tafsir Al-Quran Onlime, Anda dapat mengetikkan ayat Al-Quran mana yang ingin Anda masukkan ke dalam Microsoft Word.

Cara Memasukkan Ayat Al-Quran ke Word menggunakan Add-ins

3. Jika sudah menentukan ayat apa yang ingin dimasukkan, Anda dapat klik tombol Cari.

Cara Memasukkan Arab / Quran di Word

4. Maka beberapa saat kemudian akan muncul hasil pencarian tentang ayat yang Anda cari tersebut. Lalu Anda dapat klik judul ayat tersebut.

Quran

5. Jika sudah, maka Anda dapat copy ayat tersebut.

Quran

6. Kemudian, Anda dapat membuka lembar kerja Microsoft Word, dan Anda dapat melakukan Paste pada lembar kerja Microsoft tersebut. Dan berikut adalah hasil dari Ayat Al-Quran yang sudah Anda copy sebelumnya.

Quran

Demikianlah cara memasukkan ayat Al-Quran ke dalam Microsoft Word. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Send this to a friend