• Our Partners:

Cara Mengatasi Windows Firewall Tidak Bisa Diaktifkan dan Dinonaktifkan

Cara Mengatasi Windows Firewall Tidak Bisa Diaktifkan Maupun Dinonaktifkan

Secara sederhana windows firewall merupakan sistem keamanan yang ada di jaringan komputer. Fungsinya adalah sebagai pelindung dari berbagai macam ancaman yang berasal dari luar.

Dengan adanya windows firewall, maka komputer anda akan terlindungi secara maksimal dari hal-hal yang berpotensi membahayakan sistem komputer. Firewall akan melakukan monitoring dan mengontrol semua jalannya lalu lintas jaringan, baik yang keluar atau masuk.

Adanya windows firewall akan memberikan perlindungan terhadap akses yang dianggap ilegal atau tidak sah. Ada juga yang mendefinisikan bahwa windows firewall merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk meningkatkan sistem keamanan pada jaringan komputer.

Dengan mengaktifkan windows firewall, maka anda tidak perlu khawatir lagi karena setiap akses akan dipantau sehingga anda aman mengkoneksikan komputer anda dalam jaringan.

Cara Mengatasi Windows Firewall Tidak Bisa Diaktifkan / Dinonaktifkan

Jika ternyata windows firewall menemukan adanya akses yang mencurigakan, maka otomatis windows firewall akan memberikan peringatan kepada anda. Dengan adanya peringatan yang diberikan windows firewall, anda dapat melakukan antisipasi agar tidak ada akses yang ilegal yang bisa membahayakan komputer anda.

Namun ada keadaan dimana firewall Windows tidak bisa diaktifkan maupun dinonaktifkan. Berikut ini langkah-langkah cara mengatasi Windows Firewall tidak bisa diaktifkan maupun dinonaktifkan.

1. Buka Services melalui Start Menu.

Mengatasi Windows Firewall Tidak Bisa Diaktifkan 2

2. Jendela Services akan terbuka seperti gambar dibawah ini. Kemudian cari service yang bernama Windows Firewall atau Windows Defender Firewall.

Mengatasi Windows Firewall Tidak Bisa Diaktifkan 3

3. Setelah itu anda klik kanan services tersebut lalu pilih Properties.

Mengatasi Windows Firewall Tidak Bisa Diaktifkan 4

4. Pada Startup type, anda pilih Automatic. Kemudian anda pilih Apply > OK.

Mengatasi Windows Firewall Tidak Bisa Diaktifkan 5

5. Setelah itu anda perlu menjalankan service Firewall dengan mengklik Start the service.

Mengatasi Windows Firewall Tidak Bisa Diaktifkan 6

6. Jika anda cek pada pengaturan Firewall, maka statusnya akan ON.

Mengatasi Windows Firewall Tidak Bisa Diaktifkan 7

Manfaat Windows Firewall

Berikut ini kami akan memberikan informasi terkait beberapa manfaat yang dimiliki oleh firewall. Beberapa manfaat tersebut diantaranya:

1.Melindungi akses jarak jauh

Manfaat adanya firewall adalah dapat melindungi komputer anda dari akses jarak jauh yang ilegal. Hal yang  buruk bisa terjadi pada saat seseorang berhasil mengendalikan komputer anda dari jarak jauh.

Mungkin anda tidak menyadari bahwa komputer anda sedang dikendalikan, seperti mouse yang bergerak sendiri, layar tiba-tiba menampilkan gambar dengan sendirinya, dan lain-lain. Bayangkan jika ternyata komputer anda dikendalikan untuk hal-hal yang bisa memberikan dampak buruk kepada anda.

Maka dari itu, firewall bekerja dengan memberikan perlindungan dimana nanti anda bisa mematikan akses dekstop untuk jarak jauh. Dengan begitu, orang-orang yang tidak bertanggung jawab tidak bisa mengambil alih komputer anda.

2. Memblokir pesan

Manfaat firewall yang kedua adalah perangkat lunak ini mampu memblokir pesan agar tidak sampai masuk ke konten yang tidak anda inginkan. Internet mempunyai kode buruk yang bisa menyerang perangkat yang tidak terlindungi. Dengan adanya firewall, maka pesan-pesan yang bisa membahayakan dapat langsung diblokir.

3. Bermain game online lebih aman

Anda suka bermain game online? Game online ternyata berpotensi rentan disisipi malware oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Jika anda memainkan game tersebut sementara firewall kondisi mati, maka malware bisa masuk dan menyerang sistem.

Berbeda dengan ketika anda mengaktifkan windows firewall dimana software ini akan memberikan perlindungan setiap kali anda bermain game online. Dengan begitu, sistem komputer menjadi lebih aman dan anda nyaman bermain game online yang anda inginkan.

Seperti itulah cara mengatasi Windows Firewall tidak bisa diaktifkan maupun dinonaktifkan dengan mudah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Leave a Reply