Tutorial Cara Memindahkan Tabel dari Excel ke Word dengan Mudah

Dua produk microsoft ini menjadi salah satu program aplikasi yang paling banyak digunakan oleh beberapa kalangan. Microsoft office Excel berguna sebagai dokumen lembar kerja spreadsheet yang sangat populer dalam kegiatan komputer mikro baik platform Windows maupun platform lainnya seperti Mac OS. Aplikasi yang dikeluarkan oleh perusahaan Microsoft Coorporation ini dikenal dengan program aplikasi pengolah angka atau aritmatika. Dengan adanya excel ini, data-data dapat lebih terstruktur dan memiliki kemampuan yang sangat bermanfaat.

Sedangkan untuk produk satu lagi yaitu Word lebih dikenal sebagai aplikasi pengolah kata. Di mana memiliki konsep WYSIWYG yaitu “What You See is What You Get”. Program aplikasi ini juga salah satu besutan microsoft terbaik yang banyak digunakan oleh orang pada berbagai platform pengguna.

Dengan hadirnya kedua program aplikasi ini diharapkan dapat memudahkan pekerjaan dan lebih membuat hasil pekerjaan Anda secara optimal sesuai dengan keinginan. Seperti ingin memindahkan tabel Excel ke Word. Bagaimana caranya agar tabel yang Anda pindahkan sesuai dengan sumber awalnya. Artikel ini akan membahas cara memindahkan tabel dari Excel ke Word dengan mudah dan sesuai dengan yang diinginkan.

Cara Memindahkan Tabel dari Excel ke Word

Salah satu fitur yang diberikan untuk memecahkan masalah ini yaitu fitur copy-paste yang pastinya sudah tidak asing lagi Anda dengar. Fungsi copy ini untuk menyalin sesuatu untuk kemudian di paste dengan menempel sesuai apa yang telah di salin. Paste ini juga memiliki beberapa fungsi lagi antara lain sebagai berikut:

  • Keep Source Formatting: Fungsi paste pada pilihan ini untuk mempertahankan tampilan teks asli sesuai dengan sumber yang telah disalin.
  • Use Destination Styles: Pilihan ini untuk memformat teks agar sesuai dengan gaya yang diterapkan pada teks tersebut.
  • Link & Keep Source Formatting: Pada pilihan ini untuk mempertahankan link ke file sumber dan tampilan teks asli sesuai dengan sumber yang telah disalin
  • Link & Use Destination Style: Fungsi ini untuk mempertahankan link ke file sumber dan menggunakan format teks yang sesuai dengan gaya yang diterapkan pada teks tersebut.
  • Keep Text Only: Pilihan ini hanya untuk mem-paste-kan teks saja. Jadi segala format dari teks aslinya akan hilang.

Anda baiknya Anda tentukan dahulu ingin memindahkan tabel Excel ke Word dengan fungsi mana yang lebih dibutuhkan. Yuk langsung saja ke langkah-langkah memindahkan tabel Excel ke Word.

1. Buka file Excel Anda yang di dalamnya terdapat dokumen yang ingin Anda pindahkan ke Word.

2. Salin tabel tersebut dengan cara mencopy tabel. Klik kiri pada ujung tabel lalu tahan, kemudian arahkan ke ujung kanan tabel pada baris di mana Anda ingin menyalinnya lalu lepaskan klik lalu klik kanan pada tabel kemudian pilih copy atau salin. Jika Anda ingin menyalin semua, tekan saja tombol Ctrl + A pada keyboard Anda. Atau Anda bisa klik pada ikon copy di menu bar.

Langkah 2 - copy tabel

3. Buka program aplikasi Word anda > lalu paste-kan tabel yang telah Anda copy atau salin sebelumnya dengan cara klik kanan pada lembar word lalu pilih pada opsi fungsi paste yang ditawarkan. Anda dapat memilih salah satu sesuai kebutuhan Anda. Atau Anda dapat menekan tombol Ctrl + V pada keyboard Anda atau juga klik pada ikon paste di menu bar.

cara memindahkan tabel dari excel ke word

4. Saya memilih Keep Source Formatting untuk mempertahankan tabel asli sesuai yang telah di-copy. Hasilnya akan tetap sama seperti sumbernya.

cara memindahkan tabel dari excel ke word

Demikian tutorial cara memindahkan tabel dari Excel ke Word. Sebenarnya masih banyak fitur-fitur yang belum pernah digunakan sama sekali. Jadi sayang sekali jika kita tidak mencoba fitur yang diberikan, apalagi fitur tersebut sangat bermanfaat bagi kita. Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat bagi Anda.

Ada pertanyaan atau komentar?

Send this to a friend