10+ Aplikasi untuk Lari dan Jogging yang Paling Direkomendasikan, Sudah Coba?

Akhir-akhir ini sepertinya aktivitas kebugaran semakin populer. Banyak orang mulai sadar pengaruh kebugaran fisik terhadap tingkat produktivitas, sehingga mereka mulai menanamkan kebiasaan olahraga sebagai aktivitas harian.

Dan semua orang pasti setuju bahwa olahraga paling mudah dan murah meriah adalah berlari. Selain tidak membutuhkan tempat khusus, tidak membutuhkan alat khusus, juga tidak membutuhkan biaya apapun. Tapi kendalanya, saking konvensialnya, kita tidak bisa memantau perkembangan latihan setiap harinya.

Aplikasi untuk Lari dan Jogging

Nah, untuk melengkapi aktivitas latihanmu, kini ada aplikasi-aplikasi menarik yang akan memandu serta membantumu menganalisis pola latihanmu.. Langsung saja, berikut ini  telah kami rangkum 10 aplikasi untuk lari dan jogging terbaik dan terpopuler.

1. Runtastic Running App & Mile Tracker

Aplikasi untuk Lari dan Jogging

Aplikasi untuk lari dan jogging yang pertama kami rekomendasikan adalah Runtastic Running App & Mile Tracker. Aplikasi ini memiliki berbagai fasilitas menarik di dalamnya untuk membantu kamu mengatur dan menganalisis pola setiap kali latihan.

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memiliki mile tracker yang dapat mengukur jarak latihanmu, dari titik asal sampai titik akhir. Aplikasi ini juga dapat menampilkan data/informasi yang mencakup lama latihan dan jumlah kalori yang terbakar selama latihan. Dan menariknya, aplikasi ini dapat membantumu menganalisis perkembangan latihanmu setiap harinya.

2. Running Distance Tracker

2

Aplikasi yang dirancang khusus untuk mengukur jarak yang ditempuh selama berlari secara akurat. Namun bersamaan dengan itu juga, aplikasi ini memberikan beberapa detail informasi lainnya untuk memantau pola latihanmu, seperti kecepatan, kalori, dan waktu yang dibutuhkan untuk menempuh jarak tersebut.

Informasi tersebut akan tersimpan di history, sehingga kamu dapat menganalisis kegiatan latihanmu dari waktu ke waktu. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur voice feedback yang akan memberitahu progress selama berlari.

3. Nike Run Club

Aplikasi untuk Lari dan Jogging

Nike Run Club adalah aplikasi yang sangat kami rekomendasikan bagi kamu yang sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti perlombaan lari. Selain memantau perkembangan latihanmu setiap harinya, akan lebih baik jika kamu juga bergabung dengan orang-orang yang memiliki tujuan sama sepertimu agar kamu semakin termotivasi dan semangat berlatih.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Lampu LED yang Paling Direkomendasikan

Nah, aplikasi Nike Run Club merupakan aplikasi yang berfungsi memandu aktivitas berlari sekaligus menjadi wadah bagi pelari-pelari di seluruh dunia untuk saling terkoneksi satu sama lain. Aplikasi ini mencatat perkembangan setiap latihan secara terperinci.

Apabila kamu sudah mencapai target, kamu dapat pamerkan statistik pencapaianmu ke pengguna lain. Di sini kamu juga dapat bersaing untuk menjadi pelari tercepat di antara pelari lainnya.

4. Running and Jogging

4

Running and Jogging adalah aplikasi untuk lari dan jogging yang dirancang sederhana dengan tampilan yang sangat user friendly. Meskipun hanya berukuran 4.1 MB, tetapi aplikasi ini sudah mencakup hampir semua fitur dari aplikasi sebelumnya.

Selama latihan, kamu dapat memantau peta latihan secara real-time. Aplikasi ini juga akan menampilkan jarak rute, durasi, kecepatan, dan kalori yang terbakar secara real time. Setelah selesai latihan, aplikasi ini akan memberikan laporan latihan, seperti durasi, kecepatan rata-rata, kecepatan maksimal, presentase waktu berjalan lambat, normal, cepat, dan berbagai informasi lainnya.

5. Endomondo

Aplikasi untuk Lari dan Jogging

Endomondo adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Endomondo.com dan cukup populer di kalangan pelari. Sejauh ini, aplikasi ini telah diunduh lebih dari 10 juta kali dengan pengguna lebih dari 500 ribu.

Endomondo dirancang sedemikian rupa untuk melacak aktivitas latihanmu, menganalisis, dan membantumu mencapai target kebugaran. Aplikasi ini akan memberikan informasi mengenai waktu, jarak, kecepatan, dan kalori yang terbakar. Kamu juga akan segera mendapat pemberitahuan apabila kamu meraih prestasi menjadi pelari tercepat.

6. Menurunkan Berat Badan – FITAPP

6

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memang ditujukan untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan. Ada tiga pilihan olahraga yang dapat kamu pilih, yaitu berjalan, berlari, dan bersepeda.

Aplikasi ini akan memantau latihanmu berdasarkan spesifikasi atau jenis latihan yang kamu pilih. FITAPP akan menghitung kalori yang terbakar dan menyimpan informasi tersebut ke catatan harianmu. Untuk membantumu menurunkan berat badan, aplikasi ini juga dapat menghitung kalori berdasarkan jenis makanan untuk mencegah asupan kalori berlebih.

7. Run The Musik

7

Berbeda dengan aplikasi sebelumnya, aplikasi ini ditujukan untuk kamu yang suka jogging sambil mendengarkan musik. Biasanya, berlari jadi tidak terlalu melelahkan saat ditemani lagu favorit. Nah, apabila kamu salah satunya, aplikasi ini cocok untukmu.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Nonton Film untuk Android, Nobar Langsung dari HP!

Untuk menjalankannya, kamu hanya perlu memilih lagu favorit kemudian atur kecepatan target berlarimu. Apabila kecepatan berlarimu melambat, maka kecepatan musik juga akan melambat. Begitu pula sebaliknya. Setelah atur kecepatan, tunggu sinyal GPS dan tekan tombol ‘GO’ untuk memulai latihan.

8. Pengukur Langkah – Pedometer & Penghitung Kalori

Aplikasi untuk Lari dan Jogging

Aplikasi kebugaran yang memiliki reputasi yang sangat baik. Tampilannya sangat simple dan user friendly. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan berbagai tema menarik untuk meningkatkan kepuasan pengguna.

Hal yang paling menarik dari aplikasi ini adalah grafik laporan dengan desain yang sederhana namun elegan. Dari grafik ini, ada beberapa informasi yang diberikan, yaitu langkah, kalori, jarak, waktu, serta rata-rata langkah dan kalori terbuang per hari dalam satu minggu. Kamu dapat mengakses laporan ini dalam 24 jam terakhir, mingguan, atau bulanan.

9. Start Running

9

Start Running adalah aplikasi yang dikembangkan oleh AxiomMobile dan memiliki tampilan interface berlatar belakang biru yang bersih dan user friendly.

Salah satu fitur yang akan kamu dapatkan dari aplikasi ini yaitu yaitu training plan, baik untuk olahraga bejalan, berlari, atau jogging. Aplikasi ini memiliki 4 level sesi training yang mana setiap levelnya dilalui selama tiga minggu, dan setiap minggu ada 3 sesi berlari. Setelah latihan, aplikasi akan memberikan informasi mengenai lama waktu, jarak, kalori terbakar, dan informasi detail lainnya.

10. Sportactive GPS Running Cycling Distance Tracker

10

Aplikasi terakhir yang kami rekomendasikan adalah Sportactive GPS Running Cycling Distance Tracker. Aplikasi ini mendapatkan reputasi yang baik di Play Store dengan rating 4.8/5.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Penguat Sinyal Terbaik untuk HP Android

Pasalnya, meskipun memiliki fitur yang cukup lengkap, kamu tidak akan menemukan satu iklanpun di sini. Sama seperti aplikasi sebelumnya, aplikasi ini juga akan menampilkan laporan selama latihan, seperti waktu, kecepatan, detak jantung, jumlah kalori yang terbakar, dan sebagainya. Kelebihannya, aplikasi ini memiliki berbagai fitur tambahan seperti pelacak pengukuran anggota badan, perhitungan BMI, dan lainnya.

Mungkin sekian 10 aplikasi untuk lari dan jogging untuk kali ini. Semoga deskripsi di atas dapat membantumu memilih aplikasi yang paling tepat untuk menemani aktivitas berlarimu. Terima kasih.

Leave a Reply

Send this to a friend