10+ Aplikasi Pengolah Kata yang Bisa Digunakan di Windows

Dahulu, untuk membuat suatu dokumen harus dilakukan secara manual yaitu menggunakan alat yang dinamakan mesin ketik. Memang dokumen yang dihasilkan dengan tulisan yang rapi dan resmi, namun ada banyak kekurangan didalamnya. Salah satu kekurangannya adalah tulisan yang sudah diketik tidak dapat diperbarui. Dalam artian, alat ini tidak bisa digunakan untuk melakukan penyuntingan atau pemformatan dalam dokumen.

Dari permasalahan itulah, banyak aplikasi yang dikembangkan untuk membantu manusia dalam menyelesaikan tugasnya. Apalagi, sekarang ini hampir seluruh bidang kehidupan manusia membutuhkan aplikasi pengolah kata untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Mulai dari kegiatan penyusunan suatu dokumen, melakukan pemformatan ataupun penyuntingan. Beberapa hasil dari aplikasi pengolah kata dapat dilihat dalam bentuk surat lamaran pekerjaan, proposal, naskah pidato, laporan dan sebagainya.

10 Aplikasi Pengolah Kata

Nah, pada kesempatan kali ini aya coba menjelaskan 10 macam aplikasi pengolah kata yang bisa digunakan oleh pengguna Windows. Apa sajakah itu ? Simak beberapa aplikasi pengolah kata berikut ini.

1. Microsoft Officeaplikasi pengolah kata microsoft office

Microsoft office merupakan suatu paket aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan yang bernama Microsoft untuk dapat djalankan pada sistem operasi Windows dan Mac OS. Beberapa paket aplikasi yang ada didalamnya seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft PowerPoint, Microsoft Access, Microsoft Outlook, Microsoft OneNote, Microsoft Publisher dan Microsoft Lync. Diantara semua paket aplikasi itu, aplikasi yang berperan sebagai pengolah kata adalah Microsoft Word.

Pada November 1990 menjadi masa bersejarah dimana perusahaan Microsoft merilis paket tiga aplikasi secara resmi untuk dapat digunakan pada Microsoft Windows 3.0. Adapun tiga aplikasi tersebut yaitu Microsoft word 1.0, Microsoft excel 2.0 dan Microsoft power point 2.0. Seiring dengan perkembangan Microsoft Windows, Microsoft office menjadi aplikasi yang digandrungi oleh pengguna komputer, khususnya di Indonesia.

Hal itu dibuktikan dengan munculnya beberapa versi dari Microsoft Office yang digunakan hingga saat ini. Mulai dari Microsoft Office 2000, Microsoft Office XP (2002), Microsoft Office 2003, Microsoft Office 2007, Microsoft Office 2010, Microsoft Office 2013 hingga yang terakhir Microsoft Office 2016.

2. LibreOfficesoftware LibreOffice

LibreOffice merupakan paket aplikasi perkantoran yang dikembangkan oleh The Document Foundation (TDF) untuk dapat berjalan pada sistem operasi Windows , Macintosh dan Linux. Sebutan LibreOffice berasal dari gabungan kata “Libre” yang diambil dari bahasa Spanyol dan Inggris dengan arti bebas.

Sedangkan “Office” dalam bahasa Inggris yang berarti kantor. Hal itu sesuai dengan asal LibreOffice yang merupakan turunan dari OpenOffice pada 2010, dimana OpenOffice menjadi versi terbuka dari StarOffice. Aplikasi ini termasuk kedalam open source software yang bisa diunduh, digunakan dan didistribusikan secara gratis.

Format yang digunakan LibreOffice berasal dari format berkas OpenDocument (ODF) yang sesuai dengan standar ISO/IEC Internasional sebagai format aslinya agar dapat menyimpan dokumen disetiap aplikasinya.

Aplikasi LibreOffice dapat digunakan bersamaan atau compatible dengan aplikasi perkantoran lain, seperti Microsoft Office. Dengan demikian, Anda bisa melakukan penyuntingan dokumen yang dibuat menggunakan Microsoft Office kedalam LibreOffice melalui filter impor/ekspor. Writer merupakan bagian dari LibreOffice yang digunakan sebagai pengolah kata.

3. WPS Officeaplikasi pengolah kata WPS Office

WPS Office atau sebelumnya dikenal dengan nama Kingsoft Office adalah aplikasi perkantoran yang dikembangkan oleh pengembang yang berpusat di Zhuhai dengan tiga komponen utama, Writer, Presentation dan Spreadsheet. Aplikasi ini dapat berjalan pada platform Microsoft Windows, Linux, iOS dan yang terbaru Android.

Dilihat sekilas, tampilan WPS Office mirip dengan Microsoft Office, tetapi rancangannya yang dibuat sederhana mungkin agar mudah dioperasikan. Writer pada WPS Office merupakan aplikasi pengolah kata yang cara penggunaannya sama seperti Word, sehingga tidak perlu waktu lama untuk mempelajarinya. Biasanya, aplikasi ini dapat digunakan secara gratis. Namun ada juga WPS versi berbayar dengan berbagai kecanggihan didalamnya.

4. Apache OpenOfficesoftware Apache OpenOffice

Apache OpenOffice merupakan aplikasi perkantoran bersifat open source yang dikembangkan oleh Apache Software Foundation. Awalnya, Apache OpenOffice dikenal dengan nama OpenOffice.org yang menjadi standar bawaan beberapa distro Linux. Kini Apache OpenOffice bukan hanya disediakan untuk platform Linux, namun juga tersedia untuk Microsoft Windows dan OS X.

