9 Manfaat LAN Card pada Jaringan Komputer yang Perlu Anda Ketahui

LAN Card adalah sebuah chip atau kartu yang disisipkan ke dalam sebuah laptop atau komputer yang memiliki fungsi untuk dapat mentransmisikan jaringan LAN atau singkatan dari Local Area Network. LAN itu sendiri adalah salah satu jaringan paling banyak yang digunakan oleh sejumlah orang untuk berbagai kepentingan. Tempat-tempat yang biasanya mengandalkan LAN sebagai jaringan aksesnya yaitu sekolah, warnet dan kantor.

Apabila Anda ingin membangun sebuah jaringan komputer LAN, Anda dapat menggunakan tiga metode. Yaitu metode wired (menggunakan kabel), wireless (tanpa menggunakan kabel) dan Anda dapat menggunakan metode keduanya.

Jika Anda ingin menggunakan metode pertama yaitu metode wired yang menggunakan kabel, maka Anda harus menggunakan Ethernet untuk membangun jaringannya. Sedangkan apabila Anda menggunakan metode yang kedua yaitu menggunakan metode wireless yang tanpa menggunakan kabel maka Anda dapat menggunakan sinyal Wi-Fi.

Manfaat LAN Card

Biasanya dikebanyakan jaringan LAN yang terdapat dirumah-rumah, mereka selalu mengunakan sebuah router untuk dapat membuat sebuah jaringan dan juga untuk dapat mengelola perangkat yang terhubung dengannya. Router itu berguna untuk menjadi pusat koneksi dan memungkinkan sejumlah perangkat seperti handphone, komputer, laptop, dan lain sebagainya untuk bisa saling terhubung satu sama lain.

Router tersebut akan terhubung pada sebuah modem atau kabel untuk dapat menyediakan akses internet pada perangkat yang terhubung. Ada banyak kelebihan-kelebihan yang ditawarkan oleh LAN. Berikut ini adalah kelebihan-kelebihan dari LAN atau Local Area Network :

  1. Jaringan komputer LAN biasanya memiliki kecepatan yang cukup tinggi.
  2. Jaringan komputer LAN juga sangat mudah untuk diterapkan ke semua jenis komputer yang ada.
  3. Jaringan komputer LAN dapat mempercepat proses saat mentransfer data ke komputer yang berada di suatu lokasi.
  4. Jaringan komputer LAN tidak memerlukan kekhawatiran akan cuaca.
  5. Jaringan komputer LAN tidak memerlukan penggunaan koneksi pada jaringan WAN yang dapat membebani sebagian besar operator.

Manfaat LAN Card

Kartu LAN atau LAN Card ini muncul pada tahun 1950-an, yang mana pada saat itu telah dibuat komputer super yang kian lama menjadi kian di kenal masyarakat. Hal itu pula yang menjadi pendukung pemikiran dari sejumlah peneliti yang ingin komputer tersebut dapat digunakan pada saat yang bersamaan. Dan kemudian wacana-wacana lainnya yang ingin dibuat yaitu agar satu komputer dapat melayani beberapa terminal sekaligus, karena pada saat itu biaya perakitan komputer sangat mahal harganya.

Disaat itulah diciptakan hal yang disebut dengan Time Sharing System, hal tersebut adalah sebuah bentuk pertama munculnya jaringan komputer dan hingga hari ini semakin berkembang pesat. Ada lagi sistem yang dibuat dengan nama Distribution Process setelah era Time Sharing System tergantikan. Yang mana pada saat itu satu host atau server dapat melakukan banyak tugas secara paralel dan terhubung secara serial dengan beberapa komputer dan terminal juga.

Penggunaan Distribution Process pada saat itu sudah mulai matang, dan pada saat harga dari perangkat dan komponen-komponen komputer sudah mulai turun dan telah banyak produksi-produksi komputer maka dimulailah untuk pengembangan jaringan komputer peer to peer system. Peer to peer system ini adalah jaringan komputer yang mana satu komputer dengan komputer lainnya bisa dihubungkan dengan bersamaan. Dan kedua komputer tersebut bertindak sebagai klien maupun server.

Manfaat-manfaat LAN Card

LAN Card

LAN Card merupakan salah satu perangkat komputer yang memiliki beberapa fungsi penting pada jaringan komputer. Fungsi LAN Card yang utama yaitu dapat membantu dalam menghubungkan satu komputer ke jaringan lokal atau biasa kita sebut dengan LAN atau Local Area Network.

LAN seperti yang kita ketahui dapat kita jumpai di beebrapa tempat seperti sekolah, universitas, kantor, warnet dan juga cafe. Dan juga LAN ini dapat membantu setiap unit komputer terhubung satu sama lain di dalam sebuah ruangan. Dan berikut adalah manfaat-manfaat dari LAN Card :

  1. LAN Card dapat dimanfaatkan untuk memainkan game secara multiplayer.
  2. LAN Card dapat dimanfaatkan untuk membagikan koneksi internet dari server ke klien. Dan hanya membutuhkan 1 server dan 1 modem untuk lebih dari 10 komputer.
  3. LAN Card dapat dimanfaatkan untuk berkomunikasi seper mengobrol dan juga chatting antar komputer tanpa memerlukan bantuan WAN atau jaringan internet.
  4. LAN Card dapat dimanfaatkan untuk menjaga kerahasiaan sebuah data, agar data tersebut dapat diakses hanya dengan komputer yang terhubung dalam jaringan LAN. Hal ini digunakan agar data tersebut tidak mudah bocor ke luar jaringan.
  5. LAN Card dapat dimanfaatkan untuk mengakses database dari server.
  6. LAN Card dapat dimanfaatkan untuk mengoptimalkan kinerja dari sebuah server yang mana sebagai penyedia data agar daat dengan mudah diakses oleh komputer klien.
  7. LAN Card dapat dimanfaatkan untuk berbagi file dan data secara mudah dan cepat dalam sebuah jaringan LAN.
  8. LAN Card dapat dimanfaatkan untuk memonitor atau remote performance dan juga pada penggunaan PC dalam jaringan LAN.
  9. LAN Card dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan dan untuk menyebarkan informasi-informasi yang bersifat internal tanpa harus disebarkan melalui jaringan WAN.

Demikian lah artikel mengenai manfaat-manfaat dari LAN Card seperti yang disampaikan. Dengan beberapa manfaat tersebut Anda dapat secara mudah untuk menentukan menggunakan LAN Card atau tidak. Dan artikel mengenai manfaat LAN Card ini mungkin saja bisa menjadi bahan ajaran untuk Anda semua untuk mempelajari sebuah jaringan Internet mengenai LAN maupun LAN Card.

Article Resources

Leave a Reply

Send this to a friend