10+ Aplikasi Info Jalur Arus Mudik Terbaik untuk HP Android, Pilih Salah Satu!

Menjelang libur lebaran atau tahun baru, biasanya berita yang paling sering muncul di TV adalah mengenai arus mudik. Banyak perantau dari kota mengambil kesempatan liburan untuk pulang ke kampung halaman.

Dan karena banyaknya orang yang mudik, jalanan menjadi sangat macet, bahkan bisa dibilang macet total. Nah, bagi Anda yang merencanakan mudik saat liburan mendatang, sebaiknya pikirkan matang-matang mengenai perjalanan mudik Anda. Jangan sampai Anda terlambat sampai tempat tujuan karena terjebak macet di jalan.

Aplikasi Info Jalur Arus Mudik

Aplikasi-aplikasi ini akan membantu Anda memantau kondisi lalu lintas di jalan yang akan Anda lewati serta dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk memilih jalur yang tepat.

1. NTMC TV

Aplikasi Info Jalur Arus Mudik

Aplikasi pertama adalah aplikasi info jalur arus mudik yang paling populer, yaitu NTMC TV. Aplikasi ini memiliki lebih dari 9 ribu pengguna dan telah didownload lebih dari 100 ribu kali. NTMC TV akan memberikan informasi mengenai kondisi lalu lintas pada Metro Area dan Polda.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Note dan Memo Terbaik untuk HP Android

Informasi ini di-stream secara real time, sehingga Anda dapat mengeceknya setiap saat dengan informasi yang akurat. Dengan informasi tersebut, diharapkan Anda bisa memutuskan untuk memilih jalur yang paling efektif.

2. CCTV Mudik

2

Aplikasi info jalur arus mudik yang kami rekomendasikan selanjutnya adalah Monitor Mudik by Creative Media Dev. Melalui aplikasi ini, Anda dapat mengetahui informasi jalur mudik di Pulau Jawa.

Namun, tidak hanya itu saja, aplikasi ini juga memberikan update terbaru mengenai berita mudik, sehingga Anda bisa terus pantau jalur yang akan Anda lalui. Beberapa informasi tersebut diantaranya yaitu informasi lalu lintas, jalur-jalur alternatif untuk mudik, nomor telepon yang bisa dihubungi saat kondisi darurat, dan berita mudik lainnya.

3. Monitor Mudik

3

Monitor mudik merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh pengembang yang sama dengan aplikasi sebelumnya. Aplikasi ini bisa menjadi alternatif lain bagi Anda yang menginginkan berita terbaru mengenai jalur arus mudik.

Aplikasi berukuran 2,9 MB ini juga menyajikan berita jalur arus mudik di area Pulau Jawa. Melalui aplikasi ini, Anda bisa mengecek jalur mana yang terdeteksi macet dan jalan alternatif apa yang bisa Anda pilih untuk perjalanan mudik atau saat arus balik.

4. Info Tol

4

Untuk aplikasi nomor empat ini bisa Anda gunakan baik hari-hari biasa atau momen-momen mudik. Aplikasi ini memberikan informasi khusus tol melalui CCTV, sehingga pengendara dapat memantau kemacetan di tol tersebut secara real time.

Sampai saat ini, sudah lebih dari 300 CCTV terpasang di seluruh Indonesia.  Dan untuk menjalankan aplikasi ini caranya juga cukup mudah. Anda tinggal pilih lokasi mana yang ingin dicek kemudian aplikasi ini akan langsung menyajikan keadaan lalu lintas di tol tersebut.

5. Peta Mudik 2019

Aplikasi Info Jalur Arus Mudik

Sesuai dengan namanya, peta mudik 2019 merupakan aplikasi yang berisi panduan atau petunjuk mudik yang dapat dijadikan acuan Anda saat mudik nanti. Di dalam aplikasi ini, Anda akan mendapatkan informasi mengenai jalur tol terlengkap yang bisa Anda lewati saat mudik.

