10+ Aplikasi Hotspot Terbaik untuk HP Android, Pilih Salah Satu Ya!

Jaman sekarang, internet seakan menjadi kebutuhan wajib bagi sebagian besar orang . Hal ini berlaku seiring dengan pengalihan berbagai pekerjaan ke hal-hal yang berbasis internet.

Misalnya saja, SMS digantikan oleh WhatsApp, pengiriman pos digantikan oleh pesan email, dokumen kertas digantikan oleh dokumen soft file, dan masih banyak lagi. Peran internet diperkirakan akan terus berkembang dan akan menguasai lebih banyak aspek kehidupan manusia.

Melihat fakta ini, maka tidak heran bahwa semakin hari jumlah rumah tangga yang memasang hotspot di rumah mereka semakin bertambah. Adanya hotspot di rumah menjadikan akses internet lebih mudah, cepat, efektif, dan efisien.

Aplikasi Hotspot Terbaik

Namun, ada alternatif lain bagi Anda yang menginginkan fasilitas serupa tetapi tidak ingin membeli dan memasang hotspot. Modalnya hanya dua, yaitu ponsel Android dan aplikasi hotspot terbaik yang telah kami rangkum berikut ini.

1. Hotspot Wifi Portable

Aplikasi Hotspot Terbaik

Bagi Anda yang memiliki kendala pada hotspot ponsel, seperti hotspot sudah rusak dan susah terdeteksi, Anda dapat mencoba aplikasi Hotspot Wifi Portable. Aplikasi ini dapat menjadi solusi untuk  mengganti fungsi hotspot di ponsel Anda.

Aplikasi ini juga kami rekomendasikan bagi Anda yang menginginkan jaminan keamanan data ponsel saat mengaktifkan hotspot dari aplikasi ini. Dengan menggunakan Hotspot Wifi Portable, Anda dapat mengubah nama dengan tujuan untuk mengamankan jaringan hotspot portable Anda.

2. PdaNet

2

Dengan menggunakan aplikasi PdaNet, Anda dapat berbagi koneksi dari ponsel ke Notebook atau PC melalui kabel USB atau bluotooth. Aplikasi ini dinilai sebagai salah satu aplikasi tethering tercepat, namun hanya dapat bekerja pada Android 4.1 ke atas. Silakan unduh aplikasi ini di Play Store dengan ukuran tidak sampai 1 MB. Anda masih dapat menjalankan aplikasi ini tanpa perlu root ponsel terlebih dahulu, hanya saja aplikasi ini akan lebih terbatas tanpa adanya root.

3. Mobile Hotspot

Aplikasi Hotspot Terbaik

Mobile Hotspot adalah aplikasi rekomendasi bagi Anda yang menginginkan aplikasi yang simple dan tidak ribet. Aplikasi ini membawa desain dan tampilan yang sederhana dengan fitur yang sederhana pula, yang menjadikan aplikasi ini sangat mudah dijalankan.

Untuk menggunakannya, pertama Anda perlu membuat personal hotspot, di sini Anda dapat mengganti nama Wifi dan kata sandi untuk mengamankan hotspot Anda. Setelah itu, Anda dapat langsung mengaktifkan atau mematikan hotspot hanya dengan satu sentuhan.

4. Wifi Hotspot

4

Wifi Hotspot adalah aplikasi berukuran ringan yang dirancang bagi ponsel Android untuk memudahkannya berbagi data ke berbagai perangkat.  Melalui aplikasi ini, Anda dapat berbagai jaringan 3G maupun 4G ke perangkat lain dengan berbagi cara.

Baca Juga: 10+ Aplikasi untuk Lari dan Jogging yang Paling Populer

Keamanan juga dijamin dengan adanya keleluasaan untuk menciptakan nama hotspot dan password sendiri. Pengaturan di sini akan memudahkan Anda untuk mengatur jaringan, misalnya hotspot akan mati secara otomatis apabila mencapai batas data tertentu atau mencapai waktu tertentu.

5. Hotspot Wifi Portable by ECO STUDIO

Aplikasi Hotspot Terbaik

Aplikasi rekomendasi selanjutnya adalah  Hotspot Wifi Portable by ECO STUDIO. Aplikasi merupakan salah satu aplikasi hotspot terbaik yang mendukung berbagai fasilitas yang cukup lengkap.

Di sini tersedia fitur kata sandi untuk menjaga keamanan akses internet. Anda dapat melihat siapa saja yang terhubung ke hotspot Anda.  Anda juga dapat dengan cepat mengakses aplikasi ini dengan widget hotspot. Tampilannya sangat sederhana dengan antarmuka operasi cukup cepat.

6. TP Link Tether

6

TP Link Tether sangat direkomendasikan bagi Anda para orang tua yang ingin memfasilitasi akses internet anak-anak sekaligus mengontrol penjelajahan mereka. Aplikasi ini dilengkapi parenting control yang memungkinkan orang tua untuk membuat jadwal dan manajemen akses internet berbasis URL.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Stem Gitar Terbaik dan Gratis untuk HP Android

Jadi, Anda bisa lebih tenang saat anak asyik mengakses situs-situs di internet. Selain dapat mengatur SSID, kata sandi, dan VDSL/ADSL, Anda juga bisa mengelola hak akses perangkat yang tersambung ke hotspot dan memblok pengguna yang tidak sah.

7. NetShare-no-root-Thetering

7

Sesuai dengan namanya, aplikasi nomor tujuh ini dirancang agar perangkat Android dapat berbagi akses internet kepada perangkat lain. Tanpa perlu melakukan root, Anda dapat langsung mengunduh dan menginstal aplikasi ini di perangkat Anda.

Untuk memudahkan Anda mengontrol penggunaan data, NetShare memberikan beberapa hak kepada server diantaranya, memungkinkan Anda memonitori penggunaan data dari setiap perangkat yang tersambung secara real time, memonitori logs perangkat, dan memblok alamat-alamat situs tertentu.

8. ClockworkMod Tether

Aplikasi Hotspot Terbaik

ClockworkMod Tether adalah aplikasi yang akan memungkinkan ponsel Anda berbagi akses internet ke laptop atau PC  berbasis Windows, Linux, maupun Mac. Untuk melakukannya, terlebih dahulu Anda perlu menambatkan kabel USB ke Laptop atau PC tersebut.

Aplikasi ini tidak membutuhkan root, hanya saja untuk bisa menjalankannya, selain membutuhkan aplikasi ini di perangkat Android, Anda juga perlu menginstal theter software di komputer. Namun, apabila saat itu Anda belum bisa mendownload karena tidak memiliki akses internet di komputer, Anda dapat mendownload softwarenya di ponsel kemudian memindahkannya ke PC.

9. Data Sharing – Tethering

9

Data Sharing adalah aplikasi yang dapat menjadikan perangkat Android sebagai hotspot. Di sini Anda tidak hanya bisa berbagi data, tetapi juga mengontrol data tersebut. Tentu Anda tidak mau jika tiba-tiba mengetahui data habis terpakai.

Baca Juga: 10+ Aplikasi DJ Terbaik untuk HP Android, Yuk Belajar Menjadi DJ!

Nah, untuk menghindari hal tersebut , aplikasi ini akan memberikan informasi  detail mengenai konsumsi seluler setiap perangkat yang tersambung ke hotspot Anda dan dapat menampilkan grafik penggunaan data harian secara rinci. Selain itu, Anda juga dapat mengatur batasan maksimum data yang dapat digunakan.

10. Wifi Hotspot Tethering

100

Aplikasi terakhir yang kami rekomendasikan adalah Wifi Hotspot Tethering. Aplikasi berukuran 3 MB yang memiliki tampilan sederhana dan user friendly. Hampir sama dengan aplikasi sebelumnya, di sini Anda dapat menciptakan jaringan hotspot sendiri dengan mengganti nama hotspot dan mengatur kata sandi.

Saat membuka aplikasi, Anda akan menemui enam tombol pengaturan untuk membantu mengelola jaringan hotspot, yaitu Wifi Hotspot, Mobile Data, Wifi Settings, Buetooth Settings, Update OS, dan About Phone.

Mungkin sekian rekomendasi 10 aplikasi hotspot terbaik untuk kali ini. Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan aplikasi hotspot yang tepat. Terima kasih.

Leave a Reply

Send this to a friend