6 Tips Memilih Printer yang Bagus dan Murah, Terapkan Sekarang Juga!

Aktivitas cetak-mencetak merupakan salah satu aktivitas yang sering dilakukan oleh orang-orang saat ini. Karena untuk dapat mencetak segala sesuatu saat ini sudahlah terlampau mudah dan gampang.

Hal itu didukung dengan adanya teknologi dan alat yang mampu untuk mencetak sesuatu dengan cepat seperti halnya printer. Begitu juga Anda, pasti Anda adalah salah satu diantaranya yang menggunakan alat berupa printer untuk dapat menyelesaikan pekerjaan kantor maupun sekolah, kan?

Printer secara umum dapat berarti sebuah perangkat keras yang bertugas untuk mencetak sesuatu diatas kertas. Apabila Anda ingin mencetak sebuah data dari penjualan maupun pendapatan yang ada di Microsoft Excel maupun Word, Anda hanya perlu menggunakan alat Printer ini. Jadi Anda tidak perlu bersusah payah dan mengeluarkan tenaga untuk mencatat itu semua diatas lembaran kertas.

tips memilih printer yang bagus dan murah

Printer sendiri ditemukan pada era 80-an sejak pertama kali, yang pada saat itu printer telah menjadi pengganti dari mesin tik yang semakin lama sudah banyak sekali melakukan perubahan, dimulai dari segi jenis dan teknologi yang digunakan.

Dulu, Printer memerlukan waktu yang sangat lama untuk dapat mencetak sebuah dokumen dan hanya bisa mengeluarkan tinta yang berwarna hitam dan putih. Tetapi pada saat ini, printer sudah melakukan perubahan dari yang dahulunya sangat lama hingga menjadi cepat seperti sekarang ini. Dan varian warna yang dihasilkan pun begitu banyak bagus.

Fitur-fitur yang saat ini digunakan setiap orang pun sudah banyak yang memiliki fitur pelengkap. Dan berikut adalah fitur pelengkap dari sebuah printer :

  • Printer sudah menggunakan teknologi wireless.
  • Printer sudah menggunakan teknologi portable.
  • Printer Mini, Printer ini untuk ukuran kertas yang kurang dari kertas A4.
  • Printer saat ini sudah bisa mencetak sebuah foto yang berwarna sampai dengan ukuran besar.
  • Printer saat ini sudah bisa scanning document atau memindai dokumen.
  • Printer saat ini sangat cepat untuk mencetak, terlebih pada printer laser jet printer.

Dengan fitur-fitur pelengkap seperti diatas tersebutlah yang membuat setiap orang harus memilikinya untuk berbagai macam pekerjaan dan mempermudah pekerjaan mereka. Apalagi untuk mahasiswa dan sebuah perusahaan, pasti dengan adanya printer tersebut membuat pekerjaan menjadi sangat cepat dan mudah untuk dikerjakan.

Untuk membeli sebuah printer juga Anda harus melakukan beberapa tips dibawah ini, hal ini dimaksudkan agar printer yang dibeli akan awet dan bagus hasilnya. Berikut adalah tips-tips memilih printer yang bagus:

1. Belilah Printer yang Masih Baru

tips memilih printer yang bagus dan murah

Untuk tips yang satu ini kamu harus mengusahakannya, karena seperti yang kita ketahui printer adalah salah satu perangkat keras atau hardware yang sering sekali mengalami kerusakan.

Apalagi kalau tidak dirawat dengan baik, maka dari itu sangat disayangkan jika kamu mendapat kan sebuah printer bekas atau second yang sudah tidak lagi memiliki kondisi yang baik.

Itulah sebabnya mengapa Anda di sarankan untuk membeli sebuah Printer yang masih baru. Tenang saja, printer saat ini juga harganya tidak terlalu mahal. Selain mendapatkan kondisi yang baik, dengan membeli sebuah printer yang masih baru kamu juga mendapatkan garansi dari pabrik dan distributor yang membuat printer tersebut.

2. Pertimbangkan dan Pilihlah Merk Printer yang Memiliki Kualitas Bagus

printer

Ada banyak sekali merk printer yang beredar dipasaran, ada yang dari merk terkenal hingga merk yang jarang kita ketahui. Tetapi disarankan Anda harus membeli sebuah printer dari sebuah merk yang terkenal saja, karena merk yang terkenal tersebut biasanya memiliki kualitas yang sangat bagus. Dan merk-merk printer yang sudah lama terkenal juga telah diuji kualitasnya.

Beberapa merk yang disarankan untuk Anda beli yaitu seperti Canon, Epson, HP, dan beberpa merk printer yang sudah lama dalam bisnis printer lainnya. kamu dapat memilih salah satu dari merk printer tersebut, tetapi kamu juga harus mengecek spesifikasi dari printer tersebut, apakah printer tersebut sesuai dengan kebtuhan kamu atau tidak.

3. Perhatikan Garansi Printer

tips memilih printer yang bagus

Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan untuk membeli sebuah Printer yaitu memperhatikan Garansi Printer. Garansi tersebut diberikan oleh distibutor.

Dan Jika garansi tersebut hanya sebentar, maka kamu harus mencari printer yang memiliki masa jangka waktu garansi yang panjang. Jangka waktu dari garansi yang panjang tersebut menunjukkan keseriusan dari pabrik ataupun distributor akan kualitas dari produk-produk yang telah mereka buat dan mereka jual.

4. Membeli Printer yang Sesuai Kebutuhan

printer

Selanjutnya yaitu Anda harus memikirkan terlebih dahulu yaitu untuk apa Anda membeli sebuah printer. Apabila kamu hanya memerlukan untuk mencetak sebuah dokumen berupa excel maupun word dengan jumlah yang sedikit, maka kamu dapat membeli sebuah printer deskjet dengan cartridge.

Karena jenis printer tersebut sangat mudah untuk dirawat dan lebih tahan lama, apalagi untuk digunakan melakukan proses print dengan jumlah yang sedikit saja. Tetapi, jika kamu sangat membutuhkan printer yang memiliki multifungsi, maka kamu harus membeli printer yang memiliki tipe laser dengan tinta yang berwarna.

5. Cek Kondisi dari Printer Tersebut

printer

Mengecek kondisi dari sebuah printer adalah hal yang wajib untuk Anda lakukan ketika membeli sebuah printer. Walaupun Anda membeli printer ketika dalam kondisi baru, tetap saja hal ini harus Anda lakukan.

Karena printer baru bisa saja mengalami cacat produk dan mengalami gangguan pada operasionalnya. Selain itu, kamu juga harus mengecek apakah printer tersebut berjalan dengan baik atau tidak.

6. Layanan After Sales dari Distributor Harus Diperhatikan

tips memilih printer canon yang bagus

Setelah Anda telah mengecek kondiri dari sebuah printer, maka Anda juga perlu memperhatikan layanan after sales dari distributor printer tersebut. Anda harus memilih distributor yang memiliki after sales yang baik, karena hal tersebut berhubungan erat disaat Anda klaim garansi dan proses service pada printer jika terjadi sebuah kerusakan atau gangguan. Dengan layanan after sales yang baik pun Anda akan semakin merasa nyaman.

Demikian dari artikel mengenai tips memilih printer yang bagus dan murah. Dengan beberapa tips memilih printer yang bagus diatas kamu dapat membeli sebuah printer yang bagus dan sekaligus merasa aman. Selamat mencoba !

Leave a Reply

Send this to a friend