Bocoran Source Code Microsoft Windows XP

Seberapa Berbahaya Bocornya Source Code Windows XP?

NESABAMEDIA.COMWindows XP pertama dirilis pada Oktober tahun 2001, dan merupakan sistem operasi yang basisnya menggunakan Windows 2000 namun dengan peningkatan yang signifikan.

Jika ingin mengukur seberapa baik sistem operasi ini, bisa dilihat pada 11 tahun berikutnya. Pada 2012, tidak hanya masih ada, tetapi juga masih mendominasi pasar dengan market share sebesar 46 persen, mengalahkan penggantinya yakni Windows 7 yang hadir dengan sejumlah fitur lebih modern. 

Bagi para pengamat teknologi, Windows XP bisa dianggap sebagai sistem operasi paling sukses sepanjang sejarah. Sementara bagi kebanyakan pengguna, merupakan sistem operasi yang mengiringi aktivitas mereka.

Bocornya teknologi sebuah produk, sudah menjadi bagian dari bisnis. Namun secara keseluruhan, hal itu bukanlah kabar yang baik. Seperti yang dialami Windows XP yang source codenya bocor beberapa hari yang lalu, bersama dengan sejumlah sistem operasi milik Microsoft lama lainnya. 

Di sejumlah situs bawah tanah, source code sistem operasi tersebut dibagikan secara cuma-cuma dan jumlahnya pun terus meningkat. Memungkinkan orang tidak bertanggung jawab memanfaatkan celah yang ada. Tentunya bocornya source code itu menjadi ancaman bagi banyak perusahaan yang masih menggantungkan bisnis mereka lewat sistem operasi itu. 

Ada banyak alasan perusahaan-perusahaan itu masih memilih bertahan menggunakan sistem operasi Windows XP ketimbang harus meningkatkannya ke sistem operasi lebih modern dan baru. Utamanya adalah masalah faktor biaya dan penerapan teknologinya.

Perusahaan perlu hitung-hitungan mengenai biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli sistem operasi yang baru. Kemudian berlanjut dengan masalah penerapan teknologi baru, tentunya seperti membangun sistem dari awal, karena banyak yang berubah.

Sejauh ini tercatat masih ada sebanyak 25 juta pengguna baik personal maupun perusahaan yang masih mengandalkan Windows XP. Mungkin dampaknya tidak terlalu besar bagi pengguna personal, namun tahukah anda masih banyak mesin ATM, hingga peralatan pabrik di luar sana yang masih menggunakan sistem operasi tersebut? Ya dan jumlahnya lebih banyak dari pengguna personal.

Bayangkan, jika source code itu dieksploitasi, maka yang terjadi adalah mesin ATM yang masih menggunakan Windows XP tentunya akan mendapatkan ancaman yang serius. 

Leave a Reply

Send this to a friend