Sejarah dan Perkembangan Laptop dari Masa ke Masa yang Perlu Diketahui

Laptop merupakan komputer pribadi yang mudah di bawa kemana-mana. Nama laptop terinsprasi dari cara penggunaannya yaitu atas pangkuan “Lap Top”.

Laptop memanfaatkan sumber daya dari baterai. Dan untuk pengisian daya baterainya digunakan adaptop A/C. Laptop biasanya mempunyai baterai dengan daya tahan sekitar 1-6 jam tergantung cara pemakaiannya, ukuran baterai dan juga spesifikasi dari laptopnya. Notebook atau computer notebook merupakan istilah lain dari laptop.

Laptop dan komputer desktop pada umumnya mempunyai fungsi yang sama. Karena komponen-komponen penyusun yang ada di dalamnya sama, perbedaannya hanya di ukurannya. Pada laptop ukuran komponennya diperkecil agar lebih ringan, tidak mudah panas serta agar hemat daya.

Sejarah dan Perkembangan Laptop

Alan Kay ialah seorang ilmuwan komputer yang berasal dari Amerika yang mempunyai ide untuk membuat laptop pertama kalinya. Kemudian di bantu oleh Adam Osborne yaitu seorang publisher software yang juga bekerja di penerbitan buku di Amerika.

Sebagai alat teknologi, laptop juga dimulai dari hal yang sederhana hingga berkembang menjadi laptop seperti sekarang ini yang sudah canggih dan multifungsi. Untuk lebih jelasnya mengenai perkembangan laptop, berikut ini akan dipaparkan dengan ringkas.

1. IBM Portable PC 5100 (1975)

1. IBM Portable PC 5100

IBM portable PC 5100 ini adalah komputer mikro pertama. Fungsinya khusus digunakan sebagai eginering dan untuk kebutuhan Matematika (mathematicians). IBM 5100 memiliki ukuran yang cukup kecil karena bisa masuk ke dalam tas dan bisa di bawa atau di pindahkan ke satu tempat dengan mudah.

2. Rockwell AIM 65 (1977)

Perkembangan Laptop dan Masa ke Masa

Setelah IBM Portable di kembangkan menjadi Rockwell AIM 65 (merupakan komputer mikro kedua) namun lebih lengkap dari yang sebelumnya karena mempunyai layar dan keyboard serta hard copy printer

3. IBM Portable PC 5110 (1978)

IBM Portable PC 5110

Komputer jenis ini merupakan versi komputer bisnis yang dikembangkan dari IBM 5100 (komputer versi 1975 sebelumnya).

4. Heathkit H89 (1979)

Heathkit H89

Heathkit H89 all-in-one ini dirilis oleh Heathkit pada tahun 1979 di akhir tahun.

5. Osborne 1 (1981)

Perkembangan Laptop yang Perlu Diketahui

Osborne Computer Corporation membuat perangkat versi komputer portable pertama yaitu Osborne 1 pada tahun 1981. Walaupun versi pertama, komputer jenis ini memiliki banyak kekurangan dan keterbatasan dan masih perlu perbaikan dan pengembangan lebih lagi.

Keterbatasannya yaitu hanya mampu menampilkan 51 karakter/baris teks, layar dalam ukuran hanya diagonal 5 serta memiliki tas kotak pembawa. Osborne 1 mempunyai 2 buah disk drive sebagai floppy-disk, beratnya kira-kira 10 kg, mempunyai mesin CPU 8. Pada era tahun 1981 Osborne 1 diterima secara luas sehingga jumlah produksinya meningkat

6. Gavilans (1983)

gavilan computer

Gavilans Mobile Computer dirilis tahun 1983, dengan berat 4 kg (jika dibandingkan dengan laptop masa kini cukup berat yah), menggunakan Nickel-Cadmium sebagai baterai dan bisa bertahan sampai 9 jam, 64K RAM dan bisa di upgrade menjadi 128K, mempunyai mouse/touchpad berada di bagian depan atas keyboard, mempunyai prosesor Intel 8088 5MHz dan floppy disk drive.

Baterai yang dipakai tersebut membuat perangkat ini unggul dan perpaduan desain dan performanya di tahun tersebut. Kelebihan lain yaitu perangkat pertama mobile pc yang dipasarkan dengan brand laptop.

Setelah muncul osborne 1, Bill Gates memperkenalkan idenya mengenai portable computer dengan icd screen. Seseorang yang bekerja di Microsoft bernama Kazuhiko nishi menerapkan ide tersebut menghasilkan prototype radio shack. Berat dari perangkat ini 2 kg, radio shack trs-80 versi model 100 mobile pc dengan fitur modem, text editor, telecommunications program serta program yang dirancang oleh Microsoft.

Pada tahun 1984 IBM mengembangkan portable pc 5155 menjadi suatu perangkat dengan berat 13,6 kg dan layar 9 inch.

7. Compact SLT 289 (1984-1988)

Compaq SLT 286

Compaq juga tak ingi kalah saing dalam pengembangan laptop. Compaq merilis produk bernama Compaq SLT 286 denga revolusi VGA, serta dilengkapi dengan prosesor 12MHz, harddisk drive 20MB, 1,44 floppy disk, beratnya 6,3 kg serta keyboard dapat dipisahkan dari badan laptop. komputer portable pertama yang dapat di bawa dalam perjalanan dalam penerbangan.

8. Minisport (1990-an)

Minisport computer

Pengembangan laptop pada tahun 1990-an merupakan masa revolusi terbesar yaitu diawali dari munculnya minisport yang dirilis zenith data systems dengan fitur 1,44 inch floppy drisk, 640 Kb RAM, 20 MB esdi hard drive dan 2400 baud modem

Di era tahun 1990-an pabrik macintosh dan macintosh portable melakukan gebrakan besar untuk membuat laptop dengan berat 8 kg, layar 9,8 inch versi active matrix, memiliki resolusi  layar 640×400 pixel, desain yang kuat dan kokoh, dan sebuah trackball telah dibuat secara inovatif untuk melengkapinya.

Layar 256-color merupakan pilihan utama untuk laptop pada tahun 1993, misalnya powerbook 165.

9. Toughbooks (1996-2003)

panasonic toughbooks

Panasonic dan intel membuat juga ikut serta membuat laptop milik mereka dengan berfokuskan pada segmen robust mobile pc yaitu toughbook (cf-25), laptop andalan mereka saat ini. Desain dari toughbook ini dirancang dengan kelebihan ”bertahan” walaupun jatuh dari ketinggian 70 centimeter. Selain itu latop ini tahan akan akan udara lembab dan debu.

10. Laptop Masa kini (2003-sekarang)

Begini Perkembangan Laptop

Setelah betahun-tahun akhirnya laptop masa kini telah berkembang dengan baik dan canggih hal terseut dikarenakan kemajuan ilmu di bidang teknologi yang semakin canggih sehingga mendukung perkembangannya.

Laptop zaman sekarang sudah banyak memeberikan keuntungan bagi penggunanya, bahkan penggunaan laptop sudah mayoritas di kalangan dunia. Hal tersebut dikarenakan penggunaannya mudah, cepat dan paktis. Bentuk laptop zaman sekarang sudah bermacam-macam dengan desain yang menarik, rata-rata semua laptop yang beredar sekarang ini sudah ringan dan ramping.

Fitur yang ditawarkan pada laptop zaman sekarang juga begitu menarik perhatian bahkan bebrapa laptop sudah  bisa touch screen dan perangkat software dan hardware yang lebih baik dari zaman dulu. Mungkin masa depan akan menawarkan fitur yang lebih lagi dengan karena ilmu di bidang teknologi sangat berkembang pesat dan banyakpara ilmuwan terus mengembangkannya.

Leave a Reply

Send this to a friend