Pengertian Driver Beserta Fungsi dan Contoh Software yang Digunakan untuk Instalasi Driver

Teknologi komputer pada hakikatnya terdiri dari berbagai macam aspek seperti hardware, software dan user atau pengguna. Namun perlu diketahui juga bahwa terdapat salah satu bagian penting dari suatu komputer yakni adanya driver. Meskipun tidak tergolong dalam perangkat wajib namun adakalanya kinerja komputer juga dapat terganggu kita komponen ini tidak dilengkapi.

Hal – hal yang perlu anda perhatikan sebelum belajar mengenai driver adalah memahami terlebih dahulu mengenai software (perangkat lunak), hardware (perangkat keras) dan sistem operasi (OS). Ketiga hal itu memang tidak akan pernah lepas dari keberadaan suatu driver yang terinstall pada setiap komputer atau laptop yang ada hingga saat ini.

Dalam artikel kali ini penulis akan mengulas lebih jelas mengenai pengertian atau definisi driver beserta fungsi – fungsinya. Terdapat juga beberapa software – software pendukung instalasi driver karena pada hakikatnya sebuah driver merupakan software juga. Dengan membaca ulasan ini kami mengharapkan selain mampu memanfaatkan driver, anda juga mengerti fungsi dan cara kerja dari driver itu mengingat semua komputer yang ada memang harus terinstall driver terlebih dahulu. Langsung saja penjelasan lengkap mengenai pengertian driver bisa anda simak dibawah ini :

Pengertian Driver

pengertian driver

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa pada hakikatnya driver merupakan suatu software atau perangkat lunak namun memiliki fungsi yang sedikit berbeda. Keberadaan driver dalam suatu perangkat komputer adalah sebagai komponen penunjang yang bersifat khusus. Dikatakan khusus karena dengan adanya driver maka terjadi interaksi antara suatu komputer dengan hardware – hardware seperti Wi-Fi, LAN, Printer, Mouse, Keyboard atau bahkan dengan sistem – sistemnya seperti BIOS atau VGA.

Hal ini dilakukan karena pada dasarnya meskipun komputer memiliki kecerdasan dan aturan yang terstruktur namun tetap harus disertai suatu panduan agar kinerjanya dapat berjalan lebih optimal. Salah satu contoh penerapan driver adalah ketika mengoptimalkan kinerja VGA atau Video Graphics. Sebelum terinstall driver VGA biasanya komputer akan lebih boros karena setting VGA-nya kurang optimal, namun setelah terinstall maka pencahayaan pada layar anda akan lebih redup atau terkontrol sehingga laptop atau PC anda tidak terlalu boros.

Mengingat driver berinteraksi antara hardware, software dan sistem operasi maka pada setiap spesifikasi komputer dan OS yang terpasang tentu memerlukan jenis driver yang berbeda – beda. Biasanya anda dapat mendownload driver pada website resmi merk komputer anda seperti ASUS, Lenovo, HP, Dell dan lain – lain. Hal ini sudah menjadi kebijakan dari penyedia komputer sebagai support atau komponen pendukung sehingga dapat di download secara gratis.

Fungsi Driver

fungsi driver

Meskipun bersifat sebagai software namun suatu driver memiliki fungsi khusus tersendiri yang berkaitan dengan hardware ataupun OS komputer anda. Fungsi driver adalah sebagai panduan atau pengendali agar komputer anda dapat mengenali serta menjalankan hardware yang sudah terpasang sebelumnya. Kinerja driver dalam suatu komputer diibaratkan sebagai sebuah buku panduan untuk masing – masing jenisnya, apabila driver LAN berarti seperti buku panduan untuk menjalankan fungsi LAN secara optimal, jika yang diinstal adalah driver VGA berarti seperti buku panduan untuk mensetting VGA secara optimal agar komputer tidak terlalu boros.

Bahkan seringkali ditemukan suatu perangkat tidak dapat dijalankan seperti Wi-Fi, Bluetooth dan lain – lain. Hal ini bisa jadi diakibatkan driver yang belum terinstall atau belum diupdate. Kegiatan install ulang OS juga biasanya disertai dengan install driver agar lebih memudahkan konsumennya. Dengan melihat realitas ini maka dapat dipastikan fungsi driver memang sangat penting terutama dalam pengoperasian perangkat – perangkat komputer anda.

Software Untuk Instalasi Driver

software untuk install driver

DriverPack Solution, salah satu software paling populer untuk instalasi driver

Untuk melakukan instalasi driver pada komputer anda dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan mengunduh satu – persatu melalui website sesuai dengan spesifikasi dan sistem operasi yang dijalankan serta secara otomatis. Proses instalasi driver secara otomatis biasanya menggunakan software khusus untuk mengakses berbagai macam driver sesuai spesifikasi yang anda inginkan. Banyak pengguna yang menyukai proses otomatis ini karena dinilai lebih simple dan efisien.

Disini kami juga menjelaskan beberapa software khusus untuk instalasi driver. Anda dapat memilih salah satu sesuai keinginan dan kebutuhan anda. Contoh software untuk instalasi driver secara otomatis adalah sebagai berikut :

1. DriverPack Solution

Yang pertama adalah suatu software bernama Driver Pack Solution. Sesuai namanya software buatan Artur Kuzyakov beserta timnya ini menjadi solusi terbaik untuk anda yang menginginkan adanya software driver pack terbaik.

Setelah terpasang software ini akan langsung menganalisa komputer anda dan langsung memberi opsi driver terbaik sesuai kebutuhan. Dengan adanya database driver yang unik serta kemampuan Machine Learning yang mampu menginstall driver secara otomatis, tentunya menjadi alasan yang kuat untuk memilih software Driver Pack Solution ini.

2. Driver Booster

Software berikutnya selain mampu mengupdate driver juga dapat lebih meningkatkan performa hardware pada komputer anda. Nama software ini adalah Driver Booster dan menjadi solusi terbaik bagi anda khususnya pecinta game karena performa spesialnya. Dengan Driver Booster ini anda dapat melakukan Tweaking untuk keperluan game anda, selain itu kemampuan updater-nya juga cukup aman karena secara otomatis menginstall driver terbaru dan uninstall driver lama.

3. DriverMax

Software driver pack yang satu ini memang tergolong sederhana namun mampu memberikan performa maksimal dengan selalu mengupgrade driver – driver yang ada pada komputer anda. Dengan menggunakan DriverMax anda tidak perlu repot – repot mencari driver satu persatu karena hal itu sudah menjadi bagian tugasnya untuk kemudian diinstall.

4. Driver Easy

Sesuai dengan namanya, Driver Easy ini mampu memberikan kemudahan bagi anda untuk mengelola serta mengupdate driver – driver yang ada di komputer. Dengan kemampuan Scan and Update layaknya antivirus namun pada Driver Easy ini Scan dilakukan untuk menampilkan driver – driver yang perlu update.

Itulah pengertian driver beserta fungsi dan contoh software yang bisa anda gunakan untuk menginstall driver pada komputer / laptop anda. Dengan adanya driver, komponen atau perangkat keras pada komputer dapat berjalan sebagaimana mestinya. Dan jika driver pada suatu perangkat belum terinstall, mustahil perangkat tersebut dapat berjalan normal.

Ada pertanyaan atau komentar?

Send this to a friend