10+ Aplikasi Android yang Berguna untuk Sehari-hari, Sudah Tahu?

Di Play Store, kita dapat menemukan banyak sekali aplikasi dengan bermacam-macam fungsi. Kadang kala, dengan banyaknya variasi dan pilihan membuat kita tergiur untuk men-download-nya dan mencoba fitur-fiturnya.

Tapi tak jarang pula kita hanya berakhir dengan menghapusnya karena dirasa tidak berguna dan hanya memakan memori.

Tapi kini, buanglah kebiasaan lama, mulailah memilih berdasarkan prioritas dan kebutuhan, aplikasi apa yang sebenarnya Anda butuhkan. Nah, untuk membantu Anda dalam menentukan, kini kami telah merangkum 10 aplikasi Android yang berguna untuk sehari-hari.

Aplikasi Android yang berguna untuk sehari-hari.

10 aplikasi yang kami pilih adalah aplikasi-apkikasi yang dekat dengan aktivitas sehari-hari dan kemungkinan besar akan sangat berguna untuk membantu pekerjaan atau kegiatan Anda.

1. Evernote

1

Sebelum memulai hari, tentunya Anda perlu merencanakan apa yang akan Anda kerjakan dalam sehari supaya semua kegiatan dapat lebih terorganisir. Maka dari itu, aplikasi Android yang berguna untuk sehari-hari yang pertama kami rekomendasikan adalah Evernote, aplikasi catatan yang dikembangkan oleh Evernote Corporation.

Tidak hanya membantu Anda mengatur jadwal harian, melalui aplikasi ini Anda juga dapat membuat catatan dalam berbagai format, seperti gambar, halaman web, PDF, audio, dan file lain yang mungkin akan Anda butuhkan di kemudian hari.

2. Gojek

2

Gojek adalah aplikasi berbasis transportasi yang sangat populer akhir-akhir ini. Aplikasi ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang tidak punya alat transportasi sendiri. Selain lebih murah dibanding dengan ojek biasa, Anda juga tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan driver.

Selain dalam hal transportasi, aplikasi Gojek juga mengembangkan pelayanannya ke berbagai aspek, seperti Go Food untuk memesan makanan, Go Box untuk mengangkut barang, Go Send untuk mengirim barang, dan berbagai pelayanan lainnya yang bisa Anda cek di link di bawah ini.

3. Camera To PDF Scanner

3

Ini adalah aplikasi yang kami rekomendasikan bagi Anda mahasiswa yang sering dituntut untuk mengumpulkan tugas secara online. Dalam beberapa kasus, mahasiswa diminta untuk mengerjakan tugas di kertas dan men-scan-nya ke dalam bentuk PDF. Kini, Anda tidak perlu lagi pergi ke tempat fotokopian hanya untuk scan file.

Baca Juga: 10+ Aplikasi PDF Reader Terbaik untuk HP Android

Cukup miliki Camera To PDF Scanner di ponsel dan Anda dapat men-convert file dari images ke bentuk PDF kapan saja dan dimana saja. Anda hanya perlu mem-foto tugasnya kemudian gunakan aplikasi ini untuk men-convert foto tersebut.

4. Kamusku Inggris Indonesia

4

Sebagian dari Anda mungkin merasa bahwa kemampuan untuk bisa berbahasa Inggris semakin menuntut dari jaman ke jaman, terutama Anda yang mahasiswa atau pekerja yang sering berhubungan dengan file-file maupun sumber berbahasa Inggris.

Untuk jaga-jaga, ada baiknya untuk memiliki kamus digital di ponsel Anda. Nah, aplikasi Kamusku Inggris Indonesia bisa menjadi pilihan, aplikasi ini mudah sekali diakses dan bisa digunakan dalam mode offline. Anda bisa men-translate dari Inggris ke Indonesia maupun sebaliknya. Dan menariknya, ukurannya juga sangat ringan.

