10+ Aplikasi PDF Reader Terbaik untuk HP Android yang Wajib Diketahui

Bagi Anda yang pelajar maupun pekerja kantoran mungkin sering sekali ya bertemu file yang berformat PDF, baik itu buku digital, makalah, majalah, dokumen, dan lain sebagainya.

Banyak orang memilih menggunakan PDF karena format ini memberikan banyak kemudahan dan keuntungan, diantaranya yaitu pembuatannya yang mudah, tampilan visual dokumen terjaga, fleksibel dengan berbagai perangkat, dan masih banyak lagi.

Namun, kita tidak akan bisa membaca file PDF di ponsel apabila belum memiliki aplikasi yang mendukung format PDF. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan membagikan 10 aplikasi PDF reader terbaik yang dapat Anda gunakan.

10 Aplikasi PDF Reader Terbaik

Meskipun sama-sama sebagai PDF reader, tetapi masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan sendiri. Jadi, silakan pembaca memilih sesuai dengan kebutuhan.

1. Adobe Acrobat Reader

1

Adobe Acrobat Reader adalah aplikasi PDF reader terbaik yang paling banyak digunakan oleh pengguna Android. Aplikasi ini telah didownload lebih dari 100 juta kali dan memiliki lebih dari 3 juta pengguna.

Tidak hanya untuk menampilkan file PDF, dengan aplikasi ini Anda juga dapat mencari, gulir, dan memperbesar teks pada file PDF. Adobe Acrobat Reader juga memungkinkan Anda untuk menandatangani, memberikan komentar, dan menyoroti atau menandai teks menggunakan fitur-fitur yang sudah disediakan.

2. PDF Reader-PDF Viewer

aplikasi PDF reader terbaik

Aplikasi yang kami rekomendasikan selanjutnya adalah PDF Reader – PDF Viewer. Meskipun penggunanya tidak sebanyak aplikasi sebelumnya, tetapi fitur yang dibawa aplikasi ini sudah cukup canggih dan mencakup semua yang Anda butuhkan.

Fungsi utama dari aplikasi PDF Reader-PDF Viewer yaitu untuk menampilkan dan mengedit file PDF. Melalui aplikasi ini, Anda dapat melihat pratinjau, menyoroti teks, mengggarisbawahi teks, menganotasi, dan menggambar di atas file PDF. Aplikasi ini juga mendukung dokumen teks untuk mengubah format file Word ke PDF.

3. PDF Reader

3

Apabila menginginkan aplikasi berukuran ringan dengan fitur yang sederhana, maka PDF Reader ini merupakan aplikasi yang cocok menjadi pilihan. Pasalnya, PDF Reader hanya berukuran 2,3 MB yang tentunya tidak akan memakan memori ponsel Anda dan proses untuk menampilkan file pun cepat.

Baca Juga: 10+ Aplikasi untuk Cover Lagu Terbaik, Wajib Diinstall!

Namun tepat seperti namanya, aplikasi ini hanya berfungsi untuk menampilkan atau membaca file PDF, Ebooks, dan dokumen lainnya, sehingga Anda tidak bisa mengedit atau memberi catatan tambahan apabila menggunakan aplikasi ini.

4. WPS Office

4

WPS Office adalah aplikasi file editor yang cukup populer. Aplikasi ini tidak hanya dapat membantu Anda untuk menampilkan PDF, tetapi juga untuk mengeditnya. Dan tidak hanya file PDF yang bisa diedit, tetapi juga file format lainnya seperti Word, Docs, Slide, dan Sheet.

Selain untuk mengedit file, ada beberapa fitur tambahan yang disediakan aplikasi ini, diantaranya yaitu memungkinkan convert file dari PDF ke Word, tanda tangan PDF, menggabung atau memisah file PDF, dan berbagai file tambahan lainnya.

5. PDF Reader by Pickwick Santa

aplikasi PDF reader terbaik untuk HP Android

Aplikasi pilihan selanjutnya adalah PDF Reader by Pickwick Santa. PDF Reader ini merupakan aplikasi untuk membaca buku yang dapat menampilkan berbagai format e-book, seperti PDF, DjVu, XPS, dan FictionBook.

