• Our Partners:

Fungsi Modem ADSL

2 Fungsi Utama Modem ADSL Beserta Kelebihan dan Kelebihan Modem ADSL

Secara umum, fungsi Modem ADSL sama seperti modem yang lainnya yang dapat menghubungkan komputer ke koneksi telepon atau router dan kemudian dan bisa menghubungkan komputer ke jaringan internet dan juga dengan jenis komputer lainnya. Tetapi, ADSL yang memiliki kepanjangan berupa Asychronus Digital Subscriber Line ini merupakan penerima jaringan digital asimetris, jika di terjemahkan ke bahasa Indonesia secara harafiah.

Yang menjadi perbedaannya yaitu transfer data yang dilakukan dengan menggunakan modem yang asimetris. Itu berarti ada sebuah perbedaan dengan kecapetan transfer data dari suatu sisi ke sisi lainnya.

Dengan menggunakan modem ADSL tersebut, sangat memungkinkan untuk splitter, hal itu dimana percakapan teleon dapat terus-menerus berjalan apabila modem terhubung juga pada jaringan internet. Tetapi jarak transimis yang dilakukan oleh ADSL memang cenderung sempit, karena hanya berjarak 4 kilometer saja dan modem ADSL ini umumnya hanya difunakan pada dalam ruangan perkantoran saja.

Fungsi Modem ADSL

Dahulunya, modem ADSL ini masih memanfaatkan kabel telepon biasa dan selanjutnya dapat diterapkan dengan menggunakan kabel yang telah terbuat dari serat optik. Kabel yang terbuat dari serat optik ini dinilai lebih cepat dan juga lebih efisien pada memberikan paket data dan sinyal.

Dan fungsi dari sebuah modem Adsl sebelum adanya ADSL terbentuk yaitu Adsl awalnya yaitu sistem yang seperti kita kenal dengan sebutan dial up. Dial-up ini merupakan ponsel yang bekerja dengan langsung sebagai penghubung di antara jaringan internet dengan komputer. Walaupun begitu, sistem dari dial-up yang memanfaatkan kabel telepon ini memiliki banyak kekurangannya, seperti contoh sistem telekomunikasi yang memiliki kecepatan rendah dan juga tidak fungsional ketika akan menggunakan ponsel.

Modem ADSL juga telah dikembangkan untuk dapat mendukung serta menutupi kekurangan yang muncul di koneksi dial ip yang konvensional. Modem ADSL selanjutnya diperkenalkan lewat publik yang pada saat itu berada di bawah naungan modem DSL, dan kemudian dapat menjadi pilihan yang begitu banyak dipergunakan pada saat itu, yang mana ISP pada saat itu belum banyak didirikan.

Modem ADSL di Indonesi dipopulerkan oleh PT. Telkom untuk dapat mendukung formasi dari ISP telkom, yakni Speedy yang banyak menggunakan jaringan telepon rumah untuk bisa terhubung dengan jaringan internet.

Sama seperti fungsi pada sebuah router, modem ADSL juga memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Kekurangan dan kelebihan ini bisa menjadi tolak ukur Anda untuk ingin menggunakannya atau tidak. Berikut kekurangan dan kelebihan dari sebuah modem ADSL :

Kekurangan Modem ADSL

Fungsi Modem ADSL

Kekurangan dari sebuah modem ADSL ini merupakan kelemahan dari modem ADSL tersebut. Dan berikut kekurangan-kekurangan dari sebuah modem ADSL :

