4 Cara Merestart Laptop dengan Keyboard (Windows 10, 8 & 7)

Pernahkah Anda mengalami laptop yang hang dan tidak bisa melakukan apapun ? Laptop yang hang atau freeze biasanya tidak dapat melakukan apapun. Laptop hang memang sering kali membuat kita sakit kepala. Karena ia memang tidak bisa untuk melakukan kegiatan operasi apapun. Untuk itu, maka kita harus melakukan restart.

Karena dengan merestartnya, segala permasalahan biasanya akan terbenahi. Dan membuat laptop dapat beroperasi seperti biasanya. Ada pun berbagai cara dalam melakukan restart pada laptop maupun komputer. Salah satunya yaitu dengan menggunakan keyboard.

Pada artikel ini saya akan menjelaskan kepada Anda bagaimana cara merestart laptop dengan keyboard.

Cara Merestart Laptop dengan Keyboard

Melakukan restart pada komputer maupun laptop umumnya dipilih untukk menjadi suatu langkah yang sederhana ketika menyelesaikan permasalahan yang terdapat pada Windows 10.

Tidak hanya itu, selain dapat menyelesaikan sebuah permasalahan, melakukan restart juga umumnya bisa dilakukan apabila kita sudah menyinstall sebuah program aplikasi. hal tersebut berguna agar program itu bisa bekerja dengan baik.

Merestart laptop juga dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Tapi pada artikel ini, saya akan memberikan cara merestart laptop dengan menggunakan keyboard. Maka dari itu, cara ini sangat penting untuk Anda apabila laptop Anda sering mengalami hang. Berikut beberapa cara dalam melakukan restart laptop dengan menggunakan keyboard:

1. Menggunakan CTRL + Alt +Del

Untuk melakukan restart menggunakan keyboard yang pertama yaitu, Anda hanya cukup untuk menggunakan shortcut berupa CTRL + Alt + Del. Anda harus mengetikkan ketiga tombol tersebut secara bersamaan. Maka akan muncul beberapa opsi seperti pada gambar dibawah ini.

Maka dapat Anda lihat pada posisi sudut kanan bawah terdapat tombol Shutdown. Untuk melakukan Restart, Anda harus menekan tombol tersebut diikuti dengan menekan tombol CTRL yang terdapat pada keyboard.

restart

Setelahnya maka akan muncul restart darurat. Untuk melanjutkannya, Anda dapat klik tombol OK. Maka laptop maupun komputer Anda akan melakukan restart dengan sendirinya.

Cara Merestart Laptop dengan Keyboard

2. Menggunakan Command Prompt

COmmand Prompt merupakan suatu command line atau bari perintah di sebuah sistem operasi yang berbasis GUI untuk dapat mengeksekusi suatu file menggunakan cara menuliskan perintahnya pada jendela CMD atau Command Prompt.

Secara ingkat, Command Prompt merupakan suatu sistem operasi yang memiliki basis baris perintah. Hal itu karena pada sebenarnya COmmand Prompt tersebut pertamanya digunakan untuk sebuah sistem operasi, namun setelah DOS sudah mulai banyak ditinggalkan maka pada saat sekarang ini DOS masih di Integrasikan oleh perusahaan Microsoft di Windows yang sering kita kenal dengan nama MS-DOS maupun Command Prompt.

Dengan menggunakan command prompt, kita dapat melakukan restart pada komputer maupun laptop kita. Maka dari itu, untuk memunculkan Command prompt menggunakan keyboard, kita harus menekan tombol Windows + R.

Setelah itu, Anda dapat mengetikkan kata cmd pada Run administrator tersebut, lalu klik OK.

command prompt

Maka tak beberapa lama akan muncul kotak Command Prompt. Dan Anda harus mengetikkan perintah shutdown/r untuk melakukan restart.

Cara Merestart Laptop dengan Keyboard dengan CMD

3. Menggunakan Run

Pada perintah Run yang ada di suatu sistem operasi Windows memiliki fungsi untuk dapat mencari serta membuka sebuah sistem yang ada di dalam windows. Yang dapat Anda buka yaitu seperti file, program, folder, aplikasi dan lain sebagainya.

Untuk memunculkan perintah Run maka Anda harus menekan tombol Windows + R. Setelah muncul, maka Anda harus mengetikkan perintah berupa shutdown/r untuk melakukan restart dan klik OK.

run

4. Menggunakan Windows + X

Cara yang terakhir untuk melakukan restart menggunakan keyboard yaitu dengan menekan tombol Windows + X. Caranya yaitu pertama Anda harus menekan tombol Windows + X yang terdapat pada laptop maupun komputer Anda.

Lalu Anda dapat memilih shutdown or sign out. Anda dapat mengarahkannya menggunakan tombol arah panah yang terdapat pada keyboard komputer Anda.

restart

Pada menu Shutdown or sign out terdapat beberapa opsi. maka pilihan yang harus Anda pilih yaitu Restart.

Begini Cara Merestart Laptop dengan Keyboard

Demikianlah tutorial atau cara merestart laptop dengan keyboard yang terdapat pada komputer maupun laptop Anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Send this to a friend