Solusi Mudah: Cara Menampilkan Tombol IDM yang Hilang di YouTube

YouTube merupakan hiburan yang tidak ada matinya. Selama anda bisa terkoneksi dengan internet, selama itu pula anda bisa menonton video di YouTube tanpa batas waktu. Mulai dari pagi hingga malam, YouTube selalu ada. Setiap saat, YouTube juga penuh dengan video-video baru yang menyegarkan. Vlog pribadi, vlog keluarga, musik, komedi, film pendek, dokumenter, olahraga, game, dan segala macam video lainnya tersedia di YouTube.

Iming-iming penghasilan dari YouTube memang sangat besar. Sudah banyak cerita sukses YouTuber yang mampu meraup penghasilan jutaan rupiah dari situs tersebut. Otomatis, orang-orang pun berlomba-lomba membuat konten untuk YouTube sehingga jumlah video di situs tersebut terus bertambah.

Cara Menampilkan Tombol IDM yang Hilang di YouTube

Banyak dari video-video yang isinya sangat menarik sehingga sayang rasanya jika tidak diunduh. Di situs YouTube, tidak ada fitur untuk mengunduh video, tapi kendala ini bisa diatasi dengan menggunakan software.

Pilihan yang paling populer di Indonesia untuk mengunduh video YouTube adalah IDM. Memang nyaman rasanya menggunakan IDM karena anda tidak perlu copy paste URL video untuk melakukan pengunduhan. Setiap kali anda membuka video di YouTube, tombol IDM muncul secara otomatis di sekitar video.

Anda tidak perlu mengatur apa pun untuk membuat tombol IDM muncul di situs YouTube. Setelah IDM diinstall, tombol tersebut akan muncul dengan sendirinya di situs tersebut, kecuali jika ada masalah. Pada saat-saat tertentu, tombol IDM memang bisa hilang begitu saja. Kadang muncul, kadang hilang, atau bahkan tidak pernah muncul lagi untuk seterusnya. Berikut ini solusi untuk cara menampilkan tombol IDM yang hilang di Youtube.

1. Pertama-tama anda perlu menambahkan add-ons IDM di browser anda. Sebagai contoh, disini saya menggunakan Google Chrome. Klik link berikut ini untuk menambahkan add-ons IDM ke Google Chrome.

cara menampilkan tombol idm di youtube

2. Jika mendapatkan popup seperti ini, pilih saja Add extension.

cara menampilkan tombol idm di chrome

3. Silakan buka video youtube yang ingin anda download. Nanti akan muncul tombol download IDM seperti gambar dibawah ini. Kalau tidak muncul, coba refresh ulang halaman video youtube-nya.

Menampilkan Tombol IDM 3

4. Pilih resolusi video yang anda inginkan.

cara menampilkan tombol idm yang hilang di youtube

5. Jika tombol IDM masih saja tidak muncul, anda perlu melakukan beberapa pengaturan di aplikasi IDM-nya. Buka aplikasi IDM kemudian masuk ke menu Downloads > Options.

cara menampilkan tombol idm di google chrome

6. Centang bagian Use advanced browser integration dan centang semua browser yang tersedia. Terakhir pilih OK.

Menampilkan Tombol IDM 6

Melalui tombol IDM yang muncul di Youtube atau situs video lainnya, anda bisa memilih resolusi video yang ingin diunduh. Video yang dipilih kemudian akan diunduh oleh IDM ke folder sementara dalam beberapa segmen. Setelah semua segmen video diunduh, segmen-segmen tersebut akan disatukan dan dipindahkan ke folder tujuan. Jika ada keperluan mendadak sehingga anda harus mematikan komputer saat download tengah berjalan, maka download tersebut bisa anda lanjutkan kembali di lain waktu.

Akhir Kata

IDM bukan satu-satunya solusi untuk mengunduh video. Sudah banyak yang mengetahui fakta ini tapi enggan untuk mencoba. Padahal, ekstensi browser dan userscript tidak kalah bagusnya. Rata-rata juga menyediakan tombol download yang muncul ketika sebuah video YouTube ditonton serta mendukung video-video HD.

Memang, hingga saat ini, masih belum ada ekstensi dan userscript yang bisa mengunduh video dalam beberapa segmen seperti IDM, tetapi selisih kecepatannya tidak begitu terasa apabila anda sudah memiliki koneksi internet yang kecepatannya cukup tinggi. Dan yang paling penting, semua ekstensi dan userscript tersebut gratis, tidak seperti IDM yang harganya ratusan ribu rupiah untuk 1 PC. Menggunakan versi bajakan memang bisa, tapi risikonya cukup tinggi karena komputer anda dapat terserang malware.

Leave a Reply

Send this to a friend