10 Aplikasi Pengaman HP Android Terbaik dan Terpopuler, Sudah Tahu?

Takut kalau ponsel Android Anda terserang virus dari internet? Ingin mencari aplikasi terbaik yang dapat mengamankan ponsel dari virus? Tenang, Anda tidak perlu terlalu khawatir, karena sebenarnya keberadaan antivirus pada sebuah ponsel Android tidak wajib.

Hal ini karena Android memiliki sistem yang lebih aman dari komputer. Tapi, apabila Anda ingin berjaga-jaga, kami tetap akan membagikan beberapa rekomendasi aplikasi pengaman HP Android.

10 Aplikasi Pengaman HP Android

Tidak hanya mengamankan ponsel dari virus luar, aplikasi berikut ini juga memiliki segudang fitur pengaman yang akan mengamankan privasi dan meningkatkan kinerja ponsel Anda. Penasaran apa saja? Simak sepuluh aplikasi berikut ini.

1. Security Master

Aplikasi Pengaman HP Android

Security Master adalah aplikasi pengaman HP Android yang telah dipercaya oleh lebih dari 25 juta pengguna Android. Aplikasi ini dapat mendiagnosis keadaan ponsel Anda secara real-time. Securtity Master dibekali dengan sistem antivirus nomor satu yang dapat menjaga keamanan file-file Anda dari virus.

Aplikasi ini juga memiliki fitur pemindaian dan pembersihan sampah untuk meningkatkan kinerja ponsel. Dan menariknya, tidak hanya menjaga keamanan ponsel dari virus, aplikasi ini juga dapat menjaga privasi Anda dengan adanya AppLock, sebuah fitur pengunci aplikasi dengan menggunakan sistem kunci pola, PIN, atau sidik jari.

2. Kaspersky Mobile Antivirus

2

Kaspersky Mobile Antivirus juga merupakan aplikasi Android yang dibekali dengan berbagai macam fitur yang dapat mengamankan ponsel Android, baik dari serangan dunia maya atau dunia nyata.

Selain memiliki antivirus yang dapat memindai dan memblokir otomatis segala jenis virus di ponsel, Kapersky juga memiliki fitur pengunci aplikasi yang dapat menjaga privasi Anda dengan menggunakan kode rahasia. Dan Anda juga tidak perlu terlalu khawatir apabila ponsel hilang karena aplikasi ini memiliki fitur yang dapat membantu melacak lokasi ponsel.

3. Antivirus Android by AVG Mobile

3

Salah satu antivirus Andorid paling popular yang memiliki lebih dari 6 juta pengguna. Selain dapat mengamankan ponsel, aplikasi ini menyediakan berbagai fitur yang dapat meningkatkan kinerja ponsel Anda. Contohnya saja, aplikasi ini dapat memindai dan menghentikan aplikasi-aplikasi yang memperlambat respon ponsel Anda.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Info Jalur Arus Mudik Terbaik untuk HP Android

Antivirus by AVG Mobile ini juga dibekali dengan fitur yang dapat membersihkan ponsel dari sampah dan memiliki fitur hemat daya untuk memperpanjang ketahanan baterai. Dan tak ketinggalan dari aplikasi sebelumnya, di sini juga tersedia fitur pengunci aplikasi dan pelacak ponsel yang hilang.

4. Avast Mobile Security

Aplikasi Pengaman HP Android

Avast Mobile merupakan aplikasi yang sering masuk rekomendasi sebagai aplikasi pengaman terbaik untuk ponsel Android. Tidak hanya berfokus pada perlindungan dari virus, Avast juga memberikan banyak fitur untuk meningkatkan perlindungan ponsel pengguna.

Misalnya saja dengan adanya Applock dan Photo Vault, fitur yang akan membuat Anda merasa aman saat orang lain mengakses ponsel Anda. Aplikasi ini dilengkapi dengan VPN, sebuah fitur yang akan menjamin keamanan dan privasi Anda saat melakukan penjelajahan online. Avast juga memiliki Antitheft yang akan membantu Anda melacak lokasi saat ponsel hilang.

