10 Aplikasi Note dan Memo Terbaik untuk HP Android, Pilih yang Mana?

Setiap orang tentu memiliki kesibukan masing-masing. Ada sebagian orang yang memiliki kesibukan yang sangat padat, sehingga terkadang sulit mengatur jadwal. Hal ini akan menjadi masalah apabila yang seharusnya menjadi prioritas dan mendesak justru tidak terkerjakan karena sibuk mengurusi hal-hal kecil yang sebenarnya masih bisa ditunda.

Maka dari itu, banyak orang menggunakan catatan pribadi untuk mengingatkan mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Nah, untuk Anda yang lebih tertarik menggunakan catatan digital dibanding catatan kertas, artikel ini cocok sekali untuk Anda. Karena di sini kami akan membagikan 10 aplikasi note dan memo terbaik yang akan membantu mengatur hidup Anda.

Aplikasi Note dan Memo

10 aplikasi ini dilengkapi dengan fitur pendukung yang tentunya akan membuat catatan Anda lebih ringkas, terorganisir, dan tentunya lebih menarik. Apabila Anda penasaran, simak terus 10 aplikasi note dan memo berikut ini.

1. ColorNote

Aplikasi Note dan Memo Terbaik

ColorNote merupakan salah satu aplikasi note dan memo yang paling populer di kalangan pengguna Android, dengan pengguna yang sudah melampaui 2.5 juta orang. Dengan menggunakan aplikasi ini, catatan harian Anda akan menjadi lebih ringkas.

Anda dapat membuat catatan dengan berbagai kategori dan setiap kategori akan memiliki latar belakang warna yang berbeda sehingga Anda akan lebih mudah mengaksesnya.

Baca Juga: 10 Aplikasi Booking Hotel Terbaik untuk HP Android

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur menarik lainnya, seperti widget tempel, ceklist untuk daftar agenda, kata sandi untuk mengamankan catatan, dan masih banyak lagi.

2. Evernote

2

Selain ColorNote, Evernote juga merupakan aplikasi note dan memo yang cukup populer di Play Store dan mendapatkan review yang terbilang baik di kalangan pengguna. Selain berfungsi untuk menyimpan catatan yang Anda ketik sendiri, aplikasi ini juga dapat menyimpan file catatan dengan berbagai format, seperti foto, sketsa, gambar, halaman web, audio, dan PDF.

Selain itu, keunggulan lain dari aplikasi ini yaitu mampu menyinkronkan aplikasi secara otomatis ke berbagai perangkat, seperti tablet dan komputer.

3. ClevNote

Aplikasi Note dan Memo Terbaik

Aplikasi yang akan membantu Anda mengingatkan hal-hal penting yang perlu dilakukan dalam sehari. Aplikasi ini berukuran 6 MB dan mendapatkan rating 4.6 di Play Store.

Di sini Anda dapat membuat kategori catatan dan mengisinya dengan catatan-catatan penting, misalnya untuk mengelola nomor rekening bank, membuat daftar belanja atau agenda harian, pengingat hari ulang tahun, menyimpan website ID, dan memo-memo lainnya yang Anda rasa penting. Selain itu, Anda juga dapat menjadikan memo sebagai widget.

4. My Notes

4

Takut kalau seseorang membuka catatan Anda? Menggunakan aplikasi My Notes, Anda tidak perlu khawatir dengan hal demikian. Hal ini karena aplikasi My Notes dilengkapi dengan AppLock, sehingga Anda dapat mengamankan catatan dengan password atau fingerprint.

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk membuat bermacam-macam folder dan memasukkan catatan berdasarkan folder tersebut. Anda bisa mengurutkan catatan berdasarkan waktu pembuatan, waktu update terakhir, maupun judul dari folder. Aplikasi ini juga menyediakan berbagai macam tema untuk kenyamanan pengguna.

5. Notes

Aplikasi Note dan Memo Terbaik

Notes adalah aplikasi yang kami rekomendasikan untuk Anda yang sedang mencari aplikasi note dan memo yang sederhana tapi berkualitas. Kualitas dari aplikasi ini dapat dilihat dari penilaian pengguna terhadap aplikasi yang terbilang memuaskan, yaitu 4.6/5.