Beberapa fitur utama dalam aplikasi ini diantaranya yaitu dapat menampilkan daftar isi, bookmark, pencarian teks, ekspor bookmark ke file  teks, mendukung online katalog, bookmark fragmen teks, dan berbagai fitur lainnya. Dan menariknya, ukuran aplikasi ini juga cukup ringan hanya 6,5 MB.

6. PDF Reader for Android

6

PDF Reader for Android adalah aplikasi PDF Reader terbaik yang dikembangkan oleh Reader Tools dan saat ini memiliki sekitar 27 ribu pengguna. Meskipun hanya berukuran 15 MB, namun aplikasi ini memiliki berbagai fitur menarik selain menampilkan file PDF dengan cepat.

Baca Juga: 10+ Aplikasi untuk Lari dan Jogging yang Paling Populer

Aplikasi PDF reader ini akan memudahkan Anda dalam membaca file dengan adanya fitur yang memungkinkan Anda untuk menelusuri teks, menandai teks pada file dengan mewarnai dan menggarisbawahi, membuat salinan teks, dan lain sebagainya.

7. PDF Reader by Kdan Mobile Software

7

Nah, untuk aplikasi nomor tujuh ini cocok untuk Anda yang tidak hanya mencari aplikasi PDF reader terbaik, tetapi juga aplikasi converter. Kedua fungsi tersebut bisa Anda dapatkan dalam satu aplikasi ini.

Untuk memberikan kenyamanan pada pembaca, aplikasi ini didukung dengan fungsi sorot, garis bawah, dan dapat memberi catatan atau gambar. Dalam fungsinya sebagai scanner, aplikasi ini memungkinkan Anda untuk scan dokumen ke PDF atau mengkonversi file dari atau ke bentuk PDF.

8. All PDF Reader – PDF Converter and Tools

aplikasi PDF reader terbaik

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini mencakup semua fungsi yang berhubungan dengan PDF. Aplikasi ini memiliki PDF Browser yang akan menempatkan semua file PDF Anda dalam satu tempat. Kemudian aplikasi ini juga mendukung banyak PDF Tools, diantaranya yaitu compress, merge, edit, dan organize.

Di sini Anda dapat menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu maupun memisahkan satu file PDF ke beberapa bagian. Anda juga bisa mengekstrak gambar dari file PDF untuk disimpan di dalam folder. Tidak berhenti di situ saja, Anda dapat convert file PDF menjadi gambar maupun sebaliknya.

9. Xodo PDF Reader and Editor

9

Xodo PDF Reader and Editor adalah aplikasi PDF reader terbaik yang cukup populer dan memiliki banyak fitur. Aplikasi ini memiliki mesin tercepat untuk menampilkan file PDF.

Sesuai dengan namanya, selain untuk menampilkan aplikasi ini juga memiliki fungsi editor untuk mengedit file PDF. Secara umum fitur-fitur Xodo PDF Reader and Editor terbagi menjadi beberapa kategori, yaitu PDF Reader,  PDF Annotator dan Editor, Sign and Fill PDF forms, convert berbagai jenis file ke dalam PDF, dan File Manager.

10. E-book Pembaca & PDF Reader

aplikasi PDF reader terbaik

Nah, untuk aplikasi yang terakhir ini ditujukan bagi Anda yang suka membaca buku digital. Pasalnya, aplikasi ini tidak hanya memungkinkan Anda untuk membuka file PDF, tetapi juga berbagai format E-book lain yang sering digunakan, seperti fb2, XPS, dan DjVu.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Hotspot Terbaik untuk HP Android

Untuk menambah kenyamanan pembaca dalam mengoleksi buku-buku digital, aplikasi ini memberikan beberapa fitur tambahan seperti bookshelf, hasil pencarian buku, file browser, cari teks dalam buku, tampilan malam, modus layar penuh, bookmarks pada halaman, dan masih banyak lagi.

Mungkin sekian dulu 10 aplikasi PDF reader terbaik yang kami bagikan pada artikel kali ini. Semoga deskripsi mengenai aplikasi-aplikasi di atas dapat membantu pembaca memilih aplikasi PDF terbaik dan sesuai dengan kebutuhan pembaca. Terima kasih.

Leave a Reply

Send this to a friend