5. Avira Antivirus Securty

5

Avira adalah aplikasi yang memiliki beberapa jenis perlindungan. Perlindungan pertama adalah perlindungan ponsel dari spyware maupun malware. Perlindungan kedua yaitu mengangkal serangan ransomware, sehingga Anda tidak perlu khawatir data Anda akan diambil alih orang lain.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Termahal di Play Store, Berfikir 2X untuk Membelinya!

Perlindungan ketiga yaitu sebagai alat anti-pencurian dan pemulihan. Dengan perlindungan ketiga ini, Anda dapat melacak lokasi ponsel saat hilang, mengunci aplikasi dari akses tidak sah, dan menghapus memori ponsel dari jauh sehingga orang lain tidak bisa mengakses privasi Anda.

6. Clean Master

6

Aplikasi dari Cheetah Mobile memang tidak diragukan lagi bagaimana kualitasnya. Tidak hanya Security Master yang menjadi popular, Clean Master juga memiliki banyak peminat dengan  lebih dari 43 juta pengguna.

Seperti namanya, memang fungsi utama aplikasi ini adalah sebagai pembersih ruang penyimpanan dari sampah, tetapi aplikasi ini dilengkapi juga dengan antivirus yang dapat menangkal serangan virus dari luar. Ada juga brankas foto untuk menyimpan foto pribadi, fitur keamanan wifi untuk mendeteksi wifi palsu, dan one tap boost untuk mengoptimalkan kinerja ponsel.

7. 360 Security Lite

7

360 Security Lite adalah aplikasi yang sengaja dirancang dan direkomendasikan untuk Anda yang memiliki memori ponsel kurang dari 1 GB. Walaupun memiliki memori sedikit, 360 Security Lite akan membantu memaksimalkan kecepatan dan kinerja ponsel dengan berbagai fitur yang dibawanya.

Aplikasi berukuran 7 MB ini dapat melindungi ponsel dari virus dan membersihkan penyimpanan dari sampah untuk mempercepat perfroma ponsel. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur hemat daya yang dapat memperpanjang usia baterai.

 

8. Virus Cleaner

8

Aplikasi nomor delapan datang dari aplikasi Virus Cleaner, salah satu aplikasi pembersih virus popular yang memiliki lebih dari 2 juta pengguna. Virus Cleaner membawa mesin antivirus ganda yang akan memindai dan menghapus virus yang membahayakan.

Selain sebagai pembersih virus, Virus Cleaner dibekali dengan fitur-fitur lain, seperti pembersih sampah pada berkas, pendingin CPU,  mengunci aplikasi yang bersifat pribadi, memblokir panggilan yang tak diinginkan, mendeteksi Wifi palsu, dan beberapa fitur keamanan lainnya.

9. Super Cleaner

9

Sama seperti Clean Master, Super Cleaner juga merupakan aplikasi yang dirancang untuk membersihkan ponsel dari berkas-berkas sampah untuk meningkatkan kecepatan ponsel. Tetapi tentu tak lengkap apabila aplikasi sejenis ini tidak dilengkapi dengan antivirus. Dan benar sekali, Super Cleaner juga memiliki sistem antivirus sebagai antisipasi adanya virus dari luar.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Musik Terbaik untuk Android

Selain membersihkan sampah, Super Cleaner juga akan membersihkan berkas singgahan dari aplikasi terdahulu yang sudah di-uninstall. Kemudian, Super Cleaner juga dapat mendinginkan CPU, menghemat daya baterai,  dan mengoptimalkan kinerja ponsel dengan menghentikan aktivitas di latar belakang.

 10. Antivirus Free by NQ Security Lab

10

Tepat seperti namanya, aplikasi terakhir ini dirancang denga fungsi utama sebagai antivirus. Antivirus Free by NQ Security Lab memiliki tiga fitur utama. Pertama, pemindaian cepat hanya dengan sekali ketuk.

Kedua, pemindaian awan untuk menjaga ponsel agar selalu aman dengan cara mengatasi ancaman terkini, dan pemindaian otomatis yang akan langsung bekerja ketika sebuah aplikasi dipasang. Dan jangan khawatir akan daya baterai yang dibutuhkan karena aplikasi ini tidak hanya membutuhkan sedikit memori ponsel, tetapi juga daya ponsel.

Mungkin sekian 10 aplikasi pengaman HP Android pada edisi kali ini. Semoga deskripsi di atas dapat membantu Anda memilih aplikasi terbaik. Terima kasih.

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend