Microsoft Windows 10 Mobile

Ternyata Microsoft Pernah Batalkan Proyek Integrasi Aplikasi Android dengan Windows 10 Mobile

NESABAMEDIA.COMMayoritas ponsel yang beredar di pasaran saat ini didominasi oleh sistem operasi Android dan iOS. Namun Microsoft diketahui juga merambah pasar mobile dengan sistem operasi Windows Phone dan Windows 10 Mobile. Sayang gaungnya tidak sekencang Android dan iOS.

Windows 10 Mobile menjadi langkah terakhir Microsoft untuk merambah ke pasar ponsel dan mendapatkan perhatian dari para pengguna. Padahal fitur yang ditawarkan pun cukup menjanjikan, seperti tampilan antara muka yang khas Live Tile, mode desktop untuk layar eksternal, dan dukungan untuk aplikasi Windows universal.

Sayangnya meskipun dengan sejumlah dukungan fitur tersebut, pada kenyataanya Windows 10 Mobile justru kekurangan aplikasi yang mendukung, tidak sebanyak yang bisa dilakukan oleh Android dan iOS. Tentu hal ini menjadi faktor utama sistem operasi tersebut kalah populer dibandingkan Android dan iOS.

Namun tidak tinggal diam, saat ini Microsoft tengah melakukan pengembangan besar-besaran agar aplikasi Android bisa berjalan di Windows 10 Mobile seluruhnya. 

Microsoft mengembangkan proyek yang nantinya menghasilkan beberapa program yang bisa menjadi jembatan antara aplikasi Android dan iOS dengan perangkat Windows. Sehingga para pengembang aplikasi bisa dengan mudah mengintegrasikan aplikasi buatan mereka tak hanya ke Android dan iOS saja, tetapi juga sistem operasi milik Microsoft tersebut.

‘Jembatan’ pertama yang dikembangkan oleh Microsoft tersebut dikerjakan dalam dua proyek yang bernama Project Islandwood dan Project Centennial. Dua proyek ini berfokus dalam integrasi antara iOS dengan Windows, seperti yang banyak diberitakan belakangan ini.

Kemudian ‘jembatan’ kedua dikembangkan dengan proyek ketiga yang bernama Astoria, yang berfokus pada integrasi antara Android dengan Windows. Sayangnya proyek ini ditarik menjelang perilisannya. Namun preview buildnya masih sempat dianalisa sejumlah peneliti, sehingga memberikan gambaran kepada para pengguna seperti apa proses dan metode yang digunakan.

Membuat sebuah proyek yang memfasilitasi porting antar satu sistem operasi ke sistem operasi lainnya memang sebuah hal yang menarik, namun Project Astoria lebih menjanjikan.

Proyek ini memungkinkan end-user untuk menginstal aplikasi Android ke ponsel Windows mereka dengan mudah. Untuk melakukannya caranya cukup mudah, hanya dengan mengaktifkan mode pengembang di ponsel Windows 10 Mobile dan kemudian menginstal aplikasi APK2W10M di PC, kemudian menghubungkannya dengan ponsel dan pasang aplikasi yang diinginkan. 

Leave a Reply

Send this to a friend