Cara Mengatasi The Windows Experience Index For Your System Could Not Be Computed

Windows merupakan slaah satu sistem operasi yang hampir dimiliki oleh pengguna komputer saat ini. Mengapa sistem operasi Windows begitu populer di kalangan pengguna ? Itu dikarenakan sistem operasi Windows memiliki kinerja yang sangat baik, user interface yang sangat ramah, dan pengoperasiannya yang sangat mudah untuk para pengguna awam. Sehingga banyak para pengguna komputer menginstall sistem operasi Windows ini di komputer mereka.

Pada sistem operasi Windows, memiliki fitur yang dinamakan dengan Windows Experience Index. Dimana fitur tersebut merupakan suatu fitur yang dapat melakukan penilaian untuk mengukur kualitas dan spesifikasi dari perangkat keras yang kita gunakan pada komputer, contohnya seperti grafik, RAM dan processor.

Pada saat kita menginstall Windows atau setelah mengganti hardware pada komputer, biasanya akan menimbulkan pesan warning apabila hardware yang kita pasang terjadi suatu kesalahan.

Cara Mengatasi The Windows Experience Index For Your System Could Not Be Computed

Pesan yang biasanya muncul apabila Windows Experience Index yaitu seperti The Windows Experience Index For Your System Could Not Be Computed. Penyebab dari Windows Experience Index tidak dapat berjalan dengan baik yaitu dikarenakan terjadinya file corruption pada file sistem.

Jika sudah muncul pesan seperti itu, maka kita harus dengan segera untuk memperbaiki letak kesalahan pada sistem kita. Berikut Cara Mengatasi The Windows Experience Index For Your System Could Not Be Computed.

1. Melalui CMD

CMD atau singkatan dari Command Prompt merupakan salah satu aplikasi yang sangat berguna apabila kita ingin mencari letak kesalahan dari sistem komputer yang kita miliki.

Apabila sistem kita menampilkan pesan seperti The Windows Experience Index For Your System Could Not Be Computed, kita dapat mengatasinya dengan melakukan perintah melalui CMD. Berikut cara mengatasi The Windows Experience Index For Your System Could Not Be Computed melalui CMD.

1. Bukalah aplikasi Command Prompt yang ada di komputer Anda dengan cara mengetikkan CMD pada mesin pencari Windows. Lalu klik kanan pada aplikasi CMD dan klik menu Run as Administrator. Selanjutnya ketikkan perintah DISM.exe/Online/Cleanup-image/Restorehealth. Lalu klik tombol Enter.

Cara Mengatasi The Windows Experience Index For Your System Could Not Be Computed

2. Tunggulah beberapa saat, kemudian ketikkan kembali perintah selanjutnya untuk melakukan scanning yaitu perintah sfc /scannow. Kemudian klik tombol Enter.

Cara Mengatasi The Windows Experience Index For Your System Could Not Be Computed

2. Menonaktifkan Antivirus

Antivirus pada komputer juga dapat menyebabkan komputer kita mengalami error, terlebih lagi pada saat kita baru memperbaharui sistem atau mengganti hardware pada komputer kita. Oleh karena itu untuk mengatas pesan The Windows Experience Index For Your System Could Not Be Computed, kita dapat melakukannya dengan cara menonaktifkan antivirus.

1. Dikomputer saya, saya menggunakan antivirus Avast. Dan biasanya setiap antivirus memiliki cara untuk menonaktifkannya tersediri. Anda dapat melakukannya sesuai dengan cara menonaktifkan antivirus yang Anda miliki. Untuk menonaktifkan antivirus Avast, Anda dapat mengklik menu system tray yang berada di taskbar. Kemudian klik kanan pada icon aplikasi Avast.

Selanjutnya akan terdapat berbagai menu, klik menu Avast shields control. Dan pilihlah menu nonaktif yang ingin Anda gunakan.

Cara Mengatasi The Windows Experience Index For Your System Could Not Be Computed

3. Menonaktifkan Windows Firewall

Langkah terakhir yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi The Windows Experience Index For Your System Could Not Be Computed yaitu dengan menonaktifkan Windows Firewall.

1. Kliklah tombol pencarian yang berada dibagian taskbar. Kemudian ketikkan Windows Defender. Klik aplikasi Windows Defender Security Center.

windows firewall

2. Pada tampilan awal aplikasi Windows Defender, kliklah button Firewall & network protection.

windows firewall

3. Lalu klik menu Public (non-discoverable) network. Didalam menu tersebut, geser toggle Windows Firewall menjadi Off.

windows firewall

Demikianlah artikel yang menjelaskan mengenai cara mengatasi The Windows Experience Index For Your System Could Not Be Computed. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Send this to a friend