2 Cara Backup Chat BBM dengan Sangat Mudah dan Tidak Ribet, Sudah Pernah Mencobanya?

Backup chat biasanya dibutuhkan untuk mencegah terhapusnya obrolan. Entah itu berupa interaksi teks, audio, foto, ataupun video, yang nantinya Anda butuhkan sewaktu-waktu. Istilah backup juga dapat diartikan sebagai pencadangan file, sehingga file dapat dikembalikan jika tanpa sengaja menghapusnya. Beberapa aplikasi chat pun menyediakan fitur untuk mengatur backup chat pengguna. Salah satunya aplikasi BBM.

BBM adalah kepanjangan dari Blackberry Messenger, sebuah aplikasi chat antar platform. Aplikasi ini bisa menggantikan fungsi SMS dalam berkirim pesan. Bedanya, BBM memerlukan paket data atau sambungan WiFi untuk dapat berinteraksi dengan pengguna lainnya sehingga tidak dikenakan tarif SMS untuk setiap pesan yang dikirimkan. Dalam mem-backup chat, aplikasi inipun mendukung penyimpanan data obrolan yang kita lakukan.

2 Cara Backup Chat BBM dengan Mudah

Berhubung melakukan backup chat BBM Anda sangatlah penting, maka tidak ada alasan untuk tidak membackup chat-chat penting Anda agar tidak mudah hilang dan terhapus. Berikut ini langkah-langkah cara backup chat BBM dengan mudah:

#1 Membackup Semua Chat

1. Buka aplikasi BBM pada smartphone Anda. Pergi ke halaman profil dengan menekan Me pada sudut kanan bawah, dan pilih Chats untuk beralih ke pengaturan obrolan.

cara backup chat bbm

2. Selanjutnya, beri checklist pada bagian Automtically Save Your Chat History. Hal ini bertujuan untuk mencadangkan (backup) histori chat Anda secara otomatis. Chat akan dicadangkan setiap 24 jam. 

cara backup chat bbm di HP android

3. Setelah di-checklist, konfirmasi permintaan backup chat Anda dengan menekan pilihan CONTINUE untuk melanjutkan. Sebelumnya, Anda bisa membaca keterangan yang ada pada pop-up perintah tersebut. Disitu dikatakan bahwa chat Anda akan tetap tersimpan walaupun Anda menghapusnya dengan perintah End chat. Jika sewaktu-waktu Anda chat dengan orang yang sama, maka otomatis chat sebelumnya akan hadir kembali.

pilihan CONTINUE untuk melanjutkan

4. Chat Anda telah berhasil dicadangkan secara otomatis. Jika sebelumnya Anda telah mengikuti langkah-langah diatas untuk mencadangkan chat, maka selanjutnya Anda bisa melakukan backup secara manual sewaktu-waktu Anda ingin mencadangkan chat Anda. Tekan pilihan Save Chat History Now untuk menyimpan chat yang telah diterima sampai waktu Anda menekannya.

cara backup chat bbm ke email secara otomatis

#2 Membackup Chat Tertentu

Langkah-langkah di atas adalah cara mem-backup semua chat yang ada pada ruang obrolan Anda. Untuk mem-backup chat tertentu (salah satu chat), saya juga menyiapkan langkah-langkah di bawah ini.

1. Buka aplikasi BBM Anda. Pada halaman Chats, pilih obrolan mana yang akan Anda backup sehingga Anda akan berada pada ruang obrolan Anda bersama kontak yang Anda pilih tersebut.

pilih obrolan mana yang akan Anda backup

2. Setelah itu, tekan pada tanda titik tiga vertikal yang berada pada sudut kanan atas layar sehingga akan muncul beberapa pilihan. Pilih dan tekan Email Chat. Perintah ini berfungsi untuk mengirimkan riwayat obrolan ke media sosial yang Anda inginkan.

tekan pada tanda titik tiga vertikal 

3. Selanjutnya Anda akan ditawarkan berbagai pilihan untuk mem-backup chat Anda melalui media sosial, seperti Whatsapp, Google Drive, LINE, Telegram, dan lain-lain. Cara ini juga memungkinkan Anda untuk berbagi atau mengirimkan riwayat chat Anda kepada orang lain dengan mudah.

cara backup chat bbm yang terhapus

4. Chat Anda berhasil dicadangkan (ke aplikasi yang Anda pilih).

Mem-backup chat akan sangat memungkinkan Anda untuk terhindar dari kehilangan data. Dengan membackup, kita tidak perlu khawatir dengan terhapusnya chat pada aplikasi. Kita dapat memperbanyak alternatif untuk memperoleh chat secara mudah tanpa melalui aplikasi yang bersangkutan. Anda bisa membaca atau melihat chat di platform lain tanpa perlu mengakses aplikasi BBM lagi.

Langkah-langkah cara backup chat bbm di atas dapat Anda terapkan agar file Anda tetap terjaga. Jika ada yang ingin ditanyakan seputar ini, silahkan isi kolom komentar di bawah, ya. Terima kasih 🙂

 

Ada pertanyaan atau komentar?

Send this to a friend