Mode Satu Tangan Android 12

Google Kembangkan Fitur Satu Tangan Untuk Android 12

NESABAMEDIA.COMSelama bertahun-tahun, pabrikan smartphone terus membuat perangkat yang lebih besar. Memang hal tersebut akan membuat nyaman saat membaca atau menonton, namun di sisi lain akan semakin menyusahkan ketika harus menggunakan smartphone dengan satu tangan.

Sebagai kompensasinya, beberapa pabrikan smartphone kemudian mencoba menghadirkan solusi dengan mengembangkan software untuk meningkatkan penggunaan perangkat satu tangan. Paling dikenal adalah Apple dengan fitur Reachability-nya. Dan kini, Google juga mencoba menghadirkan fitur penggunaan perangkat dengan satu tangan pada Android 12. 

Diketahui bahwa Google tengah mengembangkan sebuah fitur satu tangan untuk dimasukkan dalam AOSP, sebuah versi open source dari Android. Itu artinya bahwa fitur baru tersebut akan bisa diakses oleh semua pabrikan smartphone yang menggunakan AOSP tersebut. Lebih pentingnya lagi, ini berarti bahwa pabrikan yang tidak memiliki fitur satu tangan itu, bisa memanfaatkan fitur buatan Google tanpa harus mengembangkannya sendiri. 

Namun masih belum diketahui apakah Google berencana untuk memasukkan semua versi dari fitur satu tangan itu ke semua perangkat Android 12. Dan karena informasi yang masih terbatas soal bagaimana fitur itu nanti bekerja, bisa dibilang fitur itu akan seperti mengecilkan seluruh layar dan ditempatkan di bagian pojok tampilan perangkat. Seperti yang ada pada fitur satu tangan yang dikembangkan oleh ASUS. 

Yang diketahui sejauh ini adalah ada informasi bahwa Google mengembangkan sebuah fitur yang bisa mengecilkan layar hingga 40 persen dari ukuran maksimalnya. Juga diketahui bahwa Google akan menghadirkan sebuah cara untuk mengaktifkan mode satu tangan dengan memanfaatkan tiga tombol tradisional, termasuk untuk mode navigasi gestur yang baru.

Rencananya, Google akan menambahkan pengaturan mode satu tangan di Android 12 itu ke bagian Settings → System → Gesture → One Handed. Ini cukup masuk akal, karena fitur satu tangan itu termasuk dalam pengaturan gestur. 

Sebelumnya, fitur satu tangan ini sebenarnya sudah banyak diajukan oleh pabrikan smartphone kepada Google selaku pengembang Android. Misalnya kala itu Huawei yang bahkan telah mengajukan fitur satu tangan buatan mereka ke pihak Google. Namun pengajuan itu ditolak, karena ternyata fitur itu menimbulkan konflik dengan fitur lain dan memiliki beberapa bugs. 

Jadi meskipun sangat ditunggu-tunggu, namun bukan hal yang biasa dilakukan Google untuk meluangkan waktu guna menerapkan fitur yang sudah banyak dikembangkan oleh pabrikan smartphone lainnya.

Leave a Reply

Send this to a friend