5. Google Maps

5

Google Maps adalah aplikasi yang wajib ada di ponsel apabila Anda tidak mau mengalami yang namanya tersesat. Google Maps merupakan aplikasi super canggih yang akan membantu Anda menentukan dimana lokasi Anda sekarang dan dapat mengantarkan ke lokasi yang Anda inginkan.

Peta dalam Google Maps pun sangat detail, aplikasi ini juga selalu update tempat-tempat baru, sehingga dimanapun lokasinya, kemungkinan besar akan terdeteksi di dalam peta ini. Google Maps juga dapat merekomendasikan jalur mana yang sebaiknya ditempuh untuk mengefektifkan perjalanan.

6. Al-Quran Indonesia

6

Selain untuk mempermudah pekerjaan sehari-hari, Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi Android untuk memudahkan Anda dalam beribadah, contohnya adalah aplikasi Al-Quran Indonesia, Al-Quran digital yang disertai dengan terjemahan bahasa Indonesianya yang dapat diakses dalam mode offline.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Belajar Bahasa Inggris yang Paling Direkomendasikan

Aplikasi ini juga menyediakan fitur audio mp3 murottal 30 juz tanpa pembatasan. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan informasi mengenai jadwal dan waktu sholat, arah kiblat, kalender hijriah, dan lain sebagainya.

7. Document Viewer

7

Apabila ruang di ponsel Anda cukup banyak, Anda dapat mengunduh aplikasi seri Microsoft Office, seperti Ms. Word. Ms, Excel, dan lainnya untuk dapat mengolah file. Tetapi, apabila ruang di ponsel Anda terbatas dan yang Anda butuhkan hanya informasi mengenai file tersebut.

Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi Document Viewer untuk menampilkan file dengan format Word, Excel, Docs, dan Slide. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini hanya berfungsi untuk menampilkan file dan tidak memungkinkan Anda untuk mengedit file tersebut.

8. Smart Tools

8

Smart Tools merupakan aplikasi smart yang berisi enam set peralatan yang mungkin akan Anda butuhkan dalam aktivitas sehari-hari. Set pertama yaitu untuk mengukur panjang, sudut, kemiringan, level, dan ulir. Set kedua untuk mengukur jarak, tinggi, lebar, dan, luas. Set ketiga berisi kompas, detektor logam, GPS. Set keempat untuk pengukur kebisingan suara dan getaran.

Set kelima berisi senter, kaca pembesar, cermin. Dan set terakhir untuk mengkonversi satuan. Namun, sebanding dengan banyaknya fitur yang diberikan, Anda perlu membeli dengan harga 36.000 untuk mendapatkan aplikasi smart ini.

9. Adobe Reader

9

Bagi Anda yang pelajar maupun pekerja, sumber belajar kini tidak hanya terbatas pada buku fisik, karena berbagai sumber belajar kini mudah sekali diakses melalui internet. Dan PDF merupakan format file yang paling sering digunakan dalam tulisan seperti makalah dan buku digital.

Baca Juga: 10+ Aplikasi GPS Terbaik di HP Android, Biar Gak Buta Jalan!

Nah, untuk bisa membaca file tersebut, ponsel membutuhkan aplikasi yang dapat membaca format PDF, yang salah satunya adalah Adobe Reader. Dengan adanya Adobe Reader, Anda akan lebih leluasa untuk mengakses file PDF yang tersedia di internet.

10. UC News

10

Nah, untuk aplikasi terakhir ini kami rekomendasikan bagi Anda yang ingin mengisi waktu luang dengan hal yang produktif, yaitu membaca berita.

UC News merupakan aplikasi berbasis berita dan majalah yang dapat menjadi alternatif untuk update informasi, seperti informasi yang sedang hangat, politik, liputan lengkap saat breaking news, video viral dan trending topik, dan beragam topik menarik lainnya. Tidak hanya memberikan berita dari dalam negeri, UC News juga menyajikan berita terhangat dari luar negeri.

Nah, mungkin sekian dulu 10 aplikasi Android yang berguna untuk sehari-hari. Semoga list di atas dapat membantu Anda menemukan aplikasi yang Anda butuhkan . Terima kasih.

Leave a Reply