Sangat Mudah! Cara Mengatasi CMD (Command Prompt) Tidak Bisa Dibuka

Bagaimana cara mengatasi CMD tidak bisa dibuka? CMD merupakan singkatan dari Commpand Prompot atau juga DOS Prompt yang merupakan deretan perintah di dalam sistem operasi.

Sebenarnya di awal kemunculannya, CMD lebih digunakan sebagai perintah untuk sistem operasi DOS atau sistem operasi berbasis teks. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan zaman CMD sudah mulai ditinggalkan dan masyarakat lebih menggunakan sistem operasi yang memilki tampilan seperti Windows.

Meskipun begitu, CMD masih tetap diintegrasikan ke sistem operasi keluaran Microsoft yang kemudian berubah nama dari DOS menjadi MS-DOS atau CMD seperti yang kita bisa temukan di sistem operasi Windows kita. Bagi anda yang ingin tahu bagaimana cara masuk ke CMD, maka silahkan anda ikuti petunjuk yang akan kami berikan di bawah ini:

  • Pertama, anda masuk ke menu pencarian
  • Kedua, anda tinggal mengetik CMD atau Command Prompt. Tinggal anda enter maka sistem operasi akan langsung menampilkan CMD.

Namun masalahnya, beberapa pengguna mungkin pernah mengalami dimana CMD di Windows mereka tidak bisa dibuka. Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk cara mengatasi CMD tidak bisa dibuka, salah satunya melalui Regedit.

Cara Mengatasi CMD Tidak Bisa Dibuka

1. Pertama-tama anda buka jendela Run dengan cara klik tombol Windows + R kemudian ketikkan regedit.

Mengatasi CMD Tidak Bisa Dibuka Nesabamedia 1

2. Jika anda mendapatkan notifikasi seperti ini, tinggal pilih Yes.

Mengatasi CMD Tidak Bisa Dibuka Nesabamedia 2

3. Setelah itu masuk ke folder HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Command Processor seperti yang dikotaki merah.

Cara Mengatasi CMD Tidak Bisa Dibuka

4. Kemudian klik kanan file yang bernama Autorun kemudian pilih Modify.

Mengatasi CMD Tidak Bisa Dibuka Nesabamedia 4

5. Ubah nilainya menjadi 0 dan terakhir pilih OK.

Cara Mengatasi CMD Tidak Bisa Dibuka Windows

6. Sekarang anda sudah bisa membuka Command Prompt seperti biasa.

Mengatasi CMD Tidak Bisa Dibuka Nesabamedia 6

Seberapa Penting CMD?

Microsoft memasukkan CMD ke dalam sistem operasi mereka tentu bukan tanpa alasan. Program ini di dalamnya berisikan serangkaian perintah yang berhubungan dengan sistem operasi tersebut. Artinya, tujuan dari adanya CMD ini adalah memudahkan pengguna ketika ingin menjelajahi sistem operasi maupun hardware yang ada di dalamnya secara offline maupun online.

Dikarenakan CMD mengandung serangkaian perintah. Maka juga bisa menyebabkan kerugian bagi para pengguna. Orang-orang seperti hacke atau peretas berpotensi masuk ke sistem komputer melalui program CMD ini. Manfaat lain yang bisa anda dapatkan adalah program ini bisa anda gunakan sebagai troubleshooting.

Tujuan dari troubleshooting ini adalah untuk mengindetifikasi dan menemukan penyebab mengapa sistem komputer anda mengalami masalah. Selain itu, CMD juga bisa anda gunakan untuk menjalankan sebuah tool yang tidak anda temukan secara GUI. Adapun manfaat lainnya dari CMD yakni bisa anda gunakan sebagai perintah teknis. Ketika program atau sistem komputer anda tidak mampu menjalankan tugasnya dengan baik, peran CMD ini bisa anda gunakan.

Di dalam CMD, ada perintah yang bisa anda eksekusi untuk membantu mengatasi masalah yang ada. Setidaknya mungkin anda bias mengidentifikasi kira-kira hal-hal apa saja yang menybabkan komputer atau laptop tidak mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Masih banyak perintah lain yang bisa anda dapatkan dari penggunaan CMD, baik itu manfaat positif maupun manfaat negatif.

Leave a Reply

Send this to a friend