• Our Partners:

Cara Memindahkan Foto dari Iphone ke Laptop

Tutorial Cara Memindahkan Foto dari Iphone ke Laptop untuk Pemula

Tahun 2007 menandai babak baru dalam dunia ponsel setelah Steve Jobs resmi mengumumkan iPhone. Kemunculannya ditanggapi serius oleh Google, tapi ditanggapi santai oleh Blackberry. Selang beberapa waktu kemudian, hanya sistem operasi Android yang mampu bersaing dengan iOS, sedangkan Blackberry harus mengecap kenyataan pahit dengan menurunnya pangsa pasar hingga 0,1 persen.

Tanpa memakan waktu lama, iPhone berhasil menarik minat banyak orang di seluruh dunia. Di samping fungsinya sebagai alat komunikasi, iPhone juga dipandang mampu menaikkan status sosial pemiliknya karena harganya yang mahal.

Tak sedikit pula yang terobsesi dengan ponsel pintar tersebut sehingga rela mengantri berjam-jam sebelum gerai toko dibuka. Fenomena antri tersebut juga bisa ditemui di Indonesia dan terjadi setiap kali seri baru iPhone diluncurkan ke publik. Seorang remaja asal China bahkan rela menjual ginjalnya demi obsesinya untuk bisa memiliki iPhone terbaru.

iPhone yang mahal memang penuh dengan fitur canggih sehingga ponsel tersebut menjadi impian banyak orang. Seperti yang bisa dilihat pada iPhone 11, iPhone 11 Pro Max dan iPhone 11 Pro, salah satu fitur baru yang ditanamkan di dalam ketiga ponsel tersebut adalah Night Mode. Dengan menggunakan teknik pengambilan gambar yang disebut “Adaptive Bracketing”, foto yang diambil di dalam ruangan yang gelap secara otomatis akan menjadi terang jika anda mengaktifkan pilihan Night Mode.

Cara Memindahkan Foto dari Iphone ke Laptop

Apple juga membenamkan tiga kamera di punggung iPhone 11 Pro Max dan iPhone 11 Pro yang terdiri dari kamera wide 26mm, ultra wide 13mm dan telephoto 52mm. Kamera dengan lensa wide dan ultra wide digunakan untuk memotret foto-foto landscape sedangkan lensa tele digunakan untuk membidik objek yang letaknya sangat jauh. Tak lupa diselipkan pula sebuah kamera beresolusi 12 MP di bagian depan.

Dengan semua kecanggihan kamera yang diusung iPhone, tak heran jika banyak penggunanya yang sangat sering mengambil foto. Untuk menyiasati kapasitas penyimpanan iPhone yang terbatas, anda bisa mengikuti cara memindahkan foto dari iPhone ke laptop.

1. Pertama-tama pastikan anda telah mendownload AnyTrans untuk laptop atau komputer anda, setelah itu install seperti biasa.

2. Jalankan aplikasi AnyTrans kemudian hubungkan dengan iPhone menggunakan kabel USB anda. Setelah itu anda klik Device Manager > Content to PC yang terdapat menu utama AnyTrans.

Cara Memindahkan Foto dari Iphone ke Laptop

3. Pilih kategori foto di iPhone yang anda inginkan seperti folder My Photos, Albums atau yang lainnya. Kemudian pada Export Path untuk folder (lokasi tujuan) setelah foto berhasil ditransfer. Terakhir pilih Next.

Memindahkan Foto dari Iphone ke Laptop 2

4. Setelah proses transfer foto dari iPhone ke laptop selesai, maka akan terbuka folder yang menjadi lokasi tujuan setelah foto berhasil ditransfer.

Memindahkan Foto dari Iphone ke Laptop 3

5. Namun adakalanya juga anda ingin mentransfer foto tertentu saja, jadi bukan satu folder sekaligus. Pastikan iPhone masih terhubung dengan laptop menggunakan kabel USB kemudian pilih Device Manager > Photos.

Cara Memindahkan Foto dari Iphone ke Laptop Terbaru

6. Kemudian pilih foto mana saja yang ingin anda pindahkan ke laptop.

Memindahkan Foto dari Iphone ke Laptop 5

7. Jika sudah, selanjutnya anda klik ikon PC seperti yang dikotaki merah kemudian anda pilih Send to PC. Tunggu proses transfer foto dari iPhone ke laptop hingga selesai.

Cara Memindahkan Foto dari Iphone ke Laptop

Penutup

Ada beberapa alasan kenapa anda harus memindahkan foto dari iPhone ke laptop. Pertama, kapasitas harddisk yang besar dan bisa diupgrade dengan mudah. Harga harddisk pun relatif murah. Kedua, anda dapat mengedit foto dengan berbagai software desktop yang rata-rata memiliki fitur yang jauh lebih bervariasi seperti Adobe Photoshop dan Gimp.

Keduanya memungkinkan anda untuk menerapkan efek-efek khusus untuk memanipulasi foto sehingga foto menjadi terlihat lebih menarik, misalnya membuat sebuah pohon seolah-olah tumbuh di dalam sebuah cangkir kopi, tepi laut yang dapat disibak ke atas seperti karpet, membuat tinggi badan lebih pendek daripada tinggi minuman kaleng, anak kecil yang bermain bola di atas layar iPhone, dan lain-lain.

Credit image to imobie.com

Leave a Reply

Send this to a friend