  • Apabila jarak diantara PC dan ponsel atau jarak antara gardu induk dan phone sangat jauh, maka kecepatan jaringannya pun akan semakin melambat. Dan begitu juga sebaliknya.
  • Modem ADSL dikenal juga belum didukung untuk menggunakan serat fiber.
  • Penggunaan dari modem ADSL ini hanya didukung oleh beberapa sistem operasi komputer saja. Salah satu sistem operasi yang tidak mendukung adanya modem ADSL ini yaitu MAC OS.
  • Kecepatan koneksi yang tidak stabil tersebut tergantung pada kondisi dari tiang tinggi yang dimiliki oleh ISP, yang mana ISP akan menjadi penyedia layanan pada modem ADSL.
  • Pada modem ADSL, kualitas yang dihasilkan untuk dapat terhubung dengan Internet tergantung oleh kondisi cuacanya.
  • Pada modem ADSL terdapat kumparan beban, dan biasanya kaan mengganggu performa pada modem tersebut. Karena kumparan beban tersebut akan menyebabkan ketidaksesuaian jalut pada modem ADSL.

Dikarenakan kekurangan-kekurangan diatas, saat ini penggunaan modem ADSL kurang populer. Karena kurangnya kecepatan yag dihasilkan, dan orang-orang biasanya akan menggunakan teknologi wireless atau fiber optic yang dinilai lebih memiliki kecepatan intercet yang cepat daripada menggunakan modem ADSL.

Kelebihan Modem ADSL

modem ADSL

Beberapa kelebihan dari modem ADSL ini membuat para penggunanya menjadi lebih nyaman ketika terhubung ke jaringan internet. Berikut kelebihan-kelebihan dari modem ADSL :

  • Modem ADSL tidak perlu memasang kabel yang baru.
  • Modem ADSL akan membagikan data suara dan juga memiliki data.
  • Modem ADSL sangat memungkin kan kamu untuk melakukan panggilan telepon walaupun masih melakukan koneksi internet.

Kelebihan modem ADSL diatas tidak mengkhawatirkan pengguna dengan gangguan telepon rumah mereka saat menghubungkan Internet.

Fungsi Modem ADSL

Fungsi Modem ADSL

Dari sebuah modem ADSL juga memiliki beberapa fungsi yang didasari dari pengaplikasiannya di masyarakat. Dan berikut fungsi-fungsu dari Modem ADSL :

1. Modem ADSL Mengediakan koneksi Internet dengan memanfaatkan Telepon Rumah

Pada fungsi yang pertama ini pasti sangat membuat Anda merasakan kenyamanan ketika menggunakan Modem ADSL, karena dengan memanfaatkan telepon rumah, modem ADSL akan memberikan kepraktisan ke setiap penggunanya. Seperti yang kita ketahui, disetiap rumah pasti memiliki jaringan telepon rumah, yang mana kemudian dapat menghubungkan ke jaringan internet.

Jaringan tersebut yang menggunakan modem ADSL akan membuat pemilik rumah tersebut dapat dengan mudah atau gampang terhubung dengan jaringan internet tanpa harus repot untuk melakukan pengaturannya. Apabila seseorang tersebut akan berlangganan, maka modem ADSL ini telah termasuk ke dalam sebuah paket sehingga tidak perlu menginstalasinya sendiri.

2. Membagi Frekuensi Pengiriman

Fungsi selanjutnya dari sebuah modem ADSL adalah dapat membagi pembawa frekuensi. Saat ketika menghubungkan dial-up, maka frekuensi yang telah diteria tidak akan bisa dibagi, yang akhirnya akan membuat percakapan telepon tidak akan bisa dilakukan saat menghubungkan internet. Tetapi, dengan modem ADSL tersebut, frekuensi dapat dibagikan menjadi 2 hal, yaitu :

  • Frekuensi tinggi yang dapat digunakan untuk mengantarkan data dan melakukan koneksi internet
  • Frekuensi rendah untuk dapat melakukan percakapan telepon maupun untuk fax.

Maka dari itu, apabila Anda menggunakan Modem ADSL, maka Anda juga dapat melakukan percakapan apalagi saat menghubungkan internet menggunakan handphone secara bersamaan.

Itulah beberapa fungsi dari sebuah modem ADSL. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dan dapat meningkatkan wawasan Anda seputar modem ADSL.

Leave a Reply

Send this to a friend