Cara Mudah Membuat Kuesioner di Microsoft Word untuk Pemula

Cara Mudah Membuat Kuesioner di Microsoft Word untuk Pemula

Ada berbagai macam cara untuk mengumpulkan data dengan cepat. Contohnya saja pada saat kita melakukan penelitian maupun survey, kita harus membuat kuesioner terlebih dahulu.

Karena kuesioner yang sering disebut juga dengan angket ini merupakan salah satu teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada para responden. Dan pertanyaan-pertanyaan tersebut nantinya akan dijawab serta ditulis didalam kertas atau dokumen kuesioner tersebut.

Kuesioner ini juga dapat digunakan pada saat para peneliti ingin tahu kebiasaan maupun persepsi dari suatu populasi melalui sudut pandang para responden. Kita dapat menyebarkan kuesioner kepada masyarakat yang menjadi target responden kita dan meminta mereka untuk menjawab setiap pertanyaan yang kita ajukan didalam kuesioner tersebut. Dan jawaban dari kresponden akan menjadi suatu alat ukur yang reliabel dan valid.

Cara Membuat Kuesioner di Word

Salah satu cara membuat kuesioner yaitu dengan menuliskan pertanyaan-pertanyaan disebuah kertas dan nantinya pertanyaan tersebut akan dijawab oleh para responden. Umumnya kuesioner dibagikan kepada banyak responden untuk mendapatkan jawaban secara menyeluruh, sehingga tidak terpatok kepada satu jawaban saja. Banyaknya jumlah kuesioner yang akan dibagikan kepada responden juga disesuaikan dengan kebutuhan para peneliti.

Biasanya kuesioner akan dibagikan kepada puluhan, ratusan hingga ribuan orang agar dapat menarik kesimpulan dan mendapatkan jawaban yang memuaskan. Lalu bagaimana kita membuat kuesioner tersebut ? Kita dapat membuatnya dengan menuliskannya di kertas maupun folio. Tetapi cara tersebut kurang efisien, karena akan sangat menyita waktu dan tenaga kita untuk membuatnya.

Maka salah satu cara membuat kuesioner yang baik adalah dengan mengetikkannya di Microsoft Word. Dengan membuat kuesioner di Microsoft Word, kita dapat mencetaknya sebanyak yang kita mau. Terlebih lagi di dalam Microsoft Word sudah tersedia template untuk kuesioner, sehingga kita dapat menggunakannya kapan saja. Berikut adalah cara membuat kuesioner di Word.

1. Langkah pertama yang harus diambil yaitu dengan membuka Microsoft Word. Dan jika Microsoft Word telah terbuka, maka klik menu File yang terletak pada bagian toolbar.

kuesioner

2. Didalam menu File, klik menu New. Setelah itu ketikkan form pada kotak disamping bagian Home. Kemudian klik button Search. Anda juga dapat klik tombol Enter untuk mencari template Form.

Cara Membuat Kuesioner di Microsoft Word

3. Tunggulah beberapa saat sampai template form tersebut muncul, dan pilih salah satu template form yang Anda butuhkan. Disini sudah tersedia kuesioner dengan berbagai keperluan seperti kuesioner donasi, kuesioner sukarelawan, kuesioner persetujuan perjalanan, kuesioner anggota, bahkan kuesioner bisnis. Disini saya memilih untuk membuat kuesioner donasi.

kuesioner

4. Maka akan muncul window baru dan kliklah button Create. Disini Anda diminta untuk mendownlaod template tersebut, sehingga pastikan terlebih dahulu bahwasanya koneksi internet di komputer Anda telah aktif. Gunakan WiFi atau jaringan LAN untuk komputer terkoneksi ke jaringan internet.

kuesioner

5. Tunggulah beberapa saat sampai template kuesioner tersebut di import ke halaman dokumen Microsoft Word Anda. Jika sudah, maka Anda dapat mengedit isi dan pertanyaan yang ada didalam form tersebut. Jika pada template tersebut masih menggunakan bahasa inggris, maka Anda dapat mengetikkan pertanyaan dan form yang akan di jawab oleh para responden dengan pertanyaan yang ingin Anda tanyakan.

Disini Anda dapat menyesuaikan dengan pertanyaan-pertanyaan yang telah Anda rangkum dan ingin Anda tanyakan kepada para responden.

Cara Mudah Membuat Kuesioner di Microsoft Word

Demikianlah artikel yang memberikan penjelasan bagaimana cara membuat kuesioner di Word. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Send this to a friend