Adapun paket program yang terdapat dalam Apache OpenOffice antara lain Writer sebagai pengolah kata, Calc seperti Microsoft Excel untuk olah spreadsheetImpress untuk mengelola presentasi, Draw yang digunakan untuk pengolahan grafis vectorn dan diagram, Math untuk edit formula matematika, dan Base yang berguna untuk mengelola database seperti Microsoft Access.

5. ONLYOFFICEsoftware ONLYOFFICE

ONLYOFFICE merupakan suatu aplikasi perkantoran yang dikembangkan oleh Ascensio System SIA, sebuah perusahaan IT yang berpusat di Latvia. Aplikasi ini memiliki paket program yang lengkap, mulai dari manajemen dokumen (Document, Spreadsheet dan Presentation), manajemen Project, CRM, email hingga Community.

Saat ini, aplikasi ONLYOFFICE mendukung multiplatform yakni Windows, Linux & MacOS yang dilengkapi dengan kemampuan pengeditan offline secara online dan gratis. Selain itu, aplikasi ini kompatibel dengan Microsoft Office dan Open Document Format dengan berbagai format, seperti DOC, DOCX, ODT, RTF, TXT, PDF, HTML, EPUB, XPS, DjVu, XLS, XLSX, ODS, CSV, PPT, PPTX, ODP, FODS, FODT, FODP.

6. SoftMaker FreeOfficeaplikasi pengolah kata SoftMaker FreeOffice

SoftMaker FreeOffice merupaka aplikasi perkantoran yang dikembangkan  sejak 1987 oleh perusahaan Softmaker Software GmbH yang berpusat di Jerman. Beberapa paltform sistem operasi yang bisa menggunakan aplikasi ini adalah Microsoft Windows, mac, Linux dan Android.

Anda dapat menggunakan aplikasi ini secara gratis dan berbayar jika menginginkan ftur yang lebih lengkapnya. Selain itu, aplikasi ini menyediakan versi profesional atau bisnis  yang menawarkan layanan email client.

Untuk aplikasi yang memiliki fungsi yang sama seperti Microsoft Word adalah FreeOffice TextMaker. Aplikasi yang memiliki fungsi yang sama seperti PowerPoint disebut FreeOffice Presentation, sedangkan FreeOffice PlanMaker memiliki fungi yang sama seperti Excel.

7. OfficeSuitesoftware OfficeSuite

OfficeSuite merupakan aplikasi perkantoran yang dikembangkan oleh MobiSystems. Aplikasi ini tersedia dlaam versi Windows, iOS dan Android. Aplikasi ini memmiliki beberapa komponen didalamnya, seperti Dokumen OfficeSuite yang digunakan sebagai editor teks, OfficeSuite Mail yang digunakan untuk email dengan kalender, OfficeSuite Sheets yang sama seperti Microsoft Excel, OfficeSuite PDF sebagai editor PDF dan OfficeSuite Slides sebagai program presentasi.

OfficeSuite menjamin kompatibilitas dengan Microsoft Office dalam format (DOC, DOCX, DOCM, XLS, XLSX, XLSM, PPT, PPTX, PPS, PPSX, PPTM, PPSM), OpenDocument (ODT, ODS, ODP), dan format lain seperti RTFCSV, and ZIP.

8. Polaris OfficeAplikasi Pengolah Kata Polaris Office

Polaris Office merupakan aplikasi perkantoran gratis yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan bernama Infraware, INC. Aplikasi ini bisa digunakan pada platform  Windows, iOS, macOS dan Android. Tampilan pada aplikasi ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan Microsoft Office.

Anda bisa membaca, mengedit, dan menyimpan semua jenis dokumen menggunakan aplikasi ini pada lingkungan Windows. Selain itu, Polaris Office memiliki kompatibilitas penuh dengan dokumen, spreadsheet, slide dan file PDF.

9. Joefficesoftware Joeffice

Joeffice merupakan aplikasi perkantoran berbasis Java yang bersifat open source. Aplikasi ini dapat berjalan pada platform Windows, macOS, dan Linux. Bagi pengguna yang belum terbiasa dengan user interface yang diberikan mungkin agak sulit menggunakannya. Sebab, aplikasi ini kelihatan seperti kita melakukan coding untuk menjalankan fungsinya sebagai teks editor.

Walaupun demikian, aplikasi ini sama seperti aplikasi pengolah kata diatas karena dilengkapi dengan komponen pengolah kata, program presentasi, dan manajemen database.

10. Ashampoo OfficeAplikasi Pengolah Kata Ashampoo Office

Ashampoo Office merupakan aplikasi perkantoran yang bisa menjadi alternatif Microsoft Office yang mungkin membutuhkan biaya yang cukup besar untuk menggunakannya. Ada tiga komponen utama dalam Ashampoo yaitu TextMaker (pengolah kata), PlanMaker (pengolah angka), dan juga Presentations Maker(pengolah presentasi). Selain itu, aplikasi ini kompatibel dengan Microsoft Office sehingga Anda bisa menggunakan hasil file Ashampoo mengunakan aplikasi Microsoft Office.

Itulah beberpaa jenis aplikasi pengolah kata yang bisa Anda gunakan di Windows. Pilihlah aplikasi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan lupa untuk mempelajari seluruh fungsi yang ada didalamnya agar Anda dapat menggunakan aplikas secara optimal. Terima kasih atas kunjungannya.

Leave a Reply

Send this to a friend