Daerah yang dijangkau aplikasi ini yaitu seputar Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Jadi, bagi Anda yang ingin berkendara sendiri, aplikasi ini mungkin akan membantu membuat perjalanan lebih aman dan selamat sampai tujuan.

6. CCTV Arus Mudik

6

Aplikasi info jalur arus mudik untuk nomor enam adalah CCTV Arus Mudik. CCTV Arus Mudik merupakan sebuah aplikasi yang berbasis peta dan navigasi. Dibandingkan aplikasi-aplikasi sejenisnya, aplikasi CCTV Arur Mudik ini relatif memiliki lumayan banyak pengguna.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Desain Rumah Terbaik untuk HP Android

Salah satu yang mungkin menjadi penyebabnya adalah karena aplikasi ini memiliki jangkauan yang lebih luas. CCTV Arus mudik memiliki CCTV yang tersebar di seluruh daerah Indonesia untuk membantu Anda memantau jalur arus mudik di berbagai daerah.

7. Mudik Lancar dan Aman

7

Untuk aplikasi nomor tujuh ini merupakan aplikasi yang bekerja sama dengan NTMC POLRI mengenai informasi jalur arus mudik. Dengan aplikasi ini, Anda bisa selalu update mengenai kondisi lalu lintas saat ini, menghindari jalur yang macet, dan menentukan jalur terbaik untuk perjalanan mudik Anda.

Aplikasi ini juga menyediakan nomor telepon dimana Anda bisa menanyakan mengenai info arus lalu lintas terkini. Selain itu, ukuran aplikasi ini juga cukup ringan, hanya 7,9 MB.

8. Mudik Gesit

8

Mudik Gesit merupakan aplikasi dari Harian Kompas yang akan menyajikan informasi jalur mudik terkini di daerah Jawa. Aplikasi ini bertujuan untuk membantu para pengendara menentukan jalur paling efektif untuk sampai ke tujuan. Anda tinggal menentukan tujuan dan menentukan jalur terbaik.

Selain itu, aplikasi Mudik Gesit juga dilengkapi dengan fitur lain yang akan membantu Anda di perjalanan, diantaranya adalah informasi mengenai waktu sholat, arah kiblat, tarif tol, wisata, kuliner, penginapan, dan lain sebagainya.

9. RTTMC

Aplikasi Info Jalur Arus Mudik

Aplikasi selanjutnya yang dapat Anda gunakan sebagai acuan arus mudik adalah aplikasi RTTMC. Sebelumnya, informasi dalam aplikasi ini hadir di dalam web RTTMC. Namun kini, RTTMC juga mengeluarkan versi mobile yaitu berupa aplikasi Android.

Baca Juga: 10+ Aplikasi untuk Convert JPG ke PDF yang Paling Bagus

Di dalam aplikasi ini, Anda akan mendapatkan informasi mengenai keadaan lalu lintas di berbagai titik. Selain informasi lalu lintas, aplikasi ini juga memuat streaming CCTV di berbagai wilayah, kontak penting yang dapat dihubungi, dan lain sebagainya.

10. Peta Jalan Macet

10

Nah untuk aplikasi terakhir untuk aplikasi info jalur arus mudik adalah Peta Jalan Macet. Tepat sesuai dengan namanya, Peta Jalan Macet akan memberitahukan kepada Anda jalur mana yang sedang macet sehingga Anda dapat mempertimbangkan kembali untuk melewati jalur tersebut.

Informasi ini diberikan dalam bentuk warna jalur, apabila jalur berwarna coklat maka itu artinya lalu lintas di jalur tersebut sangat padat, sehingga Anda bisa menghindarinya dan tidak terjebak di jalur tersebut.

Mungkin sekian 10 aplikasi info jalur arus mudik untuk artikel kali ini. Semoga informasi yang kami berikan dapat membantu pembaca memilih aplikasi terbaik. Terima kasih.

Leave a Reply

Send this to a friend