Download LibreOffice 6.3.2

Download LibreOffice Terbaru Developer: The Document Foundation
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 270MB


Software pengolah dokumen perkantoran dapat kita artikan dengan software yang berfungsi untuk mengolah file untuk keperluan data-data kantor. Dalam keseharian kita sudah sering menggunakan Microsoft Office. Namun karena Microsoft Office program berbayar, untuk menggunakannya kita harus memiliki lisensi / serial number. Berbeda kasusnya bila kita menggunakan software open-source seperti LibreOffice, ia gratis diunduh dan bebas digunakan tanpa lisensi.

LibreOffice merupakan sebuah software open-source yang fungsinya sama dengan Microsoft Office. LibreOffice adalah software open-source hasil pengembangan generasi sebelumnya yaitu OpenOffice yang tadinya dikembangkan oleh Sun Microsystems / ORACLE. Sekarang Libreoffice dikembangkan oleh TDF (The Document Foundation).

LibreOffice Writer yang merupakan salah satu software dalam paket LibreOffice yang dapat menyimpan file berkas teks dengan format file ODF (OpenDocument). Secara keseluruhan, fitur-fitur pada LibreOffice tidak jauh berbeda dengan Microsoft Office. Siapa saja yang sudah familiar dengan Microsoft Office akan mudah mempelajari cara kerja program Libreoffice ini.

Kegunaan LibreOffice

Download LibreOffice Terbaru

Kegunaan utama LibreOffice adalah sebagai software pengolah dokumen perkantoran. Dengan LibreOffice kita dapat membuat file dokumen baru, atau pun mengedit dokumen yang sudah ada.

Libre Office merupakan sebuah paket yang terdiri dari beberapa software yaitu Writer, Calc, Impress, Draw, Math, dan Base. Implementasinya tidak jauh berbeda dengan software-software pengolah dokumen perkantoran generasi pendahulunya seperti Microsoft Office Word dan WordPerfect.

Hanya saja letak-letak toolsnya yang sedikit berbeda. Berikut ini deskripsi singkat mengenai software-software pengolah dokumen yang terdapat dalam paket LibreOffice.

  1. Writer, merupakan software pengolah kata. Dengan Writer kita dapat membuat file dokumen teks dengan dukungan format file dari Microsoft Office Word.
  2. Calc, software pengolah tabel, lembar kerjanya hampir sama dengan lembar kerja Microsoft Office Excel. Calc memiliki fitur unik dimana ia dapat mendefinisikan beberapa elemen grafis sesuai informasi yang diberikan user.
  3. Impress, merupakan software untuk membuat presentasi. Cara kerjanya hampir sama dengan Microsoft Office PowerPoint. Dengan Impress user dapat mengekspor presentasi sebagai file SWF (Shockwave Flash) yang dapat dibuka dengan komputer yang terinstal Adobe Flash.
  4. Draw, merupakan software pengolah gambar vektor yang serupa dengan Microsoft Visio. Draw menyediakan tool konektor antar shape dalam berbagai style garis yang memungkinkan untuk pembuatan diagram alir. Draw juga memiliki fitur yang mirip pada software layout / publishing seperti yang ada pada Scribus dan Microsoft Publisher.
  5. Math, didesain untuk membuat dan mengedit formula matematika. Formula yang dibuat di dalam software ini juga dapat disertakan ke dalam dokumen dalam software lain dalam paket LibreOffice.
  6. Base, merupakan software database RDBMS (Relational Database Management System) yang hampir sama dengan Microsoft Access. Base bisa dipakai sebagai database kecil yang tertanam / embedded dan tersimpan di dalam file dokumen dengan menggunakan HSQLDB berbasis Java sebagai media simpannya.

Download LibreOffice Terbaru

Secara keseluruhan LibreOffice sudah memenuhi kriteria sebagai paket software perkantoran dengan segala fitur-fiturnya yang tentu saja ada kekurangan dan kelebihannya sendiri jika dibandingkan dengan paket software perkantoran yang lebih populer.

Kelebihan pada LibreOffice yang tidak dimiliki Microsoft Office adalah software ini berbasis open-source dan tersedia juga dalam versi portable. Download LibreOffice terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

[Windows 32 Bit]

[Windows 64 Bit]
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5,00 out of 5)
Loading...

Leave a Reply

Send this to a friend