Baca Juga: 10+ Aplikasi PDF Reader Terbaik untuk HP Android

Berbeda dengan aplikasi sebelumnya yang menawarkan berbagai macam fitur, Notes hanya dapat berperan sebagai tempat Anda menuangkan ide atau sebagai pengingat. Tapi aplikasi ini juga memiliki fitur pencarian untuk membantu Anda menemukan catatan yang diinginkan. Fitur lain dari aplikasi ini yaitu adanya kata sandi untuk mengakses aplikasi.

6. Google Keep

6

Aplikasi selanjutnya yang kami rekomendasikan adalah Google Keep. Sesuai namanya, Google Keep adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Google dan berfungsi sebagai aplikasi note dan memo. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk membuat catatan dengan berbagai format, seperti foto dan suara.

Dengan aplikasi ini, Anda dapat membuat daftar belanja, membuat reminders, berbagi catatan kepada teman, dan mengambil tulisan dari gambar. Dan karena aplikasi ini dikembangkan oleh Google, catatan yang tersimpan dalam Google Keep akan secara otomatis tersinkronisasi dengan perangkat lain yang menggunakan akun Google yang sama.

7. Sticky Notes + Widget

7

Mendengar kata sticky notes, mungkin Anda akan mengira bahwa aplikasi ini hanya tersedia di laptop saja. Tapi, ya, ada juga sticky notes versi Android, salah satunya adalah aplikasi Sticky Notes + Widget yang dikembangkan oleh SYM Coding. Aplikasi ini adalah aplikasi memo yang unik dan menyediakan berbagai tema cantik yang dapat Anda gunakan sebagai latar catatan.

Anda juga bisa memasangnya sebagai widget dan Anda dapat mengatur ukuran widget tersebut. Untuk menjaga keamanan, aplikasi ini juga dilengkapi dengan kata sandi. Dan lebih serunya, di sini Anda tidak akan menemui iklan yang mengganggu.

8. Niki – Aplikasi Catatan Memo

Aplikasi Note dan Memo Terbaik

Aplikasi note dan memo kali ini memang terlihat sangat berbeda dari aplikasi-aplikasi sebelumnya. Tampilan di aplikasi Niki – Aplikasi Catatan Memo lebih colorful dengan gambar boneka yang lucu. Tidak hanya tampilannya saja yang menarik, aplikasi ini juga membawa fitur yang tidak kalah lengkap dengan aplikasi sebelumnya.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Android yang Berguna untuk Sehari-hari

Seperti yang bisa Anda lihat di gambar, melalui aplikasi ini Anda bisa membuat shopping list, menuangkan ide dan gagasan, menyetel alarm untuk mengingatkan tugas Anda, dan lain sebagainya.

9. Notes by Splend Apps

9

Aplikasi rekomendasi nomor sembilan adalah Notes by Splend Apps. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi catatan dengan review pengguna yang tinggi, yaitu 4.7/5.

Aplikasi ini membawa fitur lengkap, beberapa diantaranya adalah catatan basic dimana Anda bisa menuangkan apa saja, membuat to-do-list, speech text menggunakan pengenal suara untuk mendikte catatan, memo suara, memasukkan foto ke catatan, membuat reminder, dan menambahkan catatan penting ke favorit. Selain itu aplikasi ini juga membawa 8 tema warna yang bisa Anda ganti jika sudah bosan.

10. Memo by Komorebi

10

Nah, untuk aplikasi yang terakhir adalah Memo by Komorebi. Aplikasi ini sangat sederhana dan ukurannya pun kurang dari 3 MB. Bisa di lihat di gambar bahwa aplikasi ini sangat mudah digunakan karena tidak memiliki fitur rumit.

Untuk membuat catatan Anda hanya perlu buka aplikasi, tekan tombol “+” di bawah kanan, berikan judul catatan kemudian isikan catatan. Memang tidak ada fitur istimewa di sini, sehingga proses input, edit, dan delete-nya juga lebih mudah.

Mungkin sekian dulu 10 aplikasi note dan memo untuk artikel kali ini. Semoga list yang kami bagikan dapat membantu dan memberikan gambaran aplikasi mana yang cocok bagi pembaca. Terima kasih.

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend