5 Cara Membersihkan Layar TV LED yang Kotor, Dijamin Bersih dan Aman!

Perangkat elektronik merupakan salah satu kategori benda yang sangat dibutuhkan hampis semua masyarakat. Adanya perangkat elektronik ini dapat mempermudah berbagai aktifitas manusia. Seperti contohnya, salah satu perangkat elektronik yang multifungsi adalah smartphone. Smartphone dapat digunakan untuk berbagai aktifitas, seperti merekam momen, berkomunikasi dengan rekan dan keluarga, mendengarkan musik, dan lain sebagainya.

Berbagai kemudahan ditawarkan perangkat elektronik untuk dapat memberikan berbagai manfaat bagi kehidupan sehari-hari masyarakat. Kemudahan akses berbagai aktifitas dapat dijangkau dengan mudah.

Begitu pula dengan TV LED. Barang elektronik yang hampir dimiliki oleh masing-masing rumah yang dapat digunakan untuk menonton film, dan lain-lain. TV LED jika digunakan secara terus menerus ataupun tidak digunakan sama sekali, tentu akan menjadi kotor.

Cara Membersihkan Layar TV LED yang Kotor

Karena didalam ruangan pasti terdapat banyak debu yang dapat menempel ke TV LED. Berikut adalah cara membersihkan layar TV LED yang kotor, sehingga anda dapat dengan mudah merawat TV LED anda:

Cara #1: Pastikan kabel TV sudah tercabut dari stopkontak

Cara Membersihkan Layar TV LED yang Kotor

Memastikan bahwa kabel TV LED sudah terlepas dari stopkontak merupakan hal yang sangat penting dilakukan. Selalu melepas kabel TV LED jika tidak digunakan merupakan hal yang baik dan positif. Hal ini bisa menghemat energi listrik yang digunakan dalam sehari-hari.

Dengan upaya sederhana ini, kita bisa menghemat listrik yang signifikan jika dalam sehari, intensitas menonton TV LED kecil. Sering digunakan atau jarang digunakan, TV LED juga harus dibersihkan secara rutin dan berkala. Dimana, dalam dua kondisi tersebut, TV LED selalu terkena debu dan kotoran meskipun didalam ruangan. Kebersihan ruangan menjadi sangat penting untuk menentukan per berapa hari TV harus dibersihkan.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas yang Wajib Diketahui

Jika kita akan membersihkan TV LED ada baiknya jika kita selalu memastikan bahwa kabel TV LED sudah terlepas dari stopkontak yang dialiri listrik. Karena akan sangat berbahaya jika kita membersihkan TV LED, namun kabel TV masih tertancap di stopkontak.

Cara pertama ini merupakan cara membersihkan layar TV LED yang kotor dengan kondisi yang aman. Sehingga pada saat TV LED dibersihkan, proses pembersihannya menjadi cepat dan tidak akan membahayakan kita, karena tidak ada aliran listrik yang masuk ke TV LED.

Cara #2: Gunakan Air dan Cuka

Cara Membersihkan Layar TV LED yang Kotor

Siapa sangka bahwa cuka memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Cuka merupakan cairan serbaguna yang memiliki manfaat diberbagai bidang kehidupan baik kesehatan, makanan, dan lain-lain. Ternyata dibalik manfaat-manfaat yang tersimpan dalam cuka, cuka bisa digunakan untuk membersihkan layar TV LED yang kotor.

Dalam sekali usap, kotoran yang menempel pada layar TV LED bisa dibersihkan. Cairan cuka yang dicampurkan dengan air ini sangat efektif jika digunakan untuk membersihkan layar TV LED yang kotor. Cara membersihkan layar TV LED yang kotor bisa dilakukan dengan mudah jika menggunakan campuran cairan cuka dengan air.

