• Our Partners:

cara mengatasi windows error recovery

2 Cara Mengatasi Windows Error Recovery Paling Ampuh, Yuk Dicoba!

Apakah anda tahu bagaimana cara mengatasi Windows Error Recovery yang sudah terbukti berhasil? Namun sebelum kita membahas tentang langkah-langkah yang harus anda lakukan. Anda harus terlebih dahulu tahu apa yang dinamakan Windows Error Recovery.

Perlu anda tahu bahwa masalah ini sebenarnya bisa dialami oleh siapa saja. Padahal sebelumya kondisi komputer atau laptop kira baik-baik saja. Tiba-tiba ketika menyalakan komputer kemudian kita dihadapkan oleh permasalahan seperti ini.

2 Cara Mengatasi Windows Error Recovery Paling Ampuh

Windows Error Recovery dapat terjadi pada perangkat komputer maupun laptop yang usianya sudah cukup lama. Selain itu, hal lain yang bisa mengakibatkan permasalahan ini muncul adalah kesalahan dalam startup pada sistem operasi yang anda gunakan. Kondisi seperti ini tidak boleh anda biarkan. Jika terus anda biarkan, maka khawatir permasalahan yang anda alami malah semakin parah. Berikut cara untuk mengatasinya:

1. Pastikan Harddisk Terdeteksi dan Booting Pertama Kali

Salah satu penyebab Windows Error Recovery adalah harddisk yang tidak terdeteksi atau tidak booting pertama kali ketika komputer / laptop dihidupkan. Untuk mengatasi masalah ini, anda perlu masuk ke menu BIOS terlebih dahulu.

1. Restart atau hidupkan komputer anda kemudian tekan tombol F2 atau Fn+F2 berulang kali hingga muncul tampilan BIOS yang kurang lebih seperti gambar dibawah ini. Tombol untuk masuk BIOS maupun tampilan BIOS punya saya mungkin bisa jadi berbeda, tergantung jenis motherboard dan merk laptop.

cara mengatasi windows error recovery pada laptop

2. Pindah ke tab Boot kemudian pastikan Harddisk anda terdeteksi. Terkadang muncul nama / merk dari harddisk itu sendiri. Pastikan juga bahwa posisi harddisk berada di urutan paling atas, sehingga nanti komputer / laptop melakukan booting pertama kali dari harddisk.

Windows Error Recovery pada Windows 10 - 2

3.  Setelah itu simpan pengaturan BIOS dengan menekan tombol F10. Kemudian coba dicek apakah muncul tampilan Windows Error Recovery atau tidak. Jika masih tetap muncul bisa lanjut ke cara yang kedua.

Windows Error Recovery pada Windows 10 - 3

2. Parbaiki MBR Melalui CMD

Untuk memperbaiki MBR bisa dilakukan melalui CMD. Namun terlebih dahulu kita harus menyiapkan bootable flashdisk yang di dalamnya sudah ada installer Windows-nya.

Untuk langkah-langkah cara membuat bootable flashdisk bisa anda cek melalui link ini. Jika anda mengikuti tutorial tersebut dengan benar maka anda akan dibawa pada jendela awal instalasi seperti gambar dibawah ini. Perlu dicatat ya, disini kita tidak sedang melakukan instalasi Windows.

1. Pada jendela awal instalasi Windows, pilih Next.

cara mengatasi windows error recovery tanpa cd windows 10

2. Langkah selanjutnya pilih Repair your computer.

Mengatasi Windows Error Recovery Nesabamedia 2

3. Kemudian pilih Troubleshoot.

cara mengatasi windows error recovery pada pc

4. Langkah selanjutnya pilih Advanced options.

Mengatasi Windows Error Recovery Nesabamedia 4

5. Kemudian pilih Command Prompt.

cara mengatasi windows error recovery dengan cmd

6. Ketikkan perintah ini satu per satu dibarengi dengan tombol Enter.

bootrec /ScanOS
bootrec /FixMbr
bootrec /FixBoot
bootrec /RebuildBcd
a
exit

Mengatasi Windows Error Recovery Nesabamedia 6

3. Setelah itu close jendela command prompt kemudian cabut flashdisk anda dan restart / hidupkan kembali komputer / laptop anda. Silakan dicek apakah tampilan Windows Error Recovery masih muncul atau sudah hilang.

Penyebab Lain Windows Error Recovery

Kali ini kami akan memberikan penjelasan kepada anda tentang beberapa hal yang menyebabkan Windows Error Recovery muncul. Setelah anda benar-benar paham tentang beberapa penyebabnya, kemungkinan nanti anda bisa melakukan perbaikan berdasarkan penyebab yang terjadi tersebut.

1. Data sistem corrupt

Penyebab pertamay yang mengakibatkan terjadinya windows errror recovery adalah data sistem di komputer maupun laptop anda yang error. Artinya, data yang terdapat di dalam perangkat anda tersebut kemungkinan rusak sehingga tidak dapat terbaca. Adapun mengenai penyebab kerusakan bisa bermacam-macam. Salah satu penyebab umum adalah karena serangan virus komputer.

Di awal mungkin anda tidak menyadari ada virus komputer yang masuk. Mungkin juga di awal-awal sistem berjalan dengan dengan baik seperti biasa. Namun beberapa hari setelah itu baru anda mulai merasakan ada yang salah pada perangkat anda sehingga pada akhirnya terjadilah windows error recovery.

2. Komputer sering mati

Penyebab kedua bisa juga karena komputer maupun laptop anda yang kerap mati secara tiba-tiba. Mungkin anda pernah mengalami komputer atau laptop anda tiba-tiba mati ketika anda sedang menggunakannya. Bagi orang awam pasti mereka tidak terlalu mempermasalahkannya karena mereka tinggal menghidupkan perangkatnya kembali dan menunggu sampai masuk ke halaman utama Windows seperti biasa.

Namun sebenarnya penyebab inilah yang menjadi kondisi awal Windows Error Recovery muncul. Mungkin di awal memang anda tidak merasakan ada hal yang aneh. Lalu tiba-tiba Windows Error Recovery muncul pada saat anda menghidupkan perangkat anda kembali.

3. Virus

Penyebab Windows Error Recovery yang ketiga adalah karena virus. Virus memang merupakan salah satu hal yang harus diwaspadai, terutama anda yang sering menancapkan USB atau sering masuk ke website yang mencurigakan. Biasanya melalui website inilah virus tersebut dimasukkan tanpa anda sadari. Di awal sepertinya tidak terjadi apa-apa. Beberapa hari kemudian baru anda merasa perangkat anda mulai erorr, kemudian muncul Windows Error Recovery.

One Response

  1. Amma

Leave a Reply

Send this to a friend