Cara Mengatasi KTP Tidak Valid Saat Daftar Prakerja

Begini Cara Mengatasi KTP Tidak Valid Saat Daftar Prakerja (Terbukti Berhasil)

Dalam melakukan pendaftaran prakerja, pasti kita pernah menemui kendala seperti KTP tidak valid, nah Anda tidak perlu khawatir lagi karena pada artikel ini akan menunjukkan cara mengatasi pendaftaran prakerja yang terkendala KTP Tidak Valid.

Tetapi, sebelum itu kita harus mengetahui apa yang dimaksud dengan Prakerja. Prakerja merupakan salah satu program yang dibuat oleh pemerintah untuk memberikan pelatihan-pelatihan dan insentif kepada para calon pekerja.

Pada program prakerja ini, setiap pengguna yang lulus seleksi akan diberikan sebuah kartu digital untuk dapat melakukan program pembinaan dan juga pelatihan. Nantinya tim prakerja akan memberikan saldo pelatihan atau pembinaan melalui bank BNI, OVO, Gopay atau Link aja. Oleh karena itu, untuk Anda yang tidak memiliki rekening bank atau akun digital wallet diatas, Anda harus membuat akunnya terlebih dahulu.

Cara Mengatasi Pendaftaran Prakerja yang Terkendala KTP Tidak Valid

Bagi Anda yang belum memiliki pekerjaan atau yang di PHK dari pekerjaannnya karena covid-19, maka Anda dapat mendaftar kartu Prakerja melalui website Prakerja.co.id. Seluruh masyarakat Indonesia dari sabang sampai marauke yang belum memiliki pekerjaan dan tidak sedang menjalani pendidikan formal dapat mendaftar atau mengikuti program prakerja.

Program ini juga dilakukan demi mengembangkan kreativitas dan kemampuan masyarakat Indonesia yang berguna untuk terjun langsung ke dalam dunia kerja. Cara mendaftar program kartu prakerja ini juga termasuk sangat mudah, karena keterangan dan form yang akan diisi pada website prakerja tersebut sangatlah jelas.

Tetapi, pernahkah Anda menemui masalah KTP tidak valid? Jika iya, maka Anda tidak perlu cemas lagi kalau KTP Anda tidak terdaftar atau pun KTP Anda salah.

Tetapi coba saja cara dibawah ini terlebih dahulu, yaitu dengan cara mengganti email atau mendaftar menggunakan email yang lain. Berikut adalah beberapa caranya :

1 . Apabila ketika Anda mendaftar kartu prakerja muncul notifikasi seperti ini saat memasukkan nomor KTP, maka Anda jangan panik dahulu. Dan jangan langsung beranggapan kalau nomor KTP Anda tidak terdaftar di pemerintahan. Bisa saja, ini hanya masalah teknis dari sistem dan mengharuskan Anda untuk mengganti email saat mendaftar akun kartu prakerja.

Cara Mengatasi KTP Tidak Valid Saat Daftar Prakerja

2. Setelah itu, Anda dapat meninggalkan laman tersebut, dimana nomor KTP Anda tidak valid ketika mendaftarkan kartu prakerja. Saat ini yang Anda butuhkan adalah email lain yang nantinya dapat Anda gunakan untuk mendaftar program prakerja. Apabila Anda memiliki email cadangan yang telah Anda daftar sebelumnya, Anda dapat mencobanya menggunakan email tersebut. Dan apabila Anda tidak memiliki alamat email cadangan, Anda dapat mendaftar email yang baru.

3. Untuk mendaftarkan email baru, Anda dapat langsung masuk ke laman gmail.com. Kemudian klik button Buat Akun yang terletak pada pojok kanan atas.

prakerja

4. Anda akan diminta untuk mengisikan Nama, alamat email yang diinginkan beserta password. Setelah itu klik Berikutnya.

prakerja

5. Lalu, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor handphone yang aktif, tanggal lahir dan gender. Jika telah diisi, maka Anda harus klik tombol Berikutnya.

kenapa verifikasi ktp prakerja tidak valid

6. Pada tahap ini Anda harus memastikan nomor yang Anda masukkan tersebut telah aktif, karena gmail akan mengirimkan SMS berupa kode verifikasi yang berjumlah enam digit. Klik Kirim agar tim gmail dapat memberikan kode tersebut.

prakerja

7. Selanjutnya gmail akan memberikan kode verifikasi ke nomor yang telah Anda berikan sebelumnya. Kemudian klik tombol Verifikasi untuk melanjutkan.

prakerja

8. Klik Ya, saya ikut.

verifikasi ktp kartu prakerja tidak valid

9. Klik Saya Setuju untuk menyetujui apa peraturan yang telah diajukan oleh tim gmail.

prakerja

10. Nah sekarang email Anda sudah dapat digunakan.

kenapa ktp tidak valid di kartu prakerja

11. Maka langkah selanjutnya yaitu Anda harus membuka website prakerja.go.id untuk melakukan pendaftaran akun menggunakan email yang baru saja Anda buat. Klik Daftar Sekarang.

prakerja

12. Ketikkan alamat email dan password yang Anda inginkan. Perlu diingat bahwasanya, email yang digunakan adalah email yang sebelumnya Anda buat. Setelah itu centang pada bagian saya menyetujui syarat dan ketentuan, kemudian klik Daftar.

prakerja

13. Maka akan muncul notifikasi, klik Kembali ke Login.

prakerja

14. Lalu kembalilah ke akun gmail yang tadi Anda buat, lalu buka pesan yang dikirimkan oleh tim Kartu Prakerja.

prakerja

15. Klik button berwarna biru yang bertuliskan Verifikasi Email Sekarang.

prakerja

16. Klik Lihat Dashboard.

prakerja

17. Cobalah login kembali dengan menggunakan alamat email dan password yang Anda daftarkan sebelumnya.

prakerja

18. Selanjutnya masukkan nomor KTP dan no Kartu Keluarga. Kemudian klik tombol Lanjutkan.

prakerja

19. Nah, sekarang no KTP dan no KK Anda dapat digunakan untuk mendaftarkan kartu prakerja.

Demikianlah artikel yang menjelaskan bagaimana cara mengatasi pendaftaran prakerja yang terkendala KTP Tidak Valid. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk mendaftar program kartu prakerja.

Leave a Reply

Send this to a friend