Baca Juga: 2 Cara Mematikan TouchPad Laptop Saat Mouse Terpasang

Saat membersihkan layar TV LED yang kotor dengan campuran cuka dan air, sebaiknya anda tidak menyemprotkan cairan langsung ke layar TV LED. Mengapa demikian? Karena jika campuran cairan cuka dan air langsung disemprotkan ke bagian layar TV LED, besar kemungkinan bahwa TV LED dapat mengalami kerusakan. Oleh karena itu pada saat membersihkan layar TV LED dengan campuran cairan cuka dan air, gunakan kain lap yang halus.

Cara #3: Gunakan kain yang sangat lembut (ultrasoft)

Cara Membersihkan Layar TV LED yang Kotor

Poin utama dalam melakukan cara membersihkan layar TV LED yang kotor adalah menggunakan kain yang sangat lembut. Hal ini bertujuan untuk tidak merusak layar TV LED. Tidak semua kain dapat digunakan untuk membersihkan layar.

Karena tekstur kain berbeda-beda. Ada kain yang berbahan dasar kasar, dan ada kain yang berbahan dasar halus. Untuk membersihkan layar TV LED yang kotor, sebaiknya ada menggunakan jenis kain yang berbahan halus atau ultrasoft. Dengan menggunakan kain berbahan halus, layar TV LED tidak akan tergores. Namun hal ini juga berpengaruh pada proses pembersihan yang dilakukan, cara membersihkannya harus dengan lembut agar layar TV LED tidak tergores.

Cara #4: Gunakan Screen Clean, Cairan khusus untuk membersihkan Layar TV

Gunakan Screen Clean

Selain dapat menggunakan campuran cairan cuka dengan air, screen clean juga aman digunakan untuk membersihkan layar TV LED. Dalam penggunaannya, cairan pembersih khusus untuk membersihkan layar TV LED dapat digunakan seperlunya dan tidak dalam rentang waktu yang terlalu sering.

Karena terlalu sering membersihkan layar TV LED yang kotor dengan bahan kimia merupakan salah satu hal yang tidak baik dilakukan. Ada baiknya jika rentang waktu membersihkan layar TV LED sudah terjadwal dengan jelas, sehingga tidak menunggu kondisi layar sudah benar-benar kotor untuk dibersihkan.

Baca Juga: 3 Cara Mengetahui Model Motherboard di Windows 10

Rentang waktu membersihkan layar TV LED usahakan tidak terlalu sering karena tidak baik jika layar TV LED terlalu sering terkena cairan pembersih layar. Oleh karena itu, penetapan waktu membersihkan layar TV LED penting dijadwalkan dengan benar supaya kondisi TV LED selalu terjaga.

Cara #5: Gunakan Minyak Kayu Putih

Alternatif menggunakan minyak kayu putih

Selain menggunakan berbagai macam jenis cairan yang dapat digunakan sebagai alternatif cara membersihkan layar TV LED yang kotor, terdapat satu cairan yang mudah didapatkan dan banyak mengandung manfaat. Cairan tersebut adalah minyak kayu putih.

Minyak kayu putih yang biasa digunakan untuk kesehatan, ternyata menyimpan manfaat yang bisa digunakan sebagai alternatif cairan untuk membersihkan layar TV LED yang kotor. Kandungan yang dimiliki minyak kayu putih dapat dibilang aman untuk layar sehingga tidak merusak layar.

Proses pembersihan layar harus diimbangi dengan lembut supaya layar TV LED tidak tergores. Wangi minyak kayu putih juga dapat membuat pikiran jadi rileks. Oleh karena itu, jika anda bingung untuk membersihkan layar TV LED yang kotor dengan cairan apa, anda bisa menggunakan minyak kayu putih sebagai alternatif pilihan.

Kini cara membersihkan layar TV LED yang kotor dapat dengan mudah anda lakukan karena alat dan bahan yang mudah didapatkan disekitar anda. Perlu diingat bahwa layar TV LED merupakan bagian yang krusial jika tidak dibersihkan dengan cara yang benar. Oleh karena itu, pada setiap membersihkan layar TV LED anda harus berhati-hati agar layar tidak tergores.

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend