2 Cara Download Jurnal Gratis Secara Online, Sangat Mudah!

Ketika sedang menjalani studi baik dalam tingkat menengah atau bahkan hingga universitas, penelitian akan menjadi hal yang tidak asing. Hal ini dikarenakan penelitian menjadi salah satu tri satya dalam perguruan tinggi. Penelitian menjadi salah satu bidang yang dilakukan dalam perguruan tinggi.

Tidak heran jika dalam penelitian banyak dijumpai berbagai jurnal dan referensi yang dibutuhkan untuk mendukung penelitian tersebut. sehingga dengan adanya jurnal-jurnal yang diterbitkan peneliti lain dapat meningkatkan nilai penelitian yang sedang dilakukan, karena kaya akan wawasan dan pengetahuan yang lebih kompleks.

Jurnal penelitian terdiri dari berbagai versi, baik yang berbayar ataupun yang gratis sehingga dapat diakses siapapun. Jurnal penelitian ini dapat membantu anda dalam mengerjakan dan mendapatkan wawasan baru terkait topik yang anda cari.

Cara Download Jurnal Gratis untuk Pemula

Untuk memudahkan anda dalam melakukan pencarian jurnal penelitian, berikut merupakan langkah-langkah atau cara mendownload jurnal gratis untuk mendukung penelitian anda:

Cara 1: Dengan Memanfaatkan Open Access di Science Direct

Science Direct merupakan salah satu publisher jurnal dan paper penelitian pada tingkat internasional. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mendapatkan akses jurnal internasional dengan biaya yang gratis atau tidak berbayar adalah dengan memanfaatkan jurnal open access yang dimiliki oleh Science Direct. Berikut merupakan langkah detil yang dapat anda lakukan untuk mendapatkan jurnal referensi:

1. Pastikan perangkat anda terkoneksi dengan internet. Anda dapat menggunakan perangkat apapun, baik itu komputer, laptop, smartphone atau bahkan tablet.

2. Akses situs science direct pada sciencedirect.com

Cara Download Jurnal Gratis Lewat Situs Sciencedirect

3. Anda akan menemui kolom-kolom yang bisa anda gunakan untuk mencari jurnal, dengan memasukkan keyword sesuai pada tempatnya

4. Anda tidak harus mengisikan keyword pada semua kolom pencarian, anda dapat memasukkan pada kolom yang diperlukan saja, sesuai dengan kebutuhan anda

5. Ketika keyword sudah dimasukkan, klik tombol search atau tekan enter

Isi keyword sciencedirect

6. Kemudian akan muncul jurnal atau paper penelitian yang relevan dengan keyword yang anda cari

7. Pilih jurnal atau paper yang dibutuhkan

Pilih jurnal sciencedirect

8. Cek pada bagian Kiri atas jurnal, jika terdapat keterangan download full text in pdf atau Download PDF, maka jurnal/paper tersebut dapat anda download secara gratis

Cek Open access

9. Untuk mendownload, anda hanya perlu mengklik keterangan download full text in pdf atau Download PDF tersebut, dan akan menuju ke halaman preview pdf dan anda dapat mendownloadnya

download jurnal gratis

Cara 2: Dengan menggunakan Library Genesis: Scientific Articles

Selain memanfaatkan jurnal penelitian open access atau gratis, anda juga dapat mendownload jurnal-jurnal lainnya. Media yang digunakan adalah dengan menggunakan Library Genesis yang berfokus pada artikel sains. Berikut merupakan langkah-langkahnya:

1. Pastikan perangkat sudah terkoneksi dengan internet

2. Akses situs library genesis pada ge.lib.rus.ec/scimag/

3. Ketika situs berhasil diakses, maka anda akan melihat tampilan halaman utama dari library genesisCara Download Jurnal Gratis dengan Mudah

4. Terdapat satu kolom yang dapat digunakan untuk memasukkan keyword jurnal

5. Masukkan keyword jurnal yang dicari pada kolom tersebut, dan klik tombol search

6. Selanjutnya akan muncul berbagai jurnal yang relevan dengan keyword yang anda masukkan

Jurnal lib.gen relevan

7. Pilih jurnal yang anda inginkan

8. Kemudian, akan muncul halaman yang berisikan informasi terkait jurnal yang dipilih

Pilih source download libgen

9. Anda dapat mendownload melalui beberapa alternatif situs download yang disediakan

download jurnal libgen

Dengan adanya informasi mengenai panduan cara download jurnal gratis dapat membantu anda dengan mudah menemukan jurnal referensi yang anda butuhkan.

Anda dapat memperoleh berbagai jurnal sesuai dengan kebutuhan anda dan berbagai kategori jurnal yang anda butuhkan. Dengan membaca berbagai macam jurnal, anda dapat memperoleh sudut pandang, wawasan serta pengetahuan yang baru mengenai topik yang anda cari. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Send this to a friend