Inilah Cara Backup Whatsapp di HP Android dengan Mudah dan Cepat, Sudah Tahu?

Whatsapp merupakan aplikasi chat sangat familiar digunakan oleh pengguna smartphone di seluruh dunia. Aplikasi pesan lintas platform ini memungkinkan penggunanya untuk bertukar pesan dengan bermodalkan internet. Dengan begitu, tentunya Whatsapp terbebas dari biaya pulsa tidak seperti halnya mengirim SMS.

Selain berupa teks, adapun pesan yang dapat kita kirimkan melalui Whatsapp bermacam-macam seperti foto, video, emoji, dan rekaman suara. Terdapat pula fitur panggilan suara dan panggilan video. Tentu saja semua itu bisa kita nikmati dengan adanya koneksi internet pada smartphone kita.

Semakin banyaknya pengguna Whatsapp menunjukkan aplikasi ini dapat dikatakan penting dan dibutuhkan. Kebutuhan akan Whatsapp pun diiringi dengan kepentingan pengguna terhadap data terkait obrolan yang dilakukan pada aplikasi chat ini. Beberapa orang bahkan memiliki data penting yang tersimpan pada ruang obrolannya. Lalu, bagaimana jika data tersebut (terkait teks, foto, video) terhapus atau hilang? Dapatkan Whatsapp mem-backup data yang ada?

Cara Backup Whatsapp dengan Mudah

Cara backup whatsapp dapat dilakukan dengan sangat mudah. Berikut ini akan dijelaskan langkah-langkah melakukan backup chat pada Whatsapp.

1. Buka aplikasi Whatsapp pada smartphone Anda. Tekan titik tiga vertikal yang ada di sudut kanan atas layar.

cara backup whatsapp

2. Pada bagian ini, pilih Settings untuk pergi ke halaman pengaturan Whatsapp.

Settings

3. Kemudian, tekan pada bagian Chats untuk pengaturan terkait obrolan Anda.

chats

4. Pada halaman ini terdapat beberapa pengaturan terkait chat Anda. Untuk meakukan backup, pilih Chat backup.

cara backup whatsapp

5. Pilih BACK UP untuk memulai melakukan backup. Jika Anda juga ingin mem-backup video yang ada pada chat, lakukan checklist pada bagian Include videos.

Pilih BACK UP untuk memulai melakukan backup

6. Selanjutnya, Anda dapat melakukan pengaturan lain terkait penyimpanan hasil backup. Adapun backup chat Anda akan tersimpan pada drive akun Google yang Anda pilih. Pemilihan akun ini dapat Anda lakukan dengan menekan pada bagian Account.

Untuk jadwal backup, terdapat beberapa waktu pilihan. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda dapat mengatur ini dengan menekan pada bagian Back up to Google Drive. Setelah itu akan muncul tampilan seperti di bawah ini dimana terdapat beberapa pilihan.

Untuk pilihan Never berarti sebagai tidak melakukan pem-backup-an sama sekali, Only when I tap “Back up” berarti backup dilakukan hanya pada saat Anda menekan tombol BACK UP (saat Anda ingin mem-back-up saja, tidak otomatis), sedangkan DailyWeekly, dan Monthly yang berarti backup secara otomatis dilakukan hitungan perhari, perminggu, dan perbulan.

7. Kemudian, untuk menyimpan hasil backup tersebut, Anda dapat mengatur pada Back up over untuk memilih layanan jaringan yang ingin Anda gunakan. Pilihan WiFi untuk mem-backup hanya saat tersedia WiFi, atau dengan WiFi or cellular untuk mem-backup pada saat terkoneksi WiFi atau paket data dari SIM card Anda.

Anda dapat mengatur pada Back up over

8. Jika pengaturan telah sesuai dengan keinginan Anda, backup dapat Anda mulai dengan menekan tombol BACK UP seperti sebelumnya. Proses backup dapat Anda lihat seperti gambar di bawah ini.

proses backup

Penutup

Backup merupakan salah satu cara untuk mencegah kehilangan data atau file. Sangat dianjurkan bagi Anda untuk melakukan pengaturan backup jika Anda sering berinteraksi melalui aplikasi Whatsapp. Dengan adanya backup, Anda tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu melakukan ketidaksengajaan dalam menghapus chat yang penting.

Dengan mem-backup chat, Anda pun dapat dengan mudah mengakses chat Anda melalui perangkat lain hanya dengan masuk ke drive akun Google Anda. Jika ada yang ingin ditanyakan seputar tutorial cara backup whatsapp diatas, silahkan tulis di kolom komentar di bawah, ya. Terima kasih 🙂

Ada pertanyaan atau komentar?

